Mengapa Oragnisasi Anda Perlu Melakukan Audit IT ?

Di era perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat seperti saat ini, hampir sebagian besar perusahaan atau organisasi memiliki divisi atau bagian khusus dibidang teknologi dan informasi. Umumnya bertujuan untuk menunjang operasional perusahaan agar lebih efektif dan efisien, namun banyak juga dari perusahaan yang melupakan ada aspek lain yang perlu di perhatikan pada divisi atau bagian ini yaitu apakah bagian IT dalam perusahaan mampu memastikan keamanan data yang dimiliki ?. yah memang, aspek keamanan informasi memang seringkali luput dari fokus bagian IT dalam perusahaan, padahal ini merupakan suatu hal yang amat penting, mengingat informasi atau data yang dimiliki oleh perusahaan adalah aset yang sangat berharga.

Salah upaya yang cukup tepat adalah dengan melakukan Audit IT, sangat familiar bagi perusahaan perusahaan negeri (milik pemerintah) maupun kantor-kantor pemerintahan seperti Diskominfo, bagaimana tidak, Audit IT merupakan hal yang wajib mereka lakukan di setiap periodenya karena hal itu telah di atur secara hokum. Pada kesempatan sebelumnya kami juga pernah membahas tentang Audit IT, Audit IT bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai resiko untuk menjaga aset berharga dan menetapkan metode untuk meminimalkan resiko tersebut. Adanya metode Audit IT, ini akan membantu Sobat Office untuk memastikan bahwa mekanisme sistem informasi yang berjalan, tetap berada di koridor integritas. Hal ini terjadi sebab mekanisme sistem informasi sangat terkait dengan perekonomian secara global.

Audit IT pada awalnya merupakan pelebaran dari audit konvensional. Kebutuhan atas fungsi audit IT hanya berasal dari beberapa departemen. Kemudian auditor sadar bahwa komputer telah mempengaruhi kinerja mereka terkait fungsi utama. Perusahaan dan manajemen pemrosesan informasi pun juga sadar bahwa komputer adalah jalan keluar terkait permasalahan sumber daya untuk semakin bersaing dalam lingkungan bisnis bahkan antar departemen, oleh karenanya, muncullah urgensi untuk melakukan audit atas proses yang berjalan. Saat itulah para profesional menyadari tentang kebutuhan audit IT. Kini audit IT menjadi bagian integral dalam fungsi audit umum, sebab hal itu akan menentukan kualitas dari informasi yang diproses oleh sistem komputer.

Pada mulanya, auditor dengan kemampuan audit IT dilihat sekedar sebagai staf sumber daya teknologi biasa, bahkan sering dilihat hanya sebagai asisten teknikal. Padahal belakangan ini, audit IT merupakan pekerjaan yang tindakan, tujuan, serta kualitasnya telah diatur dalam standar global; ada aturan etiknya dan tuntutan profesional. Tentu saja hal ini memerlukan pengetahuan khusus dan kemampuan praktis, yang sebelumnya juga didahului oleh persiapan secara intensif.

Penjelasan ini memberikan gambaran kepada Sobat Office bahwa tantangan di bidang Teknologi dan Informasi kedepannya masih sangat amat banyak. Sehingga diperlukan adanya kerja sama antar pihak untuk memastikan bahwa implementasi teknologi dan informasi pada perusahaan dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. PT Integra Teknologi Solusi merupakan perusahaan yang juga berfokus pada hal ini siap membantu Anda untuk memastikan Implementasi IT pada perusahaan atau organisasi anda berjalan dengan tepat. Segera hubungi Corporate Partnership kami untuk berdiskusi lebih lanjut, dan cek juga layanan kami lainnya di website resmi kami www.integrasolusi.com

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp