New Normal : Digitalisasi Absensi Dengan Absensi Online

2020-07-09T19:59:43+00:00

integrasolusi.com  Saat ini terjadi perubahan secara besar-besaran pada semua aspek kehidupan kita, akibat adanya pandemic COVID-19 yang meluas secara signifikan. Perubahan secara drastis tidak hanya pada lingkungan sekitar kita, tetapi juga pada semua aspek, baik sektor Pendidikan, usaha, pemerintahan, perusahaan (negeri/swasta), semuanya juga terkena dampak yang hebat dari pandemic COVID-19 ini. Meski begitu, kita tidak boleh berlarut-larut dalam  kesedihan dan keputusasaan dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini, kita harus bangkit dan berusaha sekuat tenaga untuk tetap bisa bertahan dalam kondisi ini.  Seperti halnya beberapa organisasi/perusahaan yang harus bangkit agar tetap bisa meningkatkan kinerjanya dan tetap produktif di masa pandemi ini, mereka harus berpikir untuk mencari cara agar bisa tetap produktif dengan berbagai macam pembatasan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti Social Distancing, Physical Distancing, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang semuanya untuk menekan jumlah penyebaran COVID-19,  dan yang terbaru adalah kebijakan menyambut dan beradaptasi dengan keadaan normal baru (New Normal).

Untuk menyambut dan beradaptasi dengan era New Normal ini, organisasi/perusahaan dituntut untuk bisa tetap produktif, salah satunya adalah dengan memanajemen para karyawan, terutama dalam hal kehadiran dan tingkat produktivitas selama bekerja, terlebih organisasi/perusahaan yang menerapkan sistem Work From Home (WFH) bagi sebagian karyawannya. Yang jadi permasalahan adalah organisasi/perusahaan yang mempunyai karyawan di atas 20 orang lebih, bagaimana cara memantaunya dan bagaimana cara absensinya? Nah itu juga akan muncul bagi organisasi/perusahaan yang menerapkan kerja di tempat kerja (Work From Office), bagaimana mereka harus absen secara tepat waktu tanpa harus menyentuh/menggunakan mesin absen, bagaimana mengnindari/mengurangi antrian absen pada jam masuk dan pulang kerja?

Menyikapi pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam kebijakan New Normal ini, tentunya masa sekarang ini tidak akan sulit untuk menemukan solusi yang tepat terkait masalah pengelolaan absensi karyawannya, Mengapa? Karena kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini, pastinya dapat bermanfaat untuk mempermudah dalam  hal absensi karyawan beserta pengelolaannya. Yaitu dengan melakukan digitalisasi sistem absensinya, yang dulunya menggunakan sistem manual konvensional atau menggunakan mesin absen, harusnya sekarang sudah beralih ke sistem berbasis digital online  dalam mengelola absensi karyawannya.

Dengan menggunakan sistem absensi online, tentunya akan memberikan banyak kemudahan bagi perusahaan dakam mengelola dan merekap absen karyawan, sebagai salah satu ukuran produktivitas dalam proses bisnis perusahaan serta dalam penggajian dan lembur karyawan. Dengan menggunakan absensi digital online, kita juga ikut mengimplementasikan kebijakan pemerintah terkait protokol kesehatan, menjaga jarak dan tidak saling bersentuhan. Karena dengan absensi digital online, semuanya dilakukan secara mandiri dan online dengan menggunakan smartphone masing-masing pengguna, sehingga tidak akan terjadi lagi kerumunan karena harus antri dalam hal absen masuk dan pulang kerja.

Dengan sistem absensi berbasis digital online melalui mobile application yang sudah terinstall di smartphone karyawan, pihak manajemen perusahaan akan lebih mudah memantau setiap karyawannya secaara real-time , terlebih lagi aplikasi absensi yang berbasis digital online mobile application, sudah dilengkapi fitur GPS dan face recognition, yang dapat mengurangi kecurangan dalam hal absensi, manajemen perusahaan dapat memantau lokasi secara tepat dan cepat karyawannya saat melakukan absen, dan dapat melihat apakah karyawan yang bersangkutan sendiri yang melakukan absensi. Dan yang pasti menggunakan sistem absensi digital online ini, perusahaan akan siap dalam menghadapi dan beradaptasi dengan era New Normal.

Sudahkan perusahaan tempat Anda bekerja menerapkan absensi berbasis digital online? Kalaupun sudah atau belum menerapkannya, PT Integra Teknologi Solusi sebagai salah perusahaan IT yang solutif dan inovatif akan mensupport sepenuhnya proses digitalisasi di organisasi/perusahaan Anda, dengan berbagai layanan dan produk IT yang sudah teruji kehandalannya. Salah satunya adalah integraOffice Absensi (iOA) yang membantu memberikan solusi dan kemudahan dalam hal absensi karyawan serta pengelolaannya dengan mudah, cepat dan akurat dan yang pasti aman, absensi dapat dilakukan kapan saja dimana saja, dengan  berbagai macam manfaat  yang dapat diperoleh dengan mnggunakan integraOffice Absensi (iOA), salah satunya adalah sudah dilengkapi GPS dan Face Recognition serta dengan aplikasi iOA ini pastinya hemat anggaran.

Tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk berdiskusi atau mendapatkan informasi detailnya.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp