Komunikasi di Kantor Tidak Efektif, Ini yang Akan Terjadi

2018-05-18T13:23:41+00:00

Pernahkan Anda menemui beberapa permasalahan akibat komunikasi? Terkadang Anda merasa sudah merasa telah menyampaikan pesan dengan benar, namun tetap saja muncul permasalahan belakangan? Hal tersebut berbahaya karena dapat berpengaruh pada hubungan antar pegawai bahkan dengan atasan.

Oganisasi atau perusahaan Anda terdiri atas sumber daya manusia yang memiliki keunikan masing-masing, dengan latar belakang sosial budaya, status sosial, dan aspek psikologis yang berbeda satu sama lain. Untuk membangun kerjasama yang harmonis dan bersinergi, maka manusia membutuhkan proses komunikasi yang baik di dalam organisasi agar tercipta suatu pemahaman dan persepsi yang sama dalam mencapai tujuan. Komunikasi yang baik di dalam suatu organisasi sangatlah penting karena dapat berpengaruh pada kehidupan sosial anggota, siapa yang kita sukai, bagaimana perasaan kita, bagaimana kegiatan kerja kita, apa yang ingin kita capai sebagai bagian organisasi, serta bagaimana kita menyesuaikan diri.

Dedi Mulyana, pakar komunikasi, menyatakan pentingnya membangun komunikasi yang efektif dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang hasilnya sesuai dengan harapan para pesertanya (orang-orang yang sedang berkomunikasi). Untuk mencapai suatu komunikasi yang efektif di dalam organisasi ada lima komponen dalam komunikasi yaitu: komunikator (yang menyampaikan), pesan, media, komunikan (yang menerima), dan efek. Jadi, komunikasi yang efektif adalah apabila proses komunikasi berjalan baik dengan melibatkan kelima komponen di atas. Namun, sayangnya terkadang proses komunikasi berjalan tidak efektif akibat adanya gangguan pada salah satu komponen.

Berikut ini beberapa dampak yang mungkin Anda temui di kantor akibat komunikasi yang kurang baik:

  1. Menimbulkan Kesalahpahaman

Kesalahpahaman muncul apabila masing-masing individu memiliki pemahaman dan persepsi yang berbeda dan tidak mampu menyamakan persepsi masing-masing. Hal tersebut bisa saja karena kedua individu yang saling berkomunikasi memiliki latar belakang dan pemikiran yang berbeda. Bisa pula karena penyampaian atau bentuk pesan kurang tepat sehingga memunculkan persepsi yang berbeda.

  1. Menimbulkan Kesalahan Informasi

Kesalahpahaman juga menimbulkan penerimaan informasi yang salah. Apabila kesalahpahaman terus berlanjut dan tidak ada pembenaran, seseorang akan terus membawa informasi yang salah. Kesalahan informasi ini bisa memicu terjadinya permasalahan-permasalahan lainnya yang akan berpengaruh pada hasil kerja yang tidak tepat.

  1. Memberikan Kesan yang Negatif

Pesan yang tidak diterima dengan baik oleh penerima pesan dapat berdampak pada munculnya kesan negatif  kepada si pengirim pesan.

  1. Memicu Konflik / Perselisihan

Kesan negatif yang melekat terlalu lama pada masing-masing individu yang mengalami kesalahpahaman akan merusak hubungan antar personal. Kalau sudah begini, masalah yang sebetulnya teknis sudah mengarah ke persoalan yang sifatnya pribadi. Permasalahan seperti ini cenderung lebih susah untuk diselesaikan.

  1. Merenggangkan Hubungan Sosial

Jika sudah berselisih, kemungkinan besar hubungan individu-individu yang berselisih secara otomatis akan merenggang apabila tidak segera dilakukan penyelesaian. Selain itu, jika komunikasi sudah tidak efektif, seseorang mungkin akan menjadi lebih enggan untuk saling berkomunikasi. Akibtanya, hubungan sosial menjadi renggang.

  1. Memicu Timbulnya Konflik Berkepanjangan

Konflik yang berkepanjangan akibat hubungan sosial yang merenggang merupakan akibat paling akhir dan paling berbahaya yang bisa saja timbul hanya karena persoalan komunikasi yang kurang baik.

Dengan melihat beberapa dampak yang mungkin terjadi di atas, maka penting bagi semua organisasi atau perusahaan agar mampu menciptakan komunikasi yang baik. Melihat dari dampak di atas, sebagian besar kesalahan bermula dari kesalahan teknis seperti kesalahan menyampaikan pesan. Hal itu dikarenakan ketidakmampuan membuat, mengolah, dan menyampaiakan pesan dengan baik oleh pelaku komunikasi. Tidak ada salahnya jika Anda membutuhkan media komunikasi yang dapat membantu mengolah pesan dengan baik. Maka, di sebuah organisasi membutuhkan sebuah alat atau sistem yang berfungsi sebagai media komunikasi antar pegawai untuk menyampaikan pesan secara sederhana, padat, dan mudah dipahami.

Integra eOffice memiliki fitur bernama “Community Portal” yang dapat digunakan sebagai media komunikasi antar pegawai dalam sebuah organisasi yang mampu menghubungkan pegawai untuk saling berkomunikasi melalui format pesan yang jelas dan sederhana. eOffice dapat menjadi cara untuk menghindari proses komunikasi yang kurang efektif antar pegawai. Selain untuk menghindari masalah komunikasi, “Community Portal” juga menyenangkan untuk digunakan selayaknya media sosial. Cara ini patut untuk Anda coba.

 

(Sumber gambar: https://www.entrepreneur.com/article/303617)

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp