Badan Lelah Bekerja Depan Komputer, Lakukan Ini

2018-08-06T16:37:33+00:00

Anda bekerja di depan komputer dan duduk selama berjam-jam? Bosan? Lelah bekerja? Atau mata dan badan Anda lelah? Hati-hati jangan sampai Anda terkena Computer Vision Syndrom, permasalahan mata dan pandangan akibat terlalu sering di depan komputer ditandai dengan mata lelah, mata kering dan iritasi, kepekaan cahaya, pusing, penglihatan kabur, sakit leher atau punggung dan kadang-kadang penglihatan ganda.

Bagi Anda yang memiliki rutinitas seharian penuh bekerja di depan komputer, cobalah untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mampu mengurangi tekanan akibat terlalu banyak menghadap komputer. Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, ini lah cara tetap sehat meski Anda seharian lelah bekerja di kantor. Ada baiknya Anda mencoba melakukan cara di bawah ini untuk menghindari masalah kesehatan yang muncul.

Atur Posisi Badan dan Jarak Pandang

Ketika Anda bekerja di depan komputer, berarti Anda mengangkat leher Anda ke depan. Gestur tersebut membuat otot leher dan tulang belakang Anda menjadi tegang dan kaku. Posisikan kepala Anda sejajar dengan tubuh dan atur jarak pandang Anda terhadap komputer. Jika jarak pandang tidak seimbang, mata dan persendian Anda akan berisiko mengalami gangguan seperti mata kering, sakit leher dan bahu.

Minum Air Putih yang Cukup

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, minum air putih yang banyak juga membantu menjaga kelembaban kulit Anda. Air putih juga membantu menyegarkan tubuh. Selain itu, dengan banyak minum air putih menyebabkan Anda harus pergi ke kamar kecil yang membuat Anda harus menggerakkan tubuh.

Alarm Satu Jam Sekali

Luangkan sedikit waktu untuk menggerakkan tubuh Anda sesekali. Hal ini sangat diperlukan untuk meregangkan otot dan melancarkan aliran darah. Buat alarm satu atau dua jam sekali untuk melakukannya. Tak perlu gerakan yang sulit, cukup mengelilingi ruangan Anda bekerja atau menuruni tangga secukupnya.

Olahraga Ringan atau Meregangkan Otot

Olahraga ringan di kantor seperti melakukan streatching membantu melemaskan otot-otot yang kaku karena terlalu lama duduk. Jika Anda bekerja di gedung bertingkat tinggi, turunlah dua lantai sebelum ruangan Anda berada kemudian lanjutkan dua lantai tersebut menggunakan tangga. Cara lainnya adalah dengan memilih tempat parkir yang agak jauh, sehingga Anda memiliki kesempatan berjalan kaki.

Atur Tampilan Layar

Atur besar kecilnya tampilan di layar komputer Anda. Usahakan jangan terlalu kecil dan terlalu terang karena akan mengakibatkan mata Anda kelelahan dan sakit kepala.

Berkedip

Hal ini terkesan sederhana, namun sangat membantu Anda mengurangi resiko gangguan pada mata. Apalagi untuk Anda yang sering bekerja di depan komputer, selain berkedip menutup mata untuk beberapa saat juga bermanfaat untuk mengistirahatkannya.

Sekarang saatnya Anda mencoba cara-cara di atas. Mungkin kelihatannya sepele, tapi kebiasaan duduk lama di depan komputer dapat merugikan Anda jika dilakukan terus menerus tanpa ada solusi untuk mengimbanginya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menerapkan cara-cara di atas secara rutin.

 

Disadur dari: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3208727/6-tips-sehat-untuk-anda-yang-bekerja-di-depan-komputer

Sumber gambar: https://lifespaceblog.files.wordpress.com/2018/08/work-desk.jpg

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp