Menyeimbangkan Kehidupan Pribadi dengan Kehidupan Profesional Anda

2018-07-19T10:35:30+00:00

Bagian terberat dalam membangun karir bukanlah menghadapi bos Anda atau banyaknya tuntutan kerjaan. Tapi yang terberat adalah mencari waktu untuk kehidupan pribadi Anda. Sebagian besar pekerja susah membagi antara kehidupan profesionalnya di kantor dengan kehidupan pribadi di luar kantor. Coba 3 tips di bawah ini yang bisa Anda upayakan untuk menyeimbangkan kehidupan Anda!

Tentukan Waktu Kerja

Mungkin mudah saja bagi Anda untuk menentukan jam kerja dari pukul 7 pagi hingga jam 8 malam, meskipun sesungguhnya Anda hanya perlu kerja sampai pukul 5. Tinggal lebih lama di kantor memang membuat Anda tampak baik di hadapan bos. Tapi apakah itu baik bagi tubuh dan pikiran Anda yang harus berangkat pagi keesokan harinya? Dan juga bagaimana dengan keluarga atau teman-teman Anda yang menunggu Anda di rumah? Menentukan batas-batas pribadi dengan kerjaan Anda, baik secara fisik maupun mental, akan memungkinkan Anda mengetahui kapan harus mematikan pikiran sekaligus telepon kantor Anda. Jangan terlalu paksakan diri bekerja terus menerus kalau memang tubuh dan pikiran Anda tidak mampu. Tentukan waktu yang masuk akal bagi Anda untuk bekerja dan tidak bekerja.

Pilih Pelepasan yang Bermanfaat Bagi Tubuh dan Pikiran

Ketika tidak berada di jam kantor, Anda sebaiknya mencari pelepasan sehat yang dapat membantu Anda mengurangi stres akibat kerjaan kantor. Energi dan pikiran Anda membutuhkan pelepasan setelah terkuras di kantor. Bagi banyak orang, ini artinya pergi jalan-jalan, pergi ke Gym, bertemu teman, hingga berkencan. Jangan lupa, kehidupan sosial sama pentingnya dengan karir Anda. Menjada hubungan sosial di luar kantor baik untuk kondisi psikologis Anda. Selain itu, sempatkan sesekali untuk pergi traveling ke tempat-tempat di mana Anda bisa mematikan smartphone dan menikmati alam, seperti bersepeda, jogging, hiking, apapun yang Anda suka.

Jika Anda malas, tidur adalah opsi yang paling tepat dan berguna bagi sebagian besar orang. Pernyataan yang paling sederhana, “Jika Anda lelah, berhenti dan tidurlah.” Hari kerja yang padat membuat jam tidur Anda terasa kurang. Maka gunakan waktu untuk tidur yang cukup ketika itu memungkinkan.

Pisahkan Antara Kehidupan Kerja dan Kehidupan Pribadi Sebisa Mungkin

Terkadang susah untuk memisahkan kehidupan pribadi dengan kehidupan profesional di kantor. Apalagi jika lingkaran pertemanan atau teman dekat Anda adalah teman kerja sendiri. Usahakan untuk tidak membicarakan drama dan permasalahan kantor di luar jam kerja, dan sebaliknya, jangan bicarakan drama pribadi di kantor. Boleh-boleh saja kalau hanya sekali dua kali. Tapi kalau biisa, hindari sama sekali. Hal itu akan membuat batasan-batasan antara kehidupan profesional dan pribadi menjadi lebur. Akibatnya, kehidupan keduanya akan terganggu.

Pastikan, semua nomor atau kontak sosial seperti telepon, email, dan media sosial terpisah dari pekerjaan Anda. Memiliki ruang yang terpisah membuat Anda tetap fokus dengan pekerjaan Anda sehingga Anda dapat menghasilkan kerja yang optimal.

Kerja memang penting. Tapi keluarga dan sahabat juga sama pentingnya. Jangan sampai kerjaanmu menyita seluruh waktu berharga Anda bersama keluarga dan teman. Gunakan Integra eOffice untuk permudah kontrol kerjaanmu di mana saja, tanpa korbankan kehidupan personalmu!