Menuju Sebuah Kantor yang Modern

2018-05-23T12:55:50+00:00

Gambaran perkantoran konvensional selama ini yang ada di benak kita adalah ruangan – ruangan tertutup bercat warna netral (hitam, hitam, abu-abu), dengan deratan pembatas membantuk persegi mengelilingi karyawan. Karyawan yang wajib berada di kantor mulai Senin sampai Jumat, dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, mengenakan setelan pakaian kerja formal, dan selalu berkata “Iya” kepada bos juga merupakan stereotip kebanyakan orang tentang sebuah perkantoran. Namun bagaimana dengan kantor modern?

Seiring perkembangan zaman mulai muncul perusahaan-perusahaan lebih modern yang membawa sebuah budaya perkantoran yang sifatnya lebih fleksibel. Perusahaan yang mengusung kantor modern memang sebagian besar adalah perusahaan yang bergerak di bidang kreatif dan teknologi. Sebut saja Google, yang terkenal akan budaya berpikiran maju yang memungkinkan karyawannya untuk bebas mendesain ruang kerjanya sendiri, memiliki jam kantor yang fleksibel, berpakaian santai, dan menikmati makanan sehat secara gratis. Contoh lainnya Facebook yang memiliki kantor dengan desain meriah dan kolam renang outdoor untuk karyawannya.

Kantor adalah Rumah
Kantor adalah rumah yang terpisah dari rumah! Google, Facebook, dan perusahaan teknologi lainnya telah menerapkan bangunan kantor yang nyaman agar karyawannya merasa nyaman seperti di rumah. Beberapa upaya dapat dilakukan untuk menjadikan kantor terasa nyaman seperti mendesain ruangan yang luas dan terbuka. Ruangan yang terbuka dapat mengurangi stres dan tekanan para karyawan. Selain itu, adanya musik, ruang yang bersih, dan perlengkapan dapur yang lengkap juga dapat meningkatkan kenyamanan. Perusahaan modern juga memberikan perhatian lebih terhadap tata ruang tak hanya untuk kenyamanan karyawan, tetapi juga agar kinerja karyawan tidak terganggu karena penataan ruang yang tidak efektif.

Karyawan bahagia Bekerja Lebih Giat
Perusahaan modern mempromosikan produktivitas dengan cara melibatkan diri pada kebahagiaan karyawannya. Perusahaan kini mulai menyadari pentingnya kebahagiaan karyawan karena karyawan yang bahagia akan bekerja lebih giat dan bekerja lebih baik. Karyawan yang bahagia akan tepat waktu dan lebih berkemauan untuk belajar. Mereka memiliki pola hubungan dan komunikasi yang baik sehingga akan menciptakan suasana kerja yang positif. Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan manfaat dari mereka, seperti:
– Memberikan pelayanan customer yang lebih baik karena mereka lebih ramah
– Mempunyai angka ketidakhadiran rendah karena mereka tidak takut untuk pergi kerja.
– Beradaptasi lebih cepat karena mereka akan merasa lebih terhubung dengan pekerjaan dan projek yang terkait.
– Bersedia lebih untuk brainstroming dan memberikan inovasi lebih untuk pekerjaan.

Digitalisasi Meningkatkan Produktifitas
Di antara semuanya, sebuah kantor modern yang paling utama sesungguhnya adalah kemampuannya melakukan perubahan menyongsong digitalisasi dalam setiap aspek kegiatannya. Perkembangan jaman menuntut perusahaan untuk semakin meningkatkan layanan dan jangkauannya secara lebih luas. Digitalisasi mempermudah segala kegiatan administrasi dan manajerial kantor. Kini sudah saatnya untuk mengubah sistem administrasi kantor ke dalam bentuk digital yang terkomputerisasi. Dengan begitu segala kegiatan dapat terekam dan tersimpan di sistem komputer yang sifatnya tidak terbatas. Berbagai keuntungan dapat diperoleh apabila seluruh kegiatan dilakukan dengan sistem komputer, khususnya keuntungan dalam hal kecepatan, kecermatan, keterhandalan, keterkinian komunikasi dan pemrosesan data. Yang paling utama, digitalisasi membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih efektif. Dengan begitu produktifitas karyawan akan semakin meningkat.

Perusahaan-perusahaan kini sudah saatnya untuk merubah budaya dan sistem kerja ke arah yang lebih modern untuk mengikuti perkembangan zaman. Upaya yang paling krusial adalah meningkatkan sistem manajerial dan administrasi menjadi berbasis komputer atau internet.

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp