Covid-19 Tidak Menghambat Semangat Kerja Karyawan Integra Selama Work From Home (WFH)

2020-04-09T17:54:23+00:00

integrasolusi.com -Bekerja dari rumah banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan untuk membantu mengurangi penyebaran pandemic COVID-19. PT Integra Teknologi Solusi salah satunya yang ikut berpartisipasi mendukung supaya penyebaran wabah virus corona tidak semakin meluas. Ketika awal mula ada beberapa pasien yang sudah positif di Indonesia, pihak manajemen Integra segera bertindak cepat untuk merencanakan Work From Home (WFH) yang akan diterapkan bagi semua karyawan, dan tepatnya sudah dilakukan sejak tanggal 19 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan kapan akan kembali bekerja di kantor.
Tidak menutup kemungkinan bekerja #DirumahAJa yang dianjurkan oleh pemerintah, itu sangat solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia, namun hal ini tidak mematahkan semangat kami untuk aktivitas #BekerjaDariRumah.

Tak jarang beberapa pegawai yang terbiasa bekerja secara tatap muka akan mengalami kesulitan koordinasi. Salah satunya divisi Sales Integra yang terkendala pada sistem kerjanya, yang sebelumnya harus melakukan pertemuan diluar kantor, namun kali ini hanya bisa dilakukan melalui media online seperti telepon dan video conference. Tapi,semua itu tantangan terbesar untuk tetap produktif dimasa WFH seperti saat ini. “Harusnya bisa meeting dengan klien secara langsung kini hanya bisa video call, ya merasa sensasi bertemu langsung dan melalui online berbeda”, ujar Muhammad Al- Mando, selaku Corporate Executive PT Integra Teknologi Solusi.

Sejauh ini yang menjadi kendala selama proses WFH adalah komunikasi, hal ini tetap kita siasati dan selalu saling membangun kepercayaan bekerja antar tim. Tetap menjalin hubungan baik. Salah satunya dengan menjadikan video conference sebagai  alat komunikasi utama yang wajib dilakukan sebagai absensi dan doa bersama di pagi hari.

Dengan video conference menjadi bagian prioritas kerja supaya tetap efektif dan efisien, tujuannya supaya mengurangi miskomunikasi antar tim dan personal demi kelancaran komunikasi selama WFH.
Maka dibutuhkan kesepakatan bersama satu tim untuk online dan standby sesuai jam kerja seperti dikantor. “Ya harapannya semua karyawan latihan tanggung jawab, bukan belajar tapi latihan”, ujar Ricky Gilang, salah satu Web Developer Integra PT Integra Teknologi Solusi.

Tidak hanya itu #sobatoffice, ada cara lain untuk menyiasati persoalan itu agar tetap saling aktif dan komunikatif selama bekerja dirumah “Mungkin komunikasi lewat call atau video call biar lebih cepat, selain itu waktu diskusi dibatasi paling lama satu jam supaya lebih efektif dan to the point” kata Elista Sandy, UI UX PT Integra Teknologi Solusi.

Memanajemen waktu selama WFH juga menjadi poin utama, meski dirumah tidak menjadi alasan bermalas-malasan bekerja, namun diharapkan tetap bisa santai tapi serius karena memanfaatkan waktu yang ada untuk bekerja,  supaya bisa menyelesaikan sesuai target atau deadline kerja. “Jangan jadikan WFH sebuah kendala yang sangat menghambat pekerjaan, jadikan semuanya hal yang positif semua ini demi keamanan bersama” kata Lukman Hakim, QA PT Integra Teknologi Solusi.

Startegi #BekerjaDariRumah juga didukung oleh salah satu pimpinan pendiri PT Integra Teknologi Solusi  beliau memiliki pendapat bahwa “WFH akan sukses ketika kamu bekerja bersama orang-orang yang bisa dipercaya, selama komunikasi tetap terjaga, saling percaya dan bertanggung jawab atas pekerjaan masing-masing semua akan berjalan lebih baik dan kemungkinan gangguan akan terselesaikan.”

Ada pula manfaat yang di dapat dari salah satu desainer UI UX Integra, yaitu Rizky Kurniawan memiliki pendapat lain disaat menikmati WFH “Disyukuri ketika bekerja secara remote ini. Lebih mudah mendapatkan insight dan lebih aman karena kita membantu mengurangi penyebaran Virus Corona. Selain itu, bagi rekan kerja yang merantau akan merasakan lebih bisa menggunakan waktunya berkumpul bersama keluarga dan orang tuanya lebih lama dan yang jelas pengeluaran lebih hemat” Semua ini akan mendapatkan hikmah dari apa yang telah terjadi, tergantung bagaimana kami menanggapi hal positif yang dapat di terima. Harapan besar  bagi kami semua pandemic Virus Corona ini segera berakhir, situasi bisa kembali normal seperti sediakala , semua karyawan dan juga seluruh masyarakat Indonesia tentunya tetap sehat dan jaga stamina tubuh dengan baik.

 

Nikmati hari-hari anda tetap semangat bekerja dan beraktivitas #DirumahAja, dan selalu jangan lupa untuk bersyukur kepada Tuhan.

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp