6 Cara Mengurangi Rasa Malas di Kantor Saat Berpuasa

2018-06-05T10:31:08+00:00

Rasa malas di kantor saat berpuasa memang tak terelakan lagi. Bulan puasa memang paling dinanti-nanti oleh umat muslim. Namun, tak sedikit orang yang merasa malas menjalani kegiatan selama bulan puasa, khususnya saat bekerja.  Jangan biarkan rasa malas karena berpuasa menghambat produktifitasmu di kantor. Yuk lihat 6 tips mengurangi rasa malas di kantor saat berpuasa di bawah ini.

  1. Sahur dengan Nutrisi yang Seimbang

Supaya kuat puasa dari pagi sampai sore tanpa merasa lapar, sahurlah dengan nutrisi yang seimbang! Jangan sahur dengan mi instan dan telur saja setiap hari, karena perut bisa keroncongan. Makanlah nasi, sayur, lauk, dan diakhiri minum susu agar nutrisi selama setengah hari bisa tercukupi dan tidak mengganggu pekerjaan. Jangan lupa juga minum air putih yang cukup. Ketika berpuasa, tubuh membutuhkan banyak cairan tubuh untuk menjaga organ-organ tubuh dan untuk proses metabolisme.

  1. Hemat Tenaga

Karena asupan nutrisi ketika puasa berkurang, secara otomatis tubuh akan kekurangan tenaga. Agar Agar Anda bisa bekerja dari pagi hingga sore, hemat tenaga sebanyak-banyaknya. Jika dimungkinkan, jangan terlalu banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang menguras tenaga seperti berlari, tertawa, dan kegiatan tidak berguna lainnya.

  1. Olahraga Ringan / Peregangan

Olahraga ringan dapat merilekskan otot-otot yang kaku sehingga badan terasa ringan. Bagi Anda yang bekerja di depan laptop olahraga ringan seperti dengan mengangkat kedua tangan ke atas kepala dan menggerakkan kepala ke kiri serta kanan. Atau Anda bisa berjalan-jalan keluar ruangan untuk meregangkan otot.

  1. Tidur Siang Sejenak

Karena badan terasa lemas, rasa kantuk kerap kali menyerang ketika puasa. Daripada Anda menahannya dengan memaksakan diri untuk bekerja, lebih baik Anda gunakan untuk tidur siang sejenak. Memejamkan mata selama 15-20 menit bisa membuat Anda segar saat bangun dan mendongkrak produktivitas.

  1. Mendengarkan Musik

Musik terbukti mampu meningkatkan mood dan membunuh rasa bosan. Selain itu, musik bisa mengalihkan rasa lapar sehingga Anda tidak akan merasakannya. Ketika mendengar musik, tubuh akan bersemangat sehingga pekerjaan yang diberikan bisa diselesaikan dengan tepat waktu dan waktu terasa berjalan dengan cepat. Kalau Anda tidak suka dengan lagu yang ada liriknya, bisa dengarkan instrumen. Buat diri  Anda nyaman dengan musik yang didengarkan dan biarkan tubuh meresponsnya dengan bekerja lebih giat.

  1. Berinteraksi dengan Teman

Sama halnya dengan musik, ngobrol dengan teman juga dapat meningkatkan mood. Selain itu ngobrol dengan rekan kerja atau teman juga bisa menaikkan level energi jika Anda merasa kehabisan tenaga. Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh beberapa penelitian bahwa orang-orang yang secara sosial aktif beruhubungan baik dengan rekan dan teman pada umumnya lebih produktif bekerja daripada mereka yang tidak.

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp