e-Absensi vs Absensi Manual, Lebih Prefer Manakah Disaat menuju #TheNewNormal ?

2020-06-22T20:14:15+00:00

integrasolusi.com Melakukan sebuah pelaporan kehadiran pegawai merupakan rutinitas yang wajib dilakukan oleh semua pegawai. Absensi tersebut dibutuhkan karena berpengaruh terhadap penilaian kinerja karyawan, pelaporan kehadiran karyawan ditinjau berdasarkan absensi kinerja yang digunakan sebagai bahan penilaian performa kinerja dan keperluan administrasi pegawai.

Seiringnya penggunaan absensi online digital ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemic COVID-19 menyesuaikan dengan protokol kesehatan diharapkan mengurangi penggunaan fasilitas publik di era menuju #TheNewNormal. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya aplikasi absensi digital online. Sebelum kita membahas lebih dalam tentang absensi online, kita akan jelaskan singkat terkait jenis absensi yang dibagi menjadi 2 yakni absensi digital (e-absensi) maupun absensi manual. Kedua jenis absensi tersebut banyak digunakan di perusaahaan nasional maupun internasional. Sebuah absensi dikatakan manual apabila sistem yang digunakan masih manual belum menggunakan teknologi elektronik sedangkan absensi digital atau yang dikenal dengan e-Absensi merupakan sebuah absen yang dikemas dengan teknologi IT terbaru dengan tingkat akurasi dan kemanan data lebih tinggi yang telah disesuaikan dengan era digitalisasi..

  1. Absensi Manual

Pengelolaan absensi ini lebih sering menggunakan sebuah catatan kertas atau catatan sederhana tentang rekapan kehadiran pegawai.  Pengeloalaan absensi manual dinilai cukup mudah dan lebih hemat pengeluaran biaya, tanpa harus membeli sebuah teknologi khusus untuk proses pencatatan kehadiran. Namun, kita coba amati seksama, penggunaan absensi manual jauh lebih membutuhkan anggaran kertas, tenaga SDM khusus, dan terkait ruang penyimpanan data tersendiri yang tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang jauh lebih besar.

  1. Absensi Digital

Hadirnya e-Absensi digital merupakan inovasi terbaru untuk menjawab permasalahan yang muncul  pada absensi manual. Dimulai dari pengeluaran anggaran biaya, harus menyediakan tenaga SDM khusus yang mengurus kehadiran pegawai, biaya pengadaan kertas dan biaya pengadaan ruang penyimpanan kertas dan lemari arsip tersebut. Belum lagi, kertas dokumen yang bisa hilang atau terselip akan timbul masalah baru. Selain itu, dengan adanya e-Absensi digital  ini, pegawai yang melakukan dinas perjalanan keluar tidak perlu bingung bagaimana cara mereka melakukan absensi. Mereka dapat dengan mudahbisa langsung melakukan absensi dengan smartphone mereka masing-masing. Terakhir, akurasi data e-Absensi online (e-Absensi)  mengurangi terjadinya kesalahan karena faktor human error dan mencegah kecurangan seperti titip absen sudah tidak bisa terjadi lagi.

Yang menarik,  keungulan e-Absensi ini telah dibekali oleh data terintegrasi secara otomatis dan  perekaman data secara real-time, sehingga organisasi/perusahaan dapat memantau data kehadiran kapan saja dan dimana saja hanya melalui smartphone.

Tidak menutup kemungkinan sobat office, eAbsensi merupakan solusi dalam memantau dan mengontrol jam kerja karyawan selama Work From Home tentunya, hal ini di dukung oleh integraOffice Absensi  (iOA) Aplikasi terpercaya yang sedang marak dibutuhkan selama Work From Home lho sobat office. Segera daftarkan perusahaan Anda dan nikmati kelengkapan fiturnya, tidak lupa hubungi lanjut dengan Corporate Partnership Officer Integra, kami hadir melayani dengan hangat untuk kebutuhan di perusahaan anda.

Nah Sobat Office, dari uraian di atas, pastinya banyak manfaat dan kemudahan yang didapatkan dengan menggunakan e-Absensi online

Ingin lebih detail informasinya, segera hubungi kami

Dan dapatkan penawaran menarik lainnya

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp