Perlukah Transformasi Manual Ke Digital Bagi Organisasi ?

2020-06-25T22:03:59+00:00

integrasolusi.com Seperti yang kita ketahui, di era perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju seperti saat ini, sudah menjadi tuntutan bahwa segala bentuk penyampaian dan penyajian informasi dilakukan secara digital. Fenomena ini sudah masuk dalam kehidupan sehari-hari, bahkan juga bagi aktivitas  perusahaan sudah menjadi sebuah tuntutan untuk dilakukan. Digitalisasi adalah proses dimana organisasi bergerak dari proses manual ke proses digital. Pada proses ini, bisa dibilang penggunaan kertas sudah hampir tidak ada, atau istilah ini sering disebut paperless.

Beberapa aktivitas perusahaan yang perlu segera didigitialisasi, misalnya proses penyampaian informasi, pelayanan kepada pelanggan, pengarsipan dokumen, dan penyimpanan database, dan masih banyak lagi. Secara umum setidaknya kami telah merangkumkan kepada Sobat Office beberapa alasan mengapa sebuah organisasi perlu mentransformasikan proses bisnisnya menuju digital.

  1. Mempercepat Proses Kerja

Penyampaian informasi akan lebih cepat dengan sistem digital. Kumpulan linformasi dapat dicari dengan mudah dan cepat. Laporan yang memerlukan lampiran hanya perlu menyalin dari yang tersedia. Bahkan dengan menggunakan smartphone Anda dapat mengirimkan maupun melihat informasi secara realtime baik dengan aplikasi android maupun website. informasi yang dicari juga tidak khawatir hilang atau cacat sehingga membuat dokumen menjadi lebih nyaman dan mudah.

  1. Efisiensi Penyimpanan

Laporan yang telah digitalisasi tentunya hanya akan membutuhkan sangat sedikit space dibanding dengan laporan fisik yang masih menggunakan kertas. Laporan yang berbentuk digital dapat disimpan dalam hard drive dimana 1 hard drive dapat memuat ribuan atau bahkan ratusan ribu dokumen. Selain itu dokumen yang disimpan dalam bentuk digital lebih mudah dan lebih cepat dicari apabila dikelola dengan baik dan benar.

  1. Mengoptimalkan Kinerja Organisasi

Sistem administrasi yang dikerjakan oleh beberapa orang tentunya memerlukan koordinasi dalam bekerja. Apabila salah satu miss-comuniation maka pekerjaan bisa jadi berantakan. Terkadang ada juga suatu pekerjaan yang harus dikerjakan secara bersamaan, seperti dalam membuat laporan yang harus dikerjakan lebih dari empat orang. Dengan sistem laporan digital, semua anggota dapat melakukan pekerjaannya masing-masing dan dapat mengintegrasikan pekerjaan antara anggota satu dengan anggota yang lain dengan mudah tanpa harus tatap muka sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien dan optimal.

  1. Meningkatkan Kualitas Layanan

Kinerja yang optimal serta pengerjaan yang cepat, pelayanan yang diberikan pun akan meningkat pula. Kepengurusan dalam pembuatan laporan menjadi lebih mudah tanpa harus mengeluarkan cost yang besar. Kebutuhan masyarakat dalam hal laporan administrasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Tentu masih banyak lagi manfaat serta alasan lainnya mengapa organisasi perlu bertransformasi ke digital. Disini PT IntegraTeknologi sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Teknologi dan Informasi senantiasa mensupport penuh organisasi Anda yang ingin mengoptimalkan penggunaan teknologi. Pengalaman dan kompetensi yang kami miliki membuat kami yakin bahwa kami bisa membantu Anda.

 Segera Kontak kami

untuk berdiskusi dan melihat berbagai macam layanan kami, dan bersiaplah dengan penawaran terbaik yang akan kami berikan.

Semoga bermanfaat

 

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp