Mengenal Tanda Tangan Elektronik dan Keuntungannya

2020-05-14T15:34:29+00:00

integrasolusi.com –Sobat Office, pernahkah kamu bertanya-tanya, apa itu Tanda Tangan Elektronik (TTE)? Apakah serupa dengan konsep scan QR Code? Atau TTE itu gabungan antara image dengan QR Code? Atau bisa juga hanya menempelkan scan tanda tangan basahn ?Nah buat kamu yang masih bingung dan penasaran , kamu sudah membaca artikel yang tepat, karena admin akan mengupas sedikit informasi tentang Tanda Tangan Elektronik berserta keuntungannya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat dewasa ini, hampir segala kegiatan dapat dilakukan dengan mudah secara digital.  Namun kemudahan yang ditawarkan dari teknologi yang ada, kerap disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjwab, misalnya dijadikan modus penipuan secara daring yang dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi para masyarakat diugital saat ini. Untuk menghindari resiko seperti itu, pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dapat menjadi solusi yang tepat agar segala transaksi elektronik dan komunikasi secara digital dapat terlindungi dengan baik oleh enkripsi sistematis dengan kedudukan yang sah dan kuat di mata hukum.

Lalu apa itu TTE? Dilansir dari “Technologist Privy ID” pengertian secara umum mengenai Tanda Tangan Elektronik adalah sebuah fungsi sistematis yang dikembangkan dengan kriptografi asimetris. Kriptografi asimetris merupakan suatu alogaritma yang di mana menggunakan penguncian ganda dalam penerapannya, yakni kunci publik dan kunci private sehingga dapat dipastikan masalah keamanan pada Tanda Tangan Elektronik dapat terjaga dengan baik, yang tertuang dalam bentuk sertifikat digital. Sertifikat tersebut dapat digunakan untuk  memverifikasi validitas identitas seseorang di dunia maya.

Bagaimana dengan perkembangan TTE di Indonesia saat ini? Sama seperti halnya negara-negara lain di dunia, Indonesia juga memiliki ketergantungan yang tinggi dalam mengakses dan melakukan kegiatan melalui komputer dan juga smartphone. Hal ini diperkuat oleh situs media “katadata” yang menyatakan bahwa pengguna smartphone di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hingga akhir 2019 lalu tercatat sebanyak 92 juta penduduk di Indonesia telah menggunakan smartphone dalam kegiatan sehari-hari. Tentu pernyataan tersebut secara tidak langsung mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia sudah sadar akan besarnya peranan teknologi digital dalam keseharian.

Kemudian apa saja keuntungan yang Sobat Office dapatkan saat dalam implementasi Tanda Tangan Elektronik? Mari kita simak jawabannya di bawah ini:

1.Hemat Waktu dan Biaya

Kamu bisa memangkas waktu yang dibutuhkan untuk menandatangani dokumen yang ada, yang di mana dapat kamu lakukan kapanpun dan di manapun. Karena dilakukan secara digital, dokumen yang telah ditanda tangani dapat langsung dikirimkan kembali dalam waktu sekejap karena dalam bentuk softcopy secara elektronilk. Selain itu kamu tidak perlu lagi menganggarkan budget khusus untuk membeli kertas dan peralatan ATK (Alat Tulis Kantor) lainnya, sehingga akan lebih jauh menghemat biaya yang ada.

2.Lebih Aman

Dengan memanfaatkan teknologi TTE, penandatanganan secara digital dapat terjaga keamanannya, karena dipastikan tidak akan bisa dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam prosesnya, TTE juga lebih terjaga kerahasiaannya, karena proses pengiriman terjadi secara langsung dan privat tanpa melibatkan pihak ketiga dan yang pasti setiap penandatangan telah terverifikasi secara elektronik pada lembaga sertifikasi sehingga lebih aman dan tidak mudah dipalsukan

3.Legal Secara Hukum

Dengan kata lain, TTE telah memiliki kekuatan hukum yang sah selayaknya tanda tangan manual. Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika,  juga telah mengeluarkan peraturan yang tertuang dalam UU Nomor 11, Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik, yang dapat kamu baca selengkapnya di kanal hukum online berikut ini https://bit.ly/2T0tikf.

4.Ramah Lingkungan

Berkurangnya proses cetak kertas berarti berkurang pula pengiriman dokumen-dokumen yang ada. Hal ini tentu dapat membantu bumi kita agar dapat bernafas kembali. Memanfaatkan teknologi digital yang ada seperti sistem Tanda Tangan Elektronik, artinya kamu juga turut berkontribusi terhadap pelestarian bumi kita tercinta.

Nah itulah beberapa manfaat dari penerapan TTE, namun masih banyak sebenarnya manfaat yang didapatkan.

Disini PT Integra Teknologi Solusi sebagai salah satu perusahaan terdepan dalam inovasi IT, menawarkan konsultasi dan support bagi Instansi/ Perusahaan yang ingin menerapkan Tanda Tangan Elektronik pada dokumen perkantorannya.

Jadi jangan ragu untuk segera Kontak Kami untuk informasi detailnya

Atau klik tombol WhatsApp kami dan Corporate Partnership Officer terbaik kami akan segera membantu mengkonsultasikan semua kebutuhan tentang TTE di era digital dengan senang hati. Semoga informasi dari admin bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terima kasih sudah membaca 😊

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp