Membangun Jiwa “We Rise Together” Karyawan Integra Teknologi Solusi

2020-07-02T11:50:47+00:00

integrateknologisolusi.com – Hai Sobat Office! Salah satu syarat keberhasilan sebuah organiasi adalah adanya kerjasama antar anggpta tim. Definisi kerjasama secara harfiah merupakan sebuah tugas yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerjasama menjadikan sebuah kebutuhan untuk meningkatkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerjasama akan berhasil apabila adanya komunikasi dua arah baik pimpinan maupun antar anggota yang berjalan baik dengan berlandasan kesadaran dan tanggung jawab tiap-tiap anggota. Dibalik keberhasilan sebuah kerjasama antar anggota tim, tidak lepas dari campur tangan seorang pimpinan yang membentuk tim tersebut menjadi optimal. Jika pemimpin tidak dapat membangun kerjasama tim yang baik, otomatis akan menghambat dalam mencapai tujuan ataupun menghasilkan kinerja yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Pemimpin tim yang efektif tidak hanya bicara saja tetapi mereka juga menunjukkan kebenaran, mendorong , mempengaruhi, membimbing dan memberi inspirasi setiap langkahnya dengan cara-cara positif didalam organisasi.

Learning environment yang baik akan berdampak pada peningkatan kemampuan tim dalam organisasi. Berawal dari rapat tahunan di Taman Dayu, muncul sebuah yel-yel sederhana yang memotivasi tim yakni “We Rise Together” . Latar belakang munculnya kalimat itu dari pegawai integra, Rizky Kurniawan. Kata-kata we rise together memiliki makna ayo kita bangkit secara bersama-sama. Kalimat sederhana memiliki makna yang luar biasa, setiap orang dituntut untuk melakukan perubahan dan saling bahu-membahu mencapai keberhasilan bersama. Mengibaratkan sebuah kapal adalah organisasi, untuk bisa melabuhkan kapal hingga dermaga membutuhkan sebuah usaha yang cukup besar dalam mendayungnya. Tidak akan bisa sebuah kapal berlayar seorang diri tanpa ada pendorong kapal tersebut dibelakangnya. Lantas bagaimana cara yang dilakukan oleh anggota tim untuk bisa membangun jiwa “ We Rise Together”  dalam sebuah SuperTeam. Mari kita simak bersama strategi nya:

  1. Buat To Achieve List Jangka Panjang

Bila kita membahas  strategi untuk menciptakan SuperTeam langkah awal yang harus dilakukan membuat target team Anda mencapai apa yang diharapkan bersama. Target ini dilakukan saat rapat tahunan Integra di taman dayu, membuat target-target prestasi apa yang ingin dicapai dalam waktu jangka panjang.

  1. Rencanakan target dengan To Do List with 3W.

Apa yang membedakan To Do List dengan To Achieve List sebetulnya sangat sederhana.  To Do List lebih menekankan kepada action-action plan yang harus dilakan oleh anggota di dalam tim dilengkapi dengan deadline waktu yang jelas untuk menyelesaikan dalam waktu jangka pendek. Tujuannya untuk mempermudah focus dalam tim dengan menerapkan 3 W. Dimulai dari (What), apa yang harus dilakukan. Kedua,(Who) siapa yang harus melakukan, dan ketiga, (When) kapan akan selesai tugas tersebut diselesaikan. Pastikan semua target terjawab dan terdeadline.

  1. Membangun Kepercayaan dan saling menghormati

Setelah mendesign tugas tesebut secara jelas. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyatukan anggota didalamnya. Anggota dalam tim memiliki karakter yang berbeda-beda. Alih-alih ingin pendapatnya dihormati tapi mengabaikan perasaan orang lain maka kita harus bisa menghormati pendapat dan pemikiran masing-masing dalam tim. Sikap saling percaya dan menghormati membantu membentuk SuperTeam hebat. Tanamkan mental dari diri sendiri, menghargai orang lain agar kita dihargai juga atau perlakukan orang lain baik, maka kalian akan diperlakukan dengan baik orang tersebut.

  1. Pimpinan fasilitasi komunikasi antar anggota tim.

Komunikasi terbuka dan jujur terkait kendala atau masalah yang dihadapi membantu meminimalisir kesalahpahaman yang akan terjadi. Setiap orang orang berhak mengekspresikan dan memberikan opini yang sedang dihadapi oleh tim. Menyampaikan argument demi meningkatkan kualitas tidaklah salah. Hal yang dilakukan integra saat ini, PIC mengakomodasi pendapat-pendapat anggotanya. Memberikan telinga mereka untuk mau menerima kritik dan masukkan.

  1. Menilai dan melakukan umpan balik.

Seorang pemimpin juga perlu memberikan umpan balik kepada anggotanya dengan cara memberikan apresiasi sederhana contoh dengan menggunakan pujian untuk meningkatkan motivasi pegawai didalamnya. Seperti akhir-akhir ini, jajaran C level integra turun tangan langsung menilai kinerja karyawannya dan memberikan umpan balik atas kinerja yang dilakukan. Feedback dua arah ini dinilai penting untuk bisa meningkatkan rasa saling memiliki (Sense of belonging) perasaan ingin dihargai keberadaannya dan meningkatkan motivasi atas penghargaan yang dimilikinya.

Sesuai ulasan di atas, dalam membangun sebuah Super Team yang solid harus didasari dari poin-poin di atas, dan tentunya masing-masing pribadi yang ada dalam tim di organisasi, harus benar-benar mempunyai engagement dan awareness terhadap tujuan yang akan dicapai, kedepannya mau di bawa kemana organisasi ini, apakah sesuai dengan tujuan dan visi misi organisasi atau tidak? Maka dari itu, harus benar-benar tertanam di masing-masing pribadi dalam tim untuk mencapainya secara bersama-sama.

 

Integra Team !!!

“We Rise Together”

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp