3 Upaya Ampuh Bantu Anda Menghemat Waktu di Kantor

2018-07-04T12:32:57+00:00

Apakah Anda merasa waktu dalam sehari terasa tidak cukup? Tenang, Anda tidak sendiri. Kita semua tentunya ingin menghemat waktu di kantor. Oleh karena itu banyak artikel di luar sana yang menyediakan “tips menghemat waktu” atau “cara menghemat waktu yang ampuh”. Kemungkinan Anda sudah membaca artikel itu, dan kemungkinan pula Anda masih belum bisa menjadi individu yang sungguh-sungguh produktif seperti yang Anda inginkan.

“Time management isn’t just about allocating time, it’s about knowing how to use that time effectively”

Alasannya? Banyak kesalahahpahaman ketika berbicara tentang menghemat waktu. Apa yang orang-orang tidak sadari adalah bahwa manajemen waktu bukanlah tentang mengalokasikan waktu, tetapi tentang bagaimana menggunakan waktu seefektif mungkin.  Jika Anda menghabiskan banyak waktu tapi tidak mendapatkan hasil yang optimal, maka sudah saatnya memikirkan kembali pendekatan manajemen waktu Anda. Artikel ini akan memberikan cara ampuh yang mungkin saja cocok untuk Anda guna mendapatkan hasil kerja yang lebih baik.

  • Rencanakan Tugas Kerjakan Tentukan Tujuan

Anda menginginkan waktu kerja yang padat tapi efektif. Bagus. Tapi apakah Anda tahu apa yang akan Anda lakukan di waktu itu? Apakah Anda punya banyak rencana yang jelas untuk mencapai tujuan Anda? Jika jawabannya “tidak”, berarti Anda melakukan kesalahan dalam manajemen waktu.

“It’s no good allocating time to work in if you don’t know what you’re doing with that time!”

Tidak punya rencana yang jelas akan membunuh waktumu. Tentu, Anda ingin menyelesaika laporan dengan segera. Tapi Anda malah nonton YouTube atau bermain smartphone Anda dan tidak tahu bagaimana awalnya Anda bisa begitu.

Tips menghemat waktu yang utama adalah “memiliki rencana”. Itu artinya bekerja sesuai dengan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan di waktu yang sudah Anda alokasikan. Upayakan untuk lebih spesifik dengan rencana Anda. Misal, berkomitmen untuk menyelesaikan 500 kata tiap 2 jam atau menyelesaikan draft pertama dari presentasi. Mempunyai tujuan dan rencana yang pasti membuat Anda fokus.

  • Atur Deadline

Rencana adalah salah satu kunci menghemat waktu yang paling penting. Tapi kita sering enggan melakukannya. Alasannya? Tidak ada deadline. Tetapkan deadline untuk membuat Anda selalu sadar dengan waktu. Deadline membuat takut dan memberikan dorongan/tekanan untuk membuat Anda menyelesaikan rencana. Tapi, tekanan tersebut sesungguhnya hal yang baik.

]Permasalahan bekerja tanpa adanya deadline adalah Anda mudah teralihkan. Ketika tidak ada tekanan, pikiranmu akan kemana-mana. Sebaliknya, memiliki deadline membuat Anda fokus dengan tugas. Tentu ini akan membuat Anda sedikit tertekan, tapi Anda tidak perlu khawatir akan gangguan. Anda akan baik-baik saja.

  • Lakukan Pekerjaan yang Paling Penting Terlebih Dahulu

Anda merasa sudah bekerja lama tapi hasil kerja tidak terlalu berarti? Bisa jadi itu karena Anda memulai pekerjaan dengan menyelesaikan tugas paling kurang penting. Mulai lah tiap hari dengan membuat daftar mana tugas yang harus dikerjakan. Daripada berusaha menyelesaikannya sekaligus, tentukanlah prioritas, tugas mana yang paling penting bagi Anda untuk mencapai tujuan dan letakkan itu di daftar paling atas. Jangan berpikir tentang tugas yang paling memberatkan terlebih dahulu. Pikirkan tugas yang paling penting bagi Anda dan perusahaan Anda.

Manajemen waktu memang perlu dilakukan dengan niatan dan konsistensin yang sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil yang berarti. Hendaknya upaya Anda ini juga didukung dengan sebuah alat atau sistem yang dapat mendukung upaya Anda tersebut. Gunakan Integra eOffice untuk makin mendukung upaya Anda untuk menghemat waktu.

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp