Bincang-Bincang Seru Dibalik Kesuksesan Aplikasi integraOffice Cloud  

2020-06-23T14:05:23+00:00

integrasolusi.com- Salah satu layanan unggulan PT Integra Teknologi Solusi yaitu aplikasi integraOffice Cloud (iOC) yang sejak pertama kali di launching pada Februari 2020 lalu telah begitu banyak menuai respon positif dari banyak penggunanya, hal ini tidak terlepas dari kolaborasi hebat dari tenaga ahli profesional terpilih dari PT Integra Teknologi Solusi.

Aplikasi yang biasanya lebih dikenal dengan nama iOC ini dipimpin oleh seorang Developer muda bertalenta asal Surabaya yang bernama Mas Iwan Nugraha atau sering dsapa dengan Mas Russel, begitu sapaannya selaku Head of Web Developer yang di mana telah bergabung di keluarga PT Integra Teknologi Solusi, sejak Januari 2019 yang lalu. Dan dalam kesempatan wawancara kali ini, admin merasa beruntung karena admin juga berkesempatan langsung mewancarai semua personil yang turut serta mengembangkan aplikasi persuratan hebat bernama integraOffice Cloud ini. Nah bagaimana keseruan wawancaranya? Yuk langsung simak selengkapnya di bawah ini:

Boleh perkenalkan diri secara singkat, silahkan dimulai dari Mas Iwan?

Iwan: Halo, nama saya Iwan Nugraha Ivanto, biasa dipanggil Iwan dan latar belakang saya di sini sebagai Developer, yang hobinya juga suka bermain game pc, terlebih saat pandemi covid yang sekarang ini terjadi, yang mengaharuskan stay at home.

Chanif: Teman-teman biasa memanggil saya Chanif, saya lahir dan besar di Gresik dan latar belakang saya adalah seorang IT yang di mana lebih fokus di sub-programmernya. Di PT Integra sendiri, saya sudah bergabung kurang lebih di atas 1 tahun sebagai Front End Programmer.

Elista: Nama saya Elista Sandy, biasanya dipanggil El dan latar belakang saya dulu lebih ke coding, kemudian di akhir masa perkuliahan saya tertarik untuk mempelajari UI UX Design sehingga saya juga memutuskan untuk mempelajari bidang tersebut dan mengkombinasikannya di pekerjaan saya sekarang yaitu sebagai Head Production Team.

Andi: Kalau saya Andi Rayka, biasa dipanggil Andi. Dari bangku persekolahan dulu saya memang sudah mulai mempelajari bidang rekayasa perangkat lunak, sehingga akhirnya keterusan sampai sekarang dan telah menjadi profesi utama saya yaitu sebagai Lead Mobile App Developer di PT Integra.

Sudah berapa lama aktif di bidang Teknologi Informasi?

Iwan: Kurang lebih secara umum, sudah memasuki tahun ke-5 ini saya aktif menggeluti bidang ini.

Chanif: Mungkin sekitar 5 tahunan ini saya telah aktif berkecimpung di industri teknologi khususnya di bidang sub-progammer.

Elista: Hampir sama dengan mas Chanif,  sekitar 5 tahunan ini saya telah menekuni bidang ini

Andi: Kalau secara pembelajaran, saya telah aktif menekuni bidang IT sekitar 4 tahunan ini.

Apa alasan teman-teman tertarik untuk terjun ke bidang Teknologi?

Iwan: Singkatnya saya memilih bidang ini, karena saya suka bekerja di balik layar, selain itu kita tahu bahwa trend sekarang ini hampir segala sesuatunya berkaitan dengan IT, maka dari itu saya melihat ada banyak peluang yang bisa saya ambil dalam bidang ini.

Chanif: Berawal dari modal nekat, saya melihat sepertinya menyenangkan kalau saya bisa mendalami bidang Teknologi Informasi. Ditambah saya juga suka dengan logika sehingga itulah alasannya kenapa saya terjun ke dunia ini.

Elista: Sepertinya sudah saya singgung ya tadi, karena latar belakang saya juga seorang IT dan juga suka dengan UI UX, sehingga saya kombinasikan kedua kompetensi tersebut menjadi profesi yang sekarang ini saya minati yaitu sebagai Head Production Team di PT Integra.

Andi: Karena memang saya nyaman dengan pembelajarannya dan didalami dengan pembelajaran react native menjadikan alasan utama saya kenapa tertarik mendalami bidang teknologi.

Pertanyaan untuk Mas Iwan, kita tau sebagai seorang Developer/ Programmer kerjanya hampir selalu duduk di satu tempat, nah apa nih tips yang biasanya dilakukan supaya tetap fit di tengah kesibukan?

Iwan: Kalau sebelum wabah corona menyebar, saya rajin menjaga kesehatan dengan berolahraga di tempat gym, kemudian ketika wabah corona ini melanda negeri, mau ga mau ya workout from home. Mostly yang saya lakukan weight lifting.

Luar biasa. Nah berbicara tentang Developer kita tahu bahwa Mas Iwan tentu menguasai dasar-dasar logika ya. Pertanyaannya, ketika dilema dalam hal apapun, mana nih yang lebih diutamakan. Logika atau rasa?

Iwan: Simple aja, menurut saya logika, karena jika mengutamakan rasa, maka tetap tidak bisa menyelamatkan Anda dari sebuah kegalauan atau dilema yang ada hehe.

Mantul hehe. Nah pertanyaan kali ini buat tim, sebutkan 1 sifat antara satu dengan yang lainya yang menginspirasi kalian. Dimulai dari Mas Iwan ke Mas Chanif dan seterusnya.

Iwan: Buat Mas Chanif menurut saya orangnya koorperatif dan bertanggung jawab.

Chanif: Terima kasih. Kalau menurut saya sifat dari Mba El yang saya sukai adalah teratur (organized) dalam pekerjaannya.

Elista: Jadi tersipu saya hehe. Kalau untuk Mas Andi saya suka sekali dengan ketelitianya.

Andi: Terima kasih Mba El, satu sifat yang saya kagumi dari Mas Iwan adalah kerja kerasnya.

Wah, admin jadi terharu mendengarnya hehe. Ngomong-ngomong soal aplikasi, boleh dijelaskan secara singkat apa itu iOC?

Iwan: Oke terima kasih, mungkin buat teman-teman yang belum tahu apa itu iOC, singkatnya adalah aplikasi persuratan digital yang mampu membantu koordinasi dalam berbagai kegiatan surat menyurat agar lebih praktis, cepat, hemat biasa dan efisien dalam penggunaanya, yang dapat di akses kapapun dan di manapun selama 24 jam.

Adakah makna khusus dalam pembuatan logo iOC ini?

Elista: Mungkin akan saya wakilkan untuk menjawab. Tentu saja logo iOC ini mempunyai beberpa makna, yang di antaranya adalah unsur awan yang kita tahu identik dengan server penyimpanan (cloud). Kemudian icon surat, karena jelas aplikasi ini ditujukan untuk membantu kegiatan persuratan dan kalau dilihat ada sedikit corak pergerakan atau movement di icon suratnya, yang maksudnya persuratan iOC ini dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, dan unsur terakhir adalah pemilihan warna hijau yang kami kolerasikan dengan go-green, yang artinya dengan menggunakan aplikasi kami, maka teman-teman sekalian telah mendukung upaya pengurangan penggunaan kertas untuk bumi yang lebih hijau.

Wah luar biasa sekali maknanya. Kira2 apa nih yang membedakan aplikasi persuratan iOC dengan yang lain? Karena kita tahu dengan keadaan seperti sekarang ini, banyak sekali teknologi serupa yang ditawarkan di pasaran.

Andi: Saya akan coba membantu menjawab, hal yang bisa kami banggakan mungkin bisa dibilang hampir tidak ada di aplikasi yang serupa, yaitu fitur notifkasi WA, karena kita tahu aplikasi WA masih menjadi pionir dalam hal komunikasi khususnya di Indonesia. Seperti itu menurut saya. Sehingga tidak ada lagi informasi surat menyurat yang terlewat, berkat real notification dari WA.

Kemudian dalam proses pengembangan aplikasi, apa nih suka dukanya? Lebih banyak suka atau dukanya?

Iwan: Nah soal ini, menurut saya lebih banyak sukanya ya. Tapi sebelum membahas itu, duka yang terjadi di sini contohnya seperti adanya sebuah keputusan yang sifatnya mendadak atau tiba-tiba sehingga membutuhkan koordinasi ulang dan sebagainya. Sukanya karena dalam tahap ini bukanlah sebuah project yang di mana project itu identik dengan menyesuaikan kebutuhan klien, sedangkan jika masih dalam proses pengembangan produk, masih ada waktu untuk brain storming dsb.

Bagaimana kesan-kesan klien dalam memanfaatkan aplikasi iOC ini?

Iwan: Kalau tidak salah hampir 80 instansi sudah terdaftar baik itu dari Universitas, Perbankan maupun Perusahaan Swasta menyatakan hal yang serupa. Secara keseluruhan aplikasi iOC ini mampu menjawab tantangan dan kebutuhan mengenai persuratan digital di tempat mereka.

Apakah ada rencana untuk mengembangkan fitur diluar fitur yang sudah ada?

Iwan: Tentu ada, kami ingin mencoba men-develop konsep surat yang sepertinya juga banyak demand dari beberapa klien yang kami handle. Kapan? Masih rahasia, terus pantau akun media sosial kami atau bisa mengunjungi website kami di cloud.integrasolusi.com

Sebagai penutup saya ingin menanyakan kembali ke Mas Iwan, apa pesan yang ingin disampaikan untuk rekan-rekan seprofesi yang ada di luar sana?

Iwan: Pesan saya untuk Web Developer di luar sana, mungkin banyak di antara kalian merasa seperti kurang dihargai, dan menganggap performa kalian kurang baik, tetapi selalu lihatlah apapun yang kalian lakukan sebenarnya adalah sebuah portofolio untuk kalian sendiri. Jadi tetaplah berusaha untuk lakukan yang terbaik dan jangan pernah patah semangat.

 

Itulah keseruan bincang-bincang admin dengan  sosok-sosok inspiratif di balik kesuksesan aplikasi integraOffice Cloud Sobat Office. Kalau kamu penasaran sama aplikasinya

Yuk langsung hubungi kami atau melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Terima kasih sudah membaca dan semoga menginspirasi😊

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp