Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Kerjaan Kantor Untuk Libur Lebaran

2018-06-13T13:32:40+00:00

Lebaran sebentar lagi! Ini artinya libur dan cuti lebaran juga semakin dekat. Para pegawai kantoran pasti sudah tidak sabar untuk segera pulang. Anda juga sudah mulai tidak fokus bekerja akhir-akhir ini? Sudah wajar. Asal jangan lupakan kerjaan kantor.

Sebelum meninggalkan kantor dalam waktu lama, hendaknya bereskan kerjaan kantor terlebih dahulu. Jadi Anda tidak akan kepikiran kerjaan kantor ketika menikmati momen bersama keluarga. Untuk menghindari gangguan-gangguan yang terjadi saat lebaran akibat kelalaian kita sendiri, berikut ini upaya yang dapat kita lakukan sebelum meninggalkan kantor agar liburan Idul Fitri kita tenang.

  • Pekerjaan

Utamakan pekerjaan yang lebih mendesak untuk segera diselesaikan sebelum liburan. Jika perlu, selesaikan seluruh pekerjaan agar liburan kita semakin tenang. Dalam e-mail, jangan lupa untuk men-setting auto reply agar orang lain tahu bahwa Anda sedang cuti saat ini.

  • Bereskan meja dan laci

Seperti setiap kali pulang kantor biasanya, meja dan laci harusnya dibereskan terlebih dahulu. Apalagi kalau hendak liburan panjang. Supaya ketika kita masuk, kita tidak menemui meja berantakan yang akan membunuh mood pasca liburan nanti. Rapikan barang-barang yang ada di meja. Organisir barang-barang sesuai tempatnya. Simpan dokumen-dokumen yang penting ke dalam laci. Kelompokkan dengan benar dan beri penanda. Lalu jangan lupa kunci laci Anda. Selain itu, pastikan tidak ada makanan yang dapat menimbulkan bau busuk (bila ditinggal terlalu lama).

  • Komputer

Jika Anda tidak ingin menemui komputer rusak ketika masuk nanti, jangan lupa mencabut stop kontak yang terhubung dengan listrik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Backup data atau file penting yang ada pada komputer sebelum berlibur. Ini lah kekurangan melakukan penyimpanan komputer di komputer, resiko komputer rusak, hilang, atau terkenal virus selalu ada. Oleh karenanya kini sudah saatnya menyimpan file atau data digital di  awan (cloud) alias menyimpan file di internet.

  • To do list

Upaya lainnya yang paling penting adalah buatlah to do list. Biasanya hari pertama setelah libur panjang para pekerja bingung harus mulai dari mana. Sebelum libur panjang, buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Dan catatlah progres terakhir yang telah Anda kerjakan sebelum liburan, sehingga Anda tahu sudah dari mana kerjaan Anda. Kalau bisa, buatlah to do list di smartphone Anda yang disertai fitur reminder. Itu lah kelebihannya mencatat segala sesuatunya, khususnya kerjaan kantor di smartphone.

Upaya-upaya di atas sesungguhnya akan lebih mudah jika Anda sudah terintegrasi dengan teknologi berbasis internet. Kerjaan kantor akan lebih terkontrol, di mana pun dan kapan pun. Jangan khawatir, kini telah hadir sebuah solusi atas kekhawatiran para pegawai jika hendak meninggalkan kantor dalam waktu lama. Integra eOffice sebagai sistem manajemen perkantoran modern memberikan cara baru ngantor yang lebih efektif dan efisien, khususnya apabila jarak dan waktu menjadi penghambat Anda bekerja, contohnya ketika libur lebaran seperti ini.

Jangan takut meninggalkan pekerjaan Anda di kantor untuk libur lebaran. Tetap terhubung dengan pekerjaan meskipun Anda sedang menikmati liburan. Gunakan Integra eOffice untuk mengontrol pekerjaan Anda dengan mudah dan efisien. Dengan Integra eOffice, pekerjaan ada di genggaman Anda. Semua progres kerjaan Anda terekam dan terorganisir dengan baik.