Apa Itu Knowledge Management System dalam Perusahaan?

2019-01-23T14:38:36+00:00

Tentunya pernah mengikuti pelatihan atau training di perusahaan Anda. Atau Anda pernah menggunakan buku panduan dari perusahaan Anda ketika mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan. Semua informasi atau petunjuk yang Anda gunakan untuk keperluan pekerjaan Anda tersebut dapat disebut sebagai Ilmu. Bahkan informasi yang Anda terima hasil dari bertanya kepada rekan kerja atau bos Anda seputar pekerjaan itu pun juga dapat disebut sebagai sebuah ilmu. Itulah sebabnya setiap perusahaan perlu menerapkan knowledge management system.

Ilmu dalam hal ini tentunya yang mencakup bidang perusahaan Anda. Menurut Turban, et al (2008), knowledge management adalah sebuah proses yang mambantu perusahaan mengidentifikasi, memilih, mengorganisasikan, menyebarkan, dan mentransfer informasi dan keahlian yang penting yang merupakan bagian dari ingatan perusahaan dan yang biasanya berada di dalam perusahaan dalam bentuk yang tidak terstruktur. Turban menjelaskan bahwa Knowledge Management System dikembangkan menggunakan tiga set teknologi, yaitu: komunikasi, kolaborasi, dan penyimpanan dan pengambilan.

Turban di atas bahwa menyebutkan bahwa ilmu dalam hal ini dapat berupa data dan informasi yang sifatnya mendukung kinerja perusahaan. Seperti yang diketahui bahwa data dan informasi merupakan aset penting bagi perusahaan sehingga penting untuk dikelola dengan baik (Baca juga: Data dan Informasi, Unsur Penting Penggerak Kegiatan Perkantoran).

Selama ini, permasalahan yang kerap kali dihadapi banyak perusahaan adalah data dan informasi masih dipegang oleh perorangan. Lebih parahnya lagi jika data dan informasi tersimpan hanya dalam ingatan perorangan. Apabila orang yang bersangkutan keluar atau pensiun, maka data dan informasi tersebut akan hilang bersama orang tersebut. Bayangkan apabila itu adalah informasi penting yang dapat digunakan untuk keberlangsungan perusahaan hilang begitu saja karena pegawai sebelumnya yang memiliki informasi tersebut pergi dan tidak ada pengganti yang memiliki keahlian yang sama.

Untuk itu, perusahaan perlu memiliki knowledge management system yang mampu menjadi penyimpanan ilmu yang dapat diakses dengan mudah oleh perusahaan, serta menjamin ilmu tersebut akan tersimpan seterusnya pada ingatan perusahaan agar bisa diterapkan secara terus menerus. Ingin memiliki document management system yang handal dan mudah untuk perusahaan Anda? IntegraOffice mampu membantu Anda wujudkan hal itu. Hubungi kami segera!

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp