Wujudkan Program Go Green Dengan IntegraOffice

2019-03-11T09:29:06+00:00

Teknologi digital sudah digunakan di berbagai bidang untuk membantu mempermudah kehidupan manusia. Kemudahan untuk menggunakan, menyimpan, dan berbagi file secara digital membuat perusahaan mulai berlomba-lomba untuk melakukan transformasi digital. Salah satu hal yang mendorong untuk melakukan transformasi digital adalah karena adanya isu lingkungan terkait dengan Go Green.

Secara umum Go Green sendiri mempunyai arti sebagai tindakan atau upaya yang dilakukan untuk menyelamatkan bumi. Adanya isu tentang pemanasan global membuat gerakan Go Green marak akhir-akhir ini. Tidak hanya para aktivis lingkungan saja yang pehatian dengan isu ini, namun perusahaan-perusahaan besar dan juga pemerintahan juga mulai memperhatikan isu pemanasan global.

Salah satu hal yang bisa dilakukan perusahaan besar maupun pemerintahan adalah mengurangi penggunaan kertas. Mengapa penggunaan kertas ? menurut Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia perubahan iklim terjadi karena padatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer bumi akibat produksi gas rumah kaca berlebih dan penyerapan karbon yang tidak maksimal. Hutan adalah penyerap karbon yang paling utama. Tapi, seiring dengan meningkatnya pertambahan penduduk dan aktivitas manusia yang semakin beragam, manusia mengeksplorasi dan mengeksploitasi hutan.

Seperti penggunaan kertas Setiap hari pasti ada saja kegiatan kita yang membutuhkan penggunaan kertas. Tanpa tahu setiap 15 rim kertas ukuran A4 membuthkan bahan baku dari 1 pohon besar. Bayangkan jika ratusan juta manusia menggunakan paling tidak 10 lembar kertas dalam 1 hari, diperlukan penebangan ratusan pohon. Itu berarti keberadaan hutan terancam.

Hutan dataran rendah di Sumatera, antara tahun 1990-2000 sudah hilang hampir 65-80% karena penebangan pohon untuk membuka perkebunan dan hutan tanaman industri guna memproduksi bubur kertas untuk memenuhi kebutuhan kertas kita.

Pada perusahaan ataau pemerintahan, mereka berkomunikasi dengan menggunakan surat. Dalam satu hari bisa ada puluhan atau bahkan surat yang beredar. Belum lagi dokumen-dokumen penting perusahaan yang semakin tahun semakin menumpuk. Maka dari itu dibutuhkanlah suatu sistem yang bisa menyimpan itu semua secara digital untuk mengurangi penggunaan kertas.

Dengan adanya isu tersebut PT Integra Teknologi Solusi mempunyai sebuah produk yang diberi nama IntegraOffice Dokumen Manajemen Sistem dan juga IntegraOffice Persuratan. Salah satu manfaat dari IntegraOffice Persuratan dan IntegraOffice Dokumen Manajemen Sistem adalah Paperless. Karena surat-menyurat dan penyimpanan dokumen secara manual dilakukan secara digital. IntegraOffice adalah solusi bagi perusahaan yang concern terhadap isu lingkungan. Apakah perusahaan anda juga peduli tentang lingkungan dan ingin menggunakan IntegraOffice ? Hubungi tim kami ya!

Join With Us and Transform Your Business To Digital!

Artikel disadur dari : http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/inovasi/343-minimalkan-penggunaan-kertas