Begini Seharusnya Perusahaan Bersikap Terhadap Hari Libur Anda

2019-01-23T14:38:14+00:00

Apakah Anda terpaku pada layar smartphone untuk mengawasi obrolan pada grup chat kantor bahkan ketika Anda sedang hari libur? Apakah Anda terus mengaktifkan notifikasi pada smartphone Anda meskipun sudah di rumah?

Anda tidak sendiri. Bekerja saat libur telah menjadi sebuah tren tersendiri saat ini, kata sebuah studi di Inggris yang dikeluarkan oleh The Institute of Leadership & Management pada 2013. Studi tersebut menyatakan bahwa dua pertiga pebisnis di Inggris memeriksa email pekerjaan mereka ketika liburan. Sebanyak 65% responden yang merupakan pegawai biasa memeriksa email pekerjaan mereka saat liburan, dan 75% melakukan panggilan/telepon kerjaan ketika sudah meninggalkan kantor.

Meskipun jumlah yang tinggi dari pelaku bisnis mengawasi pekerjaan mereka saat hari libur, ternyata sebanyak 96% bos tidak berekspektasi kalau pegawai mereka memeriksa email ketika libur. Faktanya, 64% dari mereka malah mencoba mendorong pegawai untuk mematikan sepenuhnya hubungan dengan kantor ketika libur. Sementara itu 32% bos menyarankan pegawai dengan pendekatan yang lebih santai ketika hari libur.

Tampak ironis bukan? Melihat stigma yang selama ini berkembang dalam masyarakat kita kalau bos selalu menuntut pegawainya untuk terus menerus bekerja bahkan di hari libur sekalipun. Setidaknya itu yang terjadi di Inggris.

Dampak perkembangan teknologi membuat batasan antara ruang lingkup kerja dan ruang lingkup pribadi menjadi kabur. Kita semakin dimudahkan untuk saling terhubung dan terkoneksi dengan pekerjaan di mana pun dan kapan pun kita berada. Ini artinya bahwa kita seolah-olah selalu ada untuk pekerjaan.

Mengawasi pekerjaan kapan pun dan dimana pun atau bekerja di luar kantor telah menjadi makin umum. Beberapa orang mungkin malah merasa lebih stres jika tidak dapat terhubung dengan pekerjaan ketika libur dibandingkan jika mereka bisa selalu tahu apa yang terjadi. Tapi kita tahu bahwa semua orang butuh liburan agar mereka kembali bekerja dengan kondisi yang fresh dan maksimal.

 ‘No work During Home Hours’ 

Perusahaan di Dublin seperti Get Organised telah menentapkan aturan untuk melarang semua pegawainya menerima maupun mengirim email setelah jam kerja kantor selesai guna menjaga keseimbangan hidup pegawainya. Hal itu juga dilakukan untuk meningkatkan produktifitas pegawai.  Perusahaan lainnya juga banyak yang menerapkan praktik yang sama seperti membuat automatic response atau respon otomatis pada email ketika hari libur.

Baru-baru ini, raksasa e-commerce global, Amazon, melakukan upaya untuk memotivasi pegawainya untuk membangun keseimbangan hidup. Kepala Amazon Inggris secara resmi meminta para pegawainya untuk mengalokasikan cukup waktu untuk diri mereka sendiri selain bekerja, serta untuk memelihara “harmoni kehidupan kerja” yang sehat. Dia meminta pegawainya untuk mengalokasikan cukup waktu untuk dihabiskan di rumah setelah jam kerja, dan mendorong mereka untuk berhenti mengambil panggilan yang berhubungan dengan pekerjaan dan email setelah jam kerja. Dia secara khusus menyebutkan bahwa, “Tidak ada keputusan bisnis yang harus dibuat antara jam 6 sore dan 8 pagi.”

Dampak Bekerja di Rumah  

Studi dari the Academy of Management Best Paper Proceeding menyatakan bahwa email kerja dapat mempengaruhi kesehatan mental jika perusahaan mengharuskan untuk memeriksanya meskipun tidak saat jam kerja atau hari libur. Studi juga menyebutkan jika hal email kerja tersebut terus membayangi Anda ketika hari libur tidak hanya akan berpengaruh pada kesehatan mental pegawai tapi juga pada pasangan mereka.

Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa individu membutuhkan managemen yang baik dalam kehidupannya. Managemen yang baik adalah tentang mengidentifikasikan bagaimana lingkungan dan praktik kerja mampu membantu kita untuk mendapatkan keseimbangan hidup.

Namun jika Anda dan tim Anda ingin selalu terhubung dengan pekerjaan ketika mereka seharusnya libur karena menurut Anda itu yang paling baik bagi Anda, maka mungkin itu memang harus dipertimbangkan dengan syarat pekerjaan tersebut harus sudah dikelola atau dikerjaan dengan baik sebelumya di kantor. Maka di sini penting bagi Anda untuk memulai pekerjaan dengan rapi dan terorganisir agar ketika Anda memulainya dapat diselesaikan dengan mudah di rumah.

Kini, berkat perkembangan teknologi memungkinkan pekerjaan Anda untuk terlaksanakan dan terselesaikan dengan baik. Anda hanya tinggal membutuhkan sebuah sistem perkantoran yang tepat dan cepat untuk membantu Anda menyelesaikan tugas kantor tanpa terlalu mengorbankan kehidupan pribadi Anda.

IntegraOffice menawarkan sistem administrasi perkantorkan yang efektif dan efisien, ditujukan untuk membantu pekerjaan Anda agar lebih mudah dan praktis. Ingin selalu terhubung dengan pekerjaan tapi juga tidak mau stres berkepanjangan? IntegraOffice memberikan sistem kelola tugas dan dokumen dengan fitur pengingat yang dapat Anda atur sesuai keinginan Anda.

Penasaran bagaimana IntegraOffice bekerja? Hubungi kami!

 

 

Artikel disadur dari: https://www.entrepreneur.com/article/318599

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/executive-working-in-bathrobe_962658.htm

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp