Mengapa Transformasi Digital Perlu Bagi Organisasi Anda?

2018-06-07T10:12:17+00:00

Apakah organisasi Anda menerapkan transformasi digital? Apa sesungguhnya transformasi digital itu? Apakah organisasi Anda perlu menerapkan transformasi digital?

Seorang ahli dunia kerja pernah berkata,”Jika Anda menggunakan lebih dari 5 menit pada excel untuk memasukkan atau menganalisis sesuatu, berarti Anda salah melakukannya.” Sama halnya dengan jika Anda melakukan tugas secara berulang-ulang setelah beberapa kali melakukan input dan atau output, Anda mungkin tidak bekerja dengan cara paling optimal yang tersedia.

Hal itu bukan berarti Anda salah melakukannya, tapi Anda sudah harus mulai mengevaluasi cara kerja dan mencari cara baru yang lebih cerdas untuk mencapai hasil yang diinginkan. Salah satu upaya yang paling mungkin untuk dilakukan saat ini adalah transformasi digital.

Digitalisasi memang terdengar seperti sesuatu yang “keren” untuk dilakukan. Itu mungkin karena digitalisasi merupakan salah satu revolusi dalam sejarah bisnis yang pernah terjadi dan masih berlangsung saat ini. Digitalisasi didefinisikan sebagai pengintegrasian teknologi digital ke dalam kehidupan sehari-hari. Karena pekerjaan dan bisnis adalah bagian utama dari kehidupan sehari-hari sebagian besar orang, menjadi hal yang paling mungkin bagi organisasi dan pekerjaan untuk mengalami perubahan.

Sedangkan transformasi digital dapat didefinisikan sebagai percepatan kegiatan bisnis, proses, kompetensi, dan model untuk sepenuhnya memanfaatkan perubahan dan peluang teknologi digital. Organisasi perlu berevolusi untuk mengatasi lanskap bisnis yang berubah. Organisasi membutuhkan teknologi yang fokus pada hasil, inovasi dan peningkatan berkelanjutan. Idealnya penggunaan teknologi didorong oleh kebutuhan bisnis. Malah, transformasi digital pada dasarnya adalah transformasi bisnis. Beberapa lebih suka menyebut transformasi bisnis digital, yang mana lebih sesuai dengan aspek bisnisnya.

Transformasi digital bukan hanya tentang perubahan dan inovasi, tapi juga tentang bagaimana teknologi ini diadopsi dan digunakan. Apakah inovasi ini membawa manfaat bagi perusahaan? Apakah mudah diadopsi atau apakah organisasi kesulitan mengintegrasikan teknologi baru ini? Dari hal itu, kemudian mengarah pada faktor selanjutnya yakni perilaku customer. Apa permintaan dan harapan pelanggan terhadap bisnis (dan tuntutan teknologi untuk memenuhi kebutuhan bisnis)?

Sebuah studi penelitian Forrester Consulting yang ditugaskan oleh Accenture Interactive menemukan bahwa pendorong utama transformasi digital adalah profitabilitas, kepuasan pelanggan, dan peningkatan kecepatan menjangkau pasar. Berdasarkan studi tersebut juga bahwa dalam konteks transformasi bisnis digital, aspek-aspek seperti fungsi bisnis, proses, aktivitas, aset, dan model saling berhubungan. Transformasi digital menuntut adanya saling ketergantungan dan saling keterkaitan antar berbagai aspek dalam organisasi.

Selain itu, transformasi digital juga menuntut perubahan dalam manajemen organisasi. Transformasi tidak hanya berdampak pada stuktur organisasi dan penempatan strategis (strategic positioning), tapi juga berefek pada semua level dalam organisasi seperti, tugas, aktivitas, dan proses manajemen perkantoran. Transformasi digital juga harus mampu meningkatkan pemberdayaan pekerja. Artinya, kinerja pegawai menjadi lebih efektif dan efisien, seperti kemampuan untuk berkeja di manapun dan kapanpun, meluas dan meningkatnya proses komunikasi, dan kemampuan untuk berbagi ilmu secara kompeten.

Pemimpin bisnis harus secara konstan mendorong organisasinya untuk memastikan kalau perubahan ini dapat meningkatkan produktifitas secara signifikan sambil memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Transformasi digital sekali lagi tidak hanya sekadar penerapan teknologi dalam kegiatan organisasi. Tapi bagaimana organisasi mampu berubah dan mengembangkan pada tiap level organisasinya melalui teknologi sehingga mencapai hasil yang ingin dicapai.

 

 

Artikel disadur dari: Mark Edmead. 2016. https://www.cio.com/article/3063620/it-strategy/digital-transformation-why-its-important-to-your-organization.html

Sumber gambar: https://shapingtheodds.com/news/digitalization-the-next-step-to-success