Implementasi Reformasi Birokrasi di Pemda Kabupaten Poso Dengan e-Office Persuratan 4.0 

2019-11-20T12:26:32+00:00

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa untuk mendukung implementasi Reformasi Birokrasi di lingkungan pemerintahanan, baik itu di Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah perlu adanya transformasi digital sistem perkantoran yang berbasis Teknologi dan Komunikasi (TIK) sehingga proses pelayanan publik bisa lebih efekti dan efisien.

Sebenarnya reformasi birokrasi sebenarnya bukanlah hal baru di negara kita, karena sebelumnya. swasta telah lebih dulu melakukan reformasi yang lebih kita kenal dengan Good Corporate Governance, contohnya seperti elektronisasi pelayanan di berbagai unit kerja di bidang swasta. Tentunya bai pemerintah, juga harus melakukan elektronisasi di lingkup kerja pemerintahan sebagai amanat terciptanya Good Government.

Untuk mendukung itu semua, salah satunya dengan pengembangan aplikasi perkantoran yang berbasis elektronik, atau sering kita kenal dengan e-Office. Di e-Office sendiri ada banyak proses, salah satunya adalah proses surat-menyurat dan disposisi yang banyak dilakukan di lingkup pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berkembang pesat  ke era digital seperti saat ini. Juga berpengaruh pada pengembangan aplikasi e-Office, terutama e-Office Persuratan yang dulunya hanya berbasis lokal (LAN) dan internet (Web), sekarang e-Office Persuratan   sudah dikembangkan dalam modul Mobile Application (Android dan iOS) yang langsung dapat diakses di smartphone masing-masing atau lrbih dikenal e-Office Persuratan 4.0 sebagai bagian dari revolusi industri 4.0.

Untuk menjawab tantangan zaman dan untuk mendukung implementasi reformasi birokrasi serta tuntutan kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan publik, proses surat-menyurat dan disposisi di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, yang sebelumnya masih menggunakan cara manual (paper-used), sekarang sudah mulai beralih menggunakan cara yang lebih modern dan digital (paper-less) dengan menggunakan e-Office Persuratan 4.0

Dengan menggunakan aplikasi e-Offce Persuratan 4.0 ini segala macam proses dan alur persuratan serta disposisi dilakukan dengan cara digital, yang pastinya akan lebih mudah dan cepat.

berikut contoh tampilan e-Office Persuratan 4.0 versi mobile application 

 

Dengan aplikasi e-Office Persuratan 4.0 ini, pimpinan dapat menerima surat dan melakukan disposisi dimana saja dan kapan saja, pimpinan juga dapat melakukan monitoring dan tracking disposisi yang telah diberikan, sehingga bisa mengetahui progress dari disposisinya.

Penggunaan aplikasi e-Office Persuratan 4.0  di lingkup Pemda Kabupaten Poso ini, mampu mengintegrasikan, mengkoordinasikan semua data informasi dalam proses persuratan dan disposisi menjadi satu kesatuan data yang terpusat sehingga proses pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien yang merupakan indikator terlaksananya implementasi reformasi birokrasi.

 

apa itu e-Office Persuratan 4.0? Info lebih lanjut Klik disini

 

Baca juga : 

Infografis: IntegraOffice, Solusi Tepat Masalah Perkantoran Anda

Seberapa Pentingkah Tracking Disposisi Surat Dalam Organisasi Anda

Modernisasi Surat-Menyurat Dengan e-Office Persuratan

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp