Pengaruh Lahirnya Pancasila terhadap Teknologi

By | 2020-06-02T11:56:41+00:00 Juni 2nd, 2020|Categories: Inspiration|Tags: , , , , , |0 Comments

Hari Lahir Pancasila – Telah menjadi sejarah bahwa setiap tanggal 1 Juni adalah Memperingati hari lahir Pancasila, yang disahkan oleh Presiden pertama RI, Soekarno, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).
Pancasila sebagai dasar ideologi negara Indonesia, menjadikan pedoman untuk nasionalisme pada bangsa dan rakyat Indonesia. Istilah Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, di mana Panca berarti lima dan Sila berarti dasar, lima sila ini harus kami kuatkan dan dapat diterapkan di kehidupan masing-masing.

Fungsi pertama adalah, pancasila berperan sebagai sarana pemersatu masyarakat dan juga bertindak sebagai pemelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Dapat diambil contoh salah satunya peran pancasila untuk Indonesia bersatu. Walau kondisi Indonesia masih sakit karena datangnya wabah virus Covid-19 ini, namun kami tetap harus berdiri dan semangat bekerja, berkarya, berdagang dan bersatu saling peduli menghadapi pandemi ini.
Sulit untuk tidak berjumpa dengan kerabat, dan rekan kerja namun di hari lahir Pancasila kami bisa bersatu karena dibantu teknologi. Ini adalah salah satu, fungsi pancasila yang bisa kita ambil manfaatnya. Dengan bersatu melalui kecanggihan virtual alat teknologi, kami bisa bersatu dalam bekerja, berkarya dan beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun teknologi yang mendukung aktivitas negara memperingati hari lahir pancasila, salah satunya yang kita lihat pada saat Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 dengan aplikasi video conference Presiden Joko Widodo dan jajarannya melakukan upacara di Istana Negara Bogor, Jawa Barat. Sangat diapresiasikan, walau adanya badai wabah virus corona yang sedang marak di Indonesia namun Pancasila tetap di hati bangsa dan rakyat Indonesia, tetap dijunjung tinggi dan wajib ditanamkan dihati kami untuk diperjuangkan memperingati hari lahir pancasila meski dengan virtual.

Ucapan hari lahir Pancasila, juga dikaryakan oleh generasi minelias dengan berbagai desain ucapan online yang menarik disebarkan luas di media sosisal (instagram, whatsaap, facebook, dan twiter). Hal ini kami simpulkan bahwa seluruh rakyat Indonesia memanfaatkan kecanggihan teknologi digital, dengan didukung sifat nasionalisme yang tinggi.

Pancasila sebagai dasar dan falsafah hidup berbangsa dan bernegara merupakan kekuatan yang menyatukan seluruh elemen masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke dengan berbagai latar belakang suku dan budaya, ras, dan agama yang berbeda-beda. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tentu saja disetujui dan memiliki keutamaan untuk diberikan seluruh aspek kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Kecanggihan teknologi dapat diterapkan sesuai lima sila tersebut, untuk kehidupan masyarakat bangsa Indonesia harus berbangga dan bersyukur dengan Pancasila yang dapat mempersatukan kita, karena adanya teknologi saat ini dapat memperat persatuan bangsa dan negara.

Nah itulah pengaruh pancasila terhadap teknologi di era digital 4.0. Tidak lupa juga kami infokan untuk menunjang aktivitas agar lebih maksimal, Sobat Office bisa manfaatkan produk-produk terbaik dari fitur e-Office yang kami miliki.

Selamat Hari Lahir Pancasila !

#Staysafe #Stayhealty ya SobatOffice

Selengkapnya mengenai produk e-Office Persuratan silakan Klik disini

Atau bisa langsung gunakan aplikasi e-Office Persuratan secara GRATIS di : integraOffice Cloud

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp