Urgensi Memiliki Manajemen Resiko yang Baik Bagi Organisasi

2020-07-03T16:27:31+00:00

integrasolusi.com–  Dalam sebuah dunia pekerjaan, sudah bisa kita pastikan tidak akan pernah lepas dari yang namanya risiko. Risiko sendiri pasti akan dimiliki oleh setiap organisasi/perusahaan yang sedang beroperasi. Untuk dapat meminimalisir risiko yang akan timbul, maka perusahaan dituntut harus mampu mengatur sehingga tidak akan menganggu proses bisnis organisasi/perusahaan. Kegiatan tersebut lebih dikenal dengan sebutan manajemen risiko. Manajemen risiko (risk management) dapat dikatakan suatu proses identifikasi, analisis, penilaian, pengendalian, dan upaya menghindari, meminimalisir, atau bahkan menghapus risiko yang tidak dapat diterima. Sedangkan di dalam perusahaan, dapat didefinisikan sebagai suatu proses perencanaan, pengaturan, pemimpinan, dan pengontrolan aktivitas sebuah organisasi untuk meminimalisir risiko pendapatan perusahaan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, bisa dikatakan bahwa manajemen risiko dapat digunakan untuk meminimalisir dampak buruk yang timbul dari proses kerja di perusahaan. Nah, pada artikel ini akan kami bahas tentang beberapa alasan penting mengapa sebuah organisasi perlu menerapkan Manajeman Resiko,yaitu sebagai berikut :

  1. Melindungi Perusahaan

Tujuannya yang pertama adalah untuk melindungi perusahaan. Sesuai dengan definisinya, poin ini merupakan tujuan utama dari manajemen risiko. Yakni dengan memberikan perlindungan terhadap perusahaan dari tingkat risiko signifikan yang bisa menghambat proses pencapaian tujuan perusahaan.

  1. Membantu Pembuatan Kerangka Kerja

Membantu dalam proses pembuatan kerangka kerja merupakan tujuan kedua dari risk management ini. Dengan membantu pembuatan kerangka kerja, manajemen risiko yang konsisten atas risiko yang ada pada proses bisnis akan membantu menyelaraskan fungsi-fungsi di dalam sebuah perusahaan.

  1. Mendorong Manajeman Agar Proaktif

Selanjutnya adalah untuk mendorong manajemen menjadi lebih proaktif. Maksudnya, dengan mendorong manajemen agar bertindak proaktif dalam mengurangi potensi risiko, akan menjadikan manajemen risiko sebagai salah satu sumber keunggulan bersaing dalam kinerja perusahaan.

  1. Menigkatkan Kinerja Perusahaan

Membantu meningkatkan kinerja perusahaan juga menjadi salah satu tujuan dari manajemen risiko. Langkah nyatanya adalah dengan menyediakan informasi tingkat risiko yang disebutkan dalam peta risiko (risk map). Hal ini juga berguna dalam pengembangan strategi dan perbaikan proses risk management secara berkesinambungan.

Tentu masih banyak alasan – alasan lain mengapa sebuah organisasi perlu segera menerapkan Manajeman Resiko. Dalam prakteknya tentu penerapan manajeman resiko bisa dibilang sangat kompleks karena meliputi semua dari proses bisnis perusahaan, sehingga PT Integra Teknologi Solusi memberikan solusi yaitu sebuah Aplikasi Manajeman Risiko yang dapat memudahkan koordinasi dan penerapan manajeman risiko di organisasi Anda.

Untuk lebih detailnya penjelasan mengenai Aplikasi Manajeman Risiko akan kami bahas pada artikel berikutnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : https://www.jojonomic.com/blog/manajemen-risiko/
×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp