Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Wujudkan Pemerintahan yang Responsif Untuk Masyarakat

2019-03-06T11:00:25+00:00

Salah satu cara untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien adalah dengan dibentuknya sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). SPBE merupakan suatu sistem tata kelola pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pada suatu instansi pemerintahan.

Saat ini Indonesia sudah mulai menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Tujuan dari penerapan ini yaitu untuk bisa mewujudkan responsif yang cepat dari pemerintah kepada masyarakat terutama dibidang administrasi negara. Dikutip dari Kompasiana, menurut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo penggunaan sistem berbasis elektronik menjadi syarat mutlak dalam mewujudkan pemerintahan yang terbuka. Penerapan sistem berbasis elektronik diharapkan bisa menyediakan sesuatu yang aktual dan dapat langsung diakses melalui media, khususnya bagi para masyarakat yang ingin tahu perkembangan sistem pemerintahan di Indonesia. Karena pada saat ini masyarakat Indonesia sudah bisa mengakses apapun melalui internet. Selain itu, masyarakat juga mengharapkan pemerintahan yang responsif yaitu dapat memberikan respon langsung tanpa harus melewati proses yang sulit.

Presiden Joko Widodo juga mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang siap dijalankan oleh instansi baik kementerian, lembaga, maupun pemerintahan daerah. Dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 merupakan perwujudan reformasi birokrasi di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Karena SPBE biasa disebut juga e-Government adalah salah satu upaya pemangkasan biaya dan waktu, serta meminimalisir terjadinya praktik korupsi dalam pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah. Penerapan SPBE ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien dan efektif serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Untuk mendukung SPBE maka gunakan IntegraOffice untuk manajemen perkantoran anda. Karena IntegraOffice merupakan solusi yang efektif dan efisien dengan sistem manajemen perkantoran terintegrasi yang mendukung manajemen dokumen, alur kerja, koordinsi tim, hingga pembelajaran organisasi. Join With Us and Transform Your Business To Digital!

 

Artikel disadur dari : https://www.kompasiana.com/alzarefdt/57ec7cfcf97a61ea098b4567/perkembangan-sistem-berbasis-elektronik-di-indonesia

Gambar : https://pengajar.co.id/contoh-e-government-pengertian-jenis-manfaat-kelebihan-dan-kekurangannya/

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp