Tips: Ini Langkah-langkah Agar Keamanan Data Perusahaan Tetap Aman & Terjamin

2020-06-09T15:27:07+00:00

 

integraOffice – Berbeda dari ancaman fisik, ancaman cyber kerap terjadi di suatu perusahaan yang tidak terlalu peduli dengan keamanan jaringan dalam melakukan kegiatan ataupun mengakses sebuah informasi di dunia maya. Hal ini justru dapat menghambat perkembangan suatu perusahaan karena pegawai tidak dapat bekerja dengan optimal. Dalam kondisi terburuk, serangan siber (cyber) juga dapat melumpuhkan suatu perusahaan jika terjadi pencurian sebuah data yang  berhubungan dengan informasi finansial sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Sayangnya, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang masih beranggapan bahwa keamanan data identik dengan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, padahal semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi secara online dalam mengolah sebuah informasi, wajib memprioritaskan atau memberikan perhatian khusus dalam bidang keamanan siber ini. Kini ada pentingnya, asosiasi negara-negara Uni Eropa sangat tanggap dalam menangani isu keamanan data dengan mengeluarkan berbagai regulasi, mereka meyakini bahwa kebocoran maupun pencurian data akibat kejahatan siber dapat memberikan dampak negatif bagi perusahaan serta dapat berimbas terhadap masalah perekonomian secara sistemik yang berdampak luas. Oleh karena itu kamu harus melakukan strategi yang tepat dalam membuat kebijakan keamanan data perushaan sedini mungkin Sobat Office! Lalu bagaimana cara untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut? Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, di antaranya :

  1. Membangan Infrastruktur IT yang Kokoh

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah mengamankan infrastruktur di perusahaan tempat kamu berkerja Sobat Office. Dengan infrastruktur yang kokoh artinya seluruh perangkat teknologi yang perusahaan miliki dapat dipastikan memilki perlindungan prima terhadap berbagai serangan siber. Dalam hal ini Tim IT perusahaan harus terus meng-update infrastruktur yang ada secara berkala agar terhindar dari berbagai ancaman keamanan lainnya.

  1. Pastikan Gadget Selalu Aman

Tidak bisa dipungkiri keberadaan gadget atau smartphone saat ini sangat membantu dalam memfasilitasi akses data yang begitu cepat kapanpun dan di manapun. Karena kemudahan akses inilah perusahaan wajib memastikan bahwa seluruh perangkat yang digunakan terjamin keamanannya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan aplikasi yang telah men-support data enkripsi seperti Whatsapp ataupun Telegram dalam membagikan sebuah informasi, dan kamu juga dapat menerapkan password smartphone yang kuat sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain.

  1. Backup Data Perusahan Secara Berkala

Dalam hal ini Sobat Office pastinya tidak bisa memprediksi kapan kegagalan sistem dapat terjadi ke depannya. Apa akibatnya jika hal tersebut terjadi? Tentu hal ini dapat merugikan perusahaan bukan? Memang secara tidak langsung tidak terlalu berkaitan dengan kejahatan siber, tetapi dengan menerapkan langkah ini  tentu dapat membantu memulihkan sebuah data yang dibutuhkan sewaktu-waktu jika terjadi ancaman siber. Pastikan tim IT tetap melakukan langkah ini secara rutin agar informasi yang di-backup selalu up to date.

  1. Gunakan Software Antivirus untuk Mendeteksi Ancaman

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan aplikasi/ software antivirus terpecaya yang dapat ditemukan di masing-masing website pelayanan antivirus yang legal. Dalam hal ini aplikasi Antivirus dapat mmberikan peringatan dini terhadap berbagai ancaman siber yang ada, sehingga berbagai kejanggalan aktivitas dapat terdeteksi dengan baik dan ancaman keamanan siber dapat dihindari.

  1. Evaluasi dan Audit IT Secara Berkala

Langkah terakhir yang wajib kamu lakukan adalah mengevaluasi langkah keamanan siber yang dilakukan perusahaan tempat kamu bekerja Sobat Office. How? Yup, salah satunya adalah dengan melakukan Audit IT secara berkala. Langkah ini mampu memastikan sejauh apa kelemahan ataupun celah dalam sistem yang dimiliki perusahaan. Terdapat berbagai proses pengujian yang dapat kamu lakukan, misal seperti pengujian celah keamanan, pengetesan sistem dan sebagainya. Manfaatkan layanan Audit IT dari PT Integra Teknologi Solusi yang sudah terbukti dan tervalidasi oleh banyak sektor pemerintahan maupun BUMN. Didukung dengan tenaga ahli bersertifikasi internasional, PT Integra mampu memberikan pelayanan Audit IT dengan pengalaman terbaik yang pernah ada.

Pada akhirnya keamanan data di era seperti sekarang ini sangatlah penting, karena semakin canggih perkembangan teknologi, semakin canggih pula kejahatan siber yang dapat mengancam keberlangsungan perusahaan. Semoga 5 rangkuman langkah dari admin di atas dapat membantu meningkatkan keamanan siber perusahaan tempat kamu bekerja ya #sobatoffice. Dengan adanya pengamanan yang baik, maka dapat pula memberikan dampak yang positif  bagi perusahaan sehingga operasional perusahaan tetap berjalan lancar. Ingin diskusi lebih lanjut mengenai layanan Audit IT kami? Langsung hubungi nomor WhatsApp yang tersedia di bawah ini, dan kami akan segera membantumu. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat 😊

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp