Standing Scrum Meeting Sebagai Sarana Koordinasi dan Komunikasi Antar Anggota Tim

2019-06-12T13:13:20+00:00

Dalam sebuah tim di suatu organisasi,pastinya sangat bergantung pada koordinasi dan kerjasama antar anggota tim nya dalam mencapai goals dari organisasi tersebut. Salah satu metode dalam koordinasi dan komunikasi dalam tim adalah dengan menggunakan Scrum Planning.

Menurut Panduan Scrum “Panduan Untuk Scrum: Aturan Main” SCRUM adalah sebuah kerangka kerja dimana orang-orang dapat mengatasi masalah kompleks adaptif, dimana pada saat bersamaan mereka juga menghantarkan produk dengan nilai setinggi mungkin secara produktif dan kreatif (www.scrumguides.org).

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya, dalam SCRUM terdiri dari komponen-komponen yang berbeda dan saling berkaitan satu sama lainnya demi nencapai  hasil yang diharapkan. Team Scrum ini sendiri terdiri dari 3 komponen, yaitu antara lain : Product Owner, Development Team dan Scrum Master yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Selain Team Scrum, dalam Scrum sendiri terdapat beberapa tahapan kegiatan, yaitu antara lain :

  1. Sprint Planning
  2. Daily Scrum
  3. Sprint Review
  4. Sprint Retrospective

Dalam kaitannya dengan tahapan Scrum Activity di atas, tim integra Teknologi Solusi melakukan Daily Scrum yang dilakukan setiap pagi sebelum aktivitas dimulai. Yaitu dengan  melaksanakan kegiatan Standing Scrum Meeting yang berlangsung kurang lebih 5-10 menit. Dalam kegiatan Standing Scrum Meeting ini, setiap anggota tim akan memaparkan secara singkat tentang aktivitas yang akan dikerjakannya dan hambatan-hambatan apa  saja yang dihadapi dalam menjalankan aktivitasnya.

Atau dengan kata lain, kegiata Standing Scrum Meeting ini dilaksanakan sebagai sarana untuk koordinasi dan komunikasi antar anggota tim dalam kaitannya dengan project dan aktivitas yang dan akan dikerjakan, selain itu juga untuk menyaring masalah-masalah dan hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh anggota tim dalam menjalankan pekerjaannya dan kemudian dicari bersama-sama solusinya, sehingga dapat mencapai target yang diharapkan organisasi.

 

Bagaimana dengan organisasi  anda. Apakah sudah menerapkan Standing Scrum Meeting?

Ingin tau lebih tentang produk Integra Teknologi Solusi?

silakan kontak kami di integrasolusi.com/kontak kami

 

Baca Juga :

Infografis: IntegraOffice, Solusi Tepat Masalah Perkantoran Anda

Peranan e-Office Persuratan dan Disposisi Bagi Universitas

Aktifitas SCRUM Sebagai Kerangka Kerja Sederhana Untuk Pengembangan Produk

 

 

Sumber artikel dari :
www.scrumguides.org, id.techinasia.com/mengenal-proses-pengembangan-produk-dengan-scrum)
×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp