Keuntungan Mengggunakan e-Absensi

2020-06-12T13:54:51+00:00

integrasolusi.com– Salam Sobat Office ! sudah pada tahu kan, kalua kita masuk di era serba digital, hamper semua kegiatan kita sekarang lebih muda dilakukan dengan bantuan teknologi digital. Baik aktivitas kita di rumah sampai aktivitas kerja kita di kantor, semuanya sangat terbantu dengan adanya teknologi digital.salah satu aktivitas kerja kita di kantor yang terbantu adalah absen kehadiran di kantor. Dengan aplikasi absensi digital, lebih mudah kita lakukan tanpa harus antri dan gentian di mesin absen kantor kita.

Nah sebelumnya, apakah di tempat kerja Sobat Office ada yang masih menggunakan absensi secara manual konvensional? Kalau masih ada, pastinya banyak kendala yang  muncul, baik dari bagian Human Resource (HR) nya maupun dari karyawan itu sendiri. Bayangkan saja, pencatatan kehadiran dengan cara manual konvensional atau semi elektronik dengan jumlah karyawan yang sangat banyak, pastinya akan membutuhkan tenaga  lebih untuk memasukkan data kehadirannya, membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan dan mencatat data kehadiran karyawan. Selain itu absensi secara manual juga memunculkan resiko kesalahan atau human error karena dihitung secara manual, belum lagi masalah keamanan data absensi yang bisa dirubah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Seiring berkembangnya waktu dan perkembangan teknologi informasi digital yang cukup pesat, kini banyak bermunculan model dan sistem elektronik absensi (e-Absensi) berbasis online, baik berbasis web atau mobile application. Nah dengan hadirnya aplikasi e-Absensi secara online, pastinya banyak keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dan karyawan. Apa saja keuntungannya?

1. Meningkatkan DIsiplin Karyawan

Dengan menggunakan e-Absensi online, dapat merekam jejak kedatangan karyawan apakah tepat waktu atau tidak, perekaman data kedatangan ini bisa dilakukan lebih akurat, jadi karyawan harus datang sebelum jam masuk yang sudah di tentukan perusahaan agar tidak ada keterlambatan yang berakibat munculnya sanksi kepada yang terlamnbat datang.

2.Dapat Meminimalkan Kecurangan

Dengan menggunakan e-Absensi online yang sudah dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS) dan biometric yang bisa meminimalkan kecurangan, sistem e-Absensi dapat melakukan verifikasi posisi kehadiran karyawan pada suatu tempat yang dengan mudah terlacak melalui GPS. Sehingga karyawan tidak bisa melakukan manipulasi data dan lokasinya, karena data digital sudah terenkripsi dan disimpan dengan aman.

3.Real-time Data

Karena aplikasi e-Absensi online ini terkoneksi dengan internet, data dapat terpantau secara real-time, sehingga nbagian HRD dapat lebih mudah dalam memroses data karyawan dan merekap jam kerjanya, baik yang datang tepat waktu dan yang datang terlambat. Semuanya lebih mudah, karena data dan informasinya tersimpan secara terpusat.

4.Hemat Biaya

Dengan menggunakan teknologi e-Absensi online, secara umum tidak perlu membutuhkan perangkat fisik berupa mesin absensi atau dengan memasang suatu sistem aplikasi. Disini perusahaan mendapatkan keuntungan lebih hemat dalam hal anggaran, karena tidak perlu bersusah payah mengeluarkan biaya besar untuk membeli perangkat mesin absensi. Absensi karyawan bisa dilakukan langsung dengan smartphone nya masing-masing yang sudah ter-install e-Absensi online nya. Sehingga aplikasi ini mempunyai fleksibilitas yang tinggi dan sistem ini tentunya sangat memudahkan karyawan yang bekerja secara mobile karena mereka tidak perlu harus datang ke kantor untuk melakukan absensi, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, tentunya harus terkoneksi internet.

5.Memudahkan HRD Dalam Merekap Data

Dengan menggunakan teknologi e-Absensi online, pencatatan dan  rekapitulasi data lebih mudah dilakukan. Data absensi kehadiran, ketidakhadiran, dan keterlambatan otomatis tercatat tanpa perlu merekapnya secara manual. Dan e-Absensi online biasanya sudah data yang terintegrasi sehingga apapun perubahan data akan secara otomatis tercatat, sehingga membantu  bagian HRD bisa lebih efektif dan efisien

 

Uraian diatas hanya sebagian saja keuntungan yang akan diperoleh dengan menggunakan aplikasi e-Absensi online, pastinya masih banyak lagi keuntungannya kalau perusahaan/organisasi sudah mengimplementasikannya.

Pertanyaannya, adakah aplikasi e-Absensi yang handal, cepat dan akurat? Jelas ada dong.

Kini hadir integraOffice Absensi (iOA) yang dikembangkan oleh PT Integra Teknologi Solusi, sebagai solusi tepat bagi organisasi yang suka dengan kemudahan tanpa mengorbankan keamanan di tengah pandemi COVID-19 dan tren Work From Home saat ini

Dengan software berbasis cloud dalam memanajemen data absensi karyawan, integraOffice Absensi dapat melakukan tracking pegawai berdasarkan lokasi (GPS) dan face recognition, serta bisa mencatat jam kerja secara real-time juga memantau aktivitas kehadiran  karyawan dengan efektif dan efisien.

 

Bagaimana?  Tertarik ?

Lansung saja hubungi kami, untuk informasi selengkapnya

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp