Penting : 5 Keuntungan Implementasikan Tanda Tangan Elektronik

2020-06-12T11:45:16+00:00

integrasolusi.comSemakin banyaknya kasus kejahatan elektronik, atau yang biasa disebut cyber crime menjadi salah satu penyebab semakin banyakknya pula organisasi yang menerapkan digital tanda tangan elektronik. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) sedang gencar menerapkan tanda tangan elektronik khususnya untuk transaksi online. Harapannya, dengan adanya teknologi ini, instansi bisa melakukan berbagai urusan atau aktivitas transaksi dengan lebih mudah dan aman.

Selain untuk mengurangi kasus cyber crime, tanda tangan elektronik juga bertujuan memudahkan kegiatan bisnis. Tanda tangan tersebut bisa digunakan untuk mengesahkan dokumen. Semisal, Anda ingin menandatangani perjanjian bisnis dengan seseorang tanpa bertemu langsung. Tanda tangan elektronik dapat dijadikan pengganti tanda tangan basah yang sah. Pada kesempatan ini,  kami akan membagikan kepada Sobat Office beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika menerapkan tanda tangan elektronik, setidaknya kami telah merangkum menjadi 6 poin penting manfaat yang akan Sobat Office peroleh, yaitu :

1.Tingkat Keamanan yang Tinggi

Penerapan tanda tangan elektronik meningkatkan tingkat keamanan dengan meniadakan risiko pemalsuan dokumen dan pemalsuan tanda tangan. Selain itu, tanda tangan elektronik juga meminimalisir risiko dokumen rusak atau hilang. Pastinya, dokumen yang ditandatangani secara elektronik juga lebih terjaga kerahasiaannya karena proses pengiriman terjadi secara langsung dan privat tanpa melibatkan pihak ketiga.

 2.Memiliki Payung Hukum Yang Kuat

Legalitas tanda tangan digital di Indonesia sudah memiliki payung hukum melalui Undang-Undang Republik Indonesia No 11 Tahun 2008 Pasal 11 Ayat 1 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 Pasal 52 Ayat 1 dan 2 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Peraturan ini menjelaskan bahwa tanda tangan elektronik berfungsi sebagai alat autentifikasi dan verifikasi dalam transaksi elektronik. Tanda tangan digital bisa digunakan untuk menunjukkan persetujuan penanda tangan atas informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang ditandatangani dengan tanda tangan digital. Dengan kata lain, tanda tangan Elektronik memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sah selayaknya tanda tangan manual.

 3.Hemat Anggaran

Dengan tanda tangan elektronik, Sobat Office tidak perlu lagi menganggarkan budget khusus untuk membeli kertas, pulpen, tinta printer, hingga biaya penyimpanan ataupun yang lainnya. Selama Sobat Office memiliki smartphone atau komputer yang terkoneksi ke internet, penandatanganan dan pengiriman dokumen bisa dilakukan tanpa biaya tambahan.

 4.Hemat Banyak Waktu

Sobat Office bisa memangkas waktu yang dibutuhkan untuk pencetakan dokumen, pemindaian dokumen yang telah ditandatangani, dan penyimpanan dokumen, hingga proses pengiriman dokumen oleh yang bersangkutan. Bahkan dimanapun Sobat Office berada, Anda bisa tetap menandatangani dokumen dan langsung dalam hitungan menit.

 

5.Mendukung Bisnis Anda sampai Go Internasional

 

Implementasi tanda tangan elektronik akan menciptakan bisnis yang lebih modern. Tanda tangan elektronik juga telah diakui di banyak negara maju maupun berkembang. Bahkan tanda tangan elektronik juga telah  diterapkan pada dokumen-dokumen bisnis yang mengikat secara hukum. Kondisi ini mendukung Sobat Office untuk melebarkan sayap bisnis perusahaan hingga ke internasional.

 

Tentu masih banyak keuntungan lain yang akan anda peroleh jika menerapkan tanda tangan elektronik. Dengan kami paparkan beberapa manfaat ini, kami berharap agar Sobat Office tidak ragu dalam mulai mencoba implementasi tanda tangan elektronik.

PT Integra Teknologi akan senantiasa mensupport penuh instansi Anda agar selalu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam mengelolah instansi Anda, salah satunya dengan tanda tangan elektronik.

Yuk,  Segera hubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut !!

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp