Perspektif Pegawai Integra Menyikapi Rencana Kebijakan #Menuju The New Normal Saat Ini

By | 2020-06-22T20:06:56+00:00 Juni 22nd, 2020|Categories: Inspiration|Tags: , , , , , |0 Comments

Perspektif Pegawai Integra menyikapi rencana kebijakan #Menuju The New Normal saat ini

Perubahan keadaan masyarakat karena pengaruh virus COVID-19 memberikan dampak yang sangat luas. adanya peningkatan jumlah kasus COVID-19 tiap harinya. Terlebih lagi WHO menjelaskan bahwa virus ini tidak bisa langsung hilang begitu saat dalam waktu dekat, masih banyak penelitian studi lanjut untuk mendapatkan vaksin yang berkualitas. Berdamai dengan COVID-19 merupakan langkah sederhana untuk mengatasi permasalahan perekonomian menurun. Namun memang sulit, meski kami melewaati rintangan ini bersama kasus COVID-19 ini memberikan dampak baru seperti meningkatknya jumlah korban PHK ataupun pegawai dirumahkan, kesenjangan sosial terlihat jelas, tak jarang menimbulkan sebuah problem baru lagi dalam keamanan seperti munculnya perampokan, kerusahaan, dan pencurian. Hal inilah yang membuat pemerintah berani melakukan melakukan kebijakan metode baru yang dikenal dengan nama New Normal.

 

Mari kita simak selengkapnya tanggapan pegawai integra menyikapi rencana kebijakan The New Normal di Integra.

Menurut anda bagaimana rasanya bekerja saat ini dari rumah atau work from home. Bisa diceritakan pengalamannya?

 

Achmad : Dari saya, bekerja dari rumah ini lumayan enak. Lebih agak nyantai tidak perlu ke kantor cukup dirumah saja. Tapi, ada tidak enaknya juga beban kerjanya lebih berat dan komunikasi tim membutuhkan tenaga ekstra dan harus lebih responsive menanggapi pesan-pesan.

Amanda : Bagi saya, bekerja saat WFH memiliki sisi positif dan negatifnya sendiri. Mengapa demikian? Positif nya sama-sama bisa menjaga kondisi Kesehatan masing-masing saat masih musim pandemic seperti ini. Negatifnya, lama-lama bosan juga bekerja di rumah berbulan-bulan bahkan lumayan susah mengkoordinir team. Selain itu, ada kendala lain koneksi internet yang terbatas dan tidak stabil

Fourent : hmmm. Menurut saya bekerja selama WFH ini enak bisa dekat dengan keluarga dan lebih hemat pengeluarannya. Di lain sisi, ada sisi tidak enaknya juga, koneksi internet kadang-kadang tidak stabil dan harus cepat respon menjawab pesan atau harus lebih aktif.

 

Hambatan dan hikmah baik yang diambil oleh salah satu karyawan Integra ini menghasilkan perpektif masing-masing. Namun hingga saat ini Integra belum menerapkan kembali bekerja dikantor secara bersama sampai waktu yang tidak ditentukan.

 

Jika ditanya, kepada ketiga rekan-rekan menurut anda lebih nyaman bekerja di kantor atau bekerja di rumah saat WFH  seperti ini?

Amanda : Menurut saya, selama masih pandemic ya lebih baik dirumah, untuk kebaikan bersama.

Fourent : Sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh  mbak Amanda memang bekerja dari rumah merupakan solusi yang tepat saat ini. Mengingat tidak semua orang memiliki sikap disiplin dan imunitas diri yang kuat hal ini cukup rawan jika orang tersebut harus bekerja di kantor dengan kondisi saat ini.

Achmad : Kalau dari saya, bekerja bekerja di kantor jauh lebih efektif karena kita bisa langsung berkomunikasi dengan tim, tidak terhalang oleh koneksi juga sebab tidak semua anggota tim memiliki sinyal yang kuat dan stabil. Kalau ditanya lebih enak bekerja dirumah atau di kantor. Tentunya saya akan memilih bekerja di kantor, karena koordinasi dengan tim lebih mudah, kita bisa melihat melihat responnya bagaimana dan enak bisa langsung diingatkan, tanpa ada pengaruhkan alasan koneksi internet.

 

Apakah pernah mendengar tentang sebuah kebijakan pemerintah baru tentang The New Normal. Bagaimana pendapat anda ?

Fourent : The New Normal sebuah kebijakan baru yang mengatur perubahan perilaku artinya masyarakat diajak hidup lebih bersih, sehat dan disiplin mematuhui protokol Kesehatan. Seperti jaga jarak, pakai masker, cuci tangan lebih sering. Pandangan ini berbeda dengan kondisi sebelum munculnya wabah COVID-19 kita dituntut untuk lebih aware terhadap diri sendiri.

Amanda:  Tnew normal sebenernya hal yang baru dan tentunya persepsi satu dengan yang lainnya berbeda-beda. The New Normal selama corana di Indonesia ini merubah semua aktifitas yang normal menjadi lebih serba baru. Kebiasaan baru, gaya hidup baru, bahkan pandangan atau persepsi orang itu juga baru. Karena ini adaptasi, tapi ketika semua situasi kembali normal seperti dahulu, menurut saya itu hanya adaptasi kembali ke suasana awal, meskipun akan banyak berubahan kebijakan atau perubahan2 ekonomi dan lainnya.

Achmad : Bagi saya, the new normal sebuah tatanan perilaku baru yang disesuaikan dengan aturan protokol Kesehatan. Sejalan dengan pendapat mbak Amanda dan mbak Fourent.

 

Seandainya jika Integra berencana akan menerapkan sistem new normal dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada, apa yang sebaiknya dilakukan ?

 

Amanda: Aturan harus dijalankan lebih ketat lagi, karena tidak semua orang bisa diatur. Mengingat karakter masing-masing individu itu berbeda-beda. Diberikan aturan ketegasan yang adil, bahkan harus ada punishment bagi karyawan yang melanggar. Semua itu dilakukan untuk kebaikan bersama.

Achmad : Kalau dari saya, seadainya the new normal jadi dilakukan diharapkan semua tim harus melakukannya sesuai aturan protokol yang berlaku. Mulai dari membersihkan tangan, cek suhu tubuh, dan jaga kebersihan masing-masing. Apabila ada yang melanggar diberikan teguran oleh PIC. Kalau tidak ada perubahan akan diberikan sangsi lain. Harapannya memiliki kesadaran diri masing-masing untuk menjaga diri sendiri.

Fourent : Sebagian besar sudah dijawab oleh mas Achmad dan Mbak Amanda, seadainya new normal itu tetap terjadi jangan lupa perhatikan protokol-protokol kesehatan yang berlaku. Sayangilah diri sendiri dengan cara mendisiplinkan diri minimal. Kalau ada yang melanggar diberikan sangsi yang tegas agar jera dan tidak diulangi lagi.

Menarik juga ya pendapat rekan-rekan semuanya. Ibaratkan sebuah mobil pengemudi, jika ingin sampai dengan selamat kita harus menyetirnya secara berhati-hati. Begitu dengan kondisi saat ini ya. Jika kita disiplin mentaati protokol kesehatan COVID-19 sudah pasti jumlah kasusnya makin lama makin turun.

Kira-kira ada pesan atau kesan kepada pegawai Integra apabila Integra akan menjalankan rencana kebijakan The New Normal.

Karena imun tubuh manusia itu berbeda-beda alangkah lebih baik kalau menjaga diri sendiri dahulu. Setidaknya “ sadar” untuk membersihkan dirinya dari yang utama ujar Amanda selaku Corporate Secretary Integra

Oleh sebab itu, Achmad sebagai Senior Crorporate Partnership Officer Integra menjelaskan dalam menjalankan kehidupan The New Normal masyarakat harus bisa meninggalkan kebiasaan lama yang jauh dari protokol kesehatan dan merubah perilaku sesuai protokol yang terbaru. Tidak ada alasan apapun, mereka harus mematuhi aturan yang berlaku.

Menambahkan masukkan dari mbak Amanda dan Mas Achmad, bahwa perubahan perilaku bukanlah tanggung jawab semua orang tetapi tanggung jawab masing-masing individu. Jangan hanya karena paksaan atau ancaman orang tapi kita harus mulai dari diri sendiri karena yang tahu imun daya tahan tubuh hanya kita tidak orang lain ujar Fourent selaku HRD Integra

Tetap semangat sobat office, badai pasti berlalu kami masih berjuang, dan diluar pun masih banyak orang berjuang. Ada atau tidak ada kehidupan baru, namun tetap protokol kesehatan digalakan dan dari sendiri juga diharapkan adanya kesadaran masing-masing untuk kebaikan bersama.

Sehat Selalu Sobat Office !

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp