TIPS : Begini Cara Membangun Keamanan Informasi Pada Perusahaan

2020-07-15T16:59:19+00:00

integrasolusi.com Di era perkembangan dan kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, kemudahan untuk mendapatkan berbagai informasi telah banyak dirasakan oleh sebagaian besar masyarakat. Oleh karena itu, informasi merupakan aset yang sangat berharga baik bagi perseorangan, pemerintah maupun swasta. Informasi memiliki nilai dan harus dilindungi, sehingga menjadi penting bagi individu untuk melakukan perlindungan terhadap informasi. Informasi sangat berharga karena jika suatu informasi tersebut berada di tangan pihak yang tidak bertanggungjawab bisa disalahgunakan. Sebagai contoh, jika data suatu perusahaan bisa diambil oleh pesaing bisnis bisa digunakan sebagai alat untuk menjatuhkan perusahaan tersebut. Namun sampai saat ini organisasi atau perusahaan belum sepenuhnya menyadari pentingnya keamanan informasi, karena masih banyak yang menganggap informasi bukan bagian dari aset.

Kita tahu bahwa setiap perusahaan atau organisasi tentu memiliki informasi yang sensitif atau rahasia, sehingga perlu bagi perusahaan untuk melakukan tindakan-tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan informasi, pada kesempatan artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda, tentang beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun keamanan informasi pada perusahaan Anda, antara lain :

  1. Membuat Kebijakan Untuk Menangani Segala Macam Informasi

Jika sebuah organisasi tidak mampu untuk membedakan secara benar antara informasi yang bersifat sensitif dan non-sensitif maka  hal ini akan menyulitkan untuk mengamankan data perusahaan yang bersifat penting. Maka perlu adanya kebijakan data agar mampu menguraikan jenis data yang dianggap sensitif, dan mampu menentukan proses yang ketat untuk mengidentifikasi, menangani dan mengamankan berbagai jenis data.

  1. Menggunakan Enkripsi Untuk Mentransfer Data

Banyak organisasi telah memahami pentingnya menerapkan langkah-langkah keamanan untuk melindungi sistem informasi dan mengamankan data dalam jaringan perusahaan dari akses yang tidak sah. Data sensitif selalu diakses dan berinteraksi dengan dengan segala macam orang dan aplikasi, sebab itu untuk melindungi informasi ketika diakses melalui sistem mengharuskan organisasi untuk mengenkripsi data yang berguna untuk melindungi informasi itu sendiri serta mengamankannya.

  1. Memilih Software yang Aman Untuk Organisasi

Tentukanlah perangkat lunak yang direkomendasikan oleh ahli sistem keamanan informasi untuk standar keamanan yang digunakan. Perangkat lunak yang Anda gunakan mungkin tidak mengikuti prosedur keamanan yang handal dan dapat menyebabkan meningkatnya kemungkinan Hacker mengakses informasi sensitif.

  1. Meningkatkan Keamanan Password

Penggunaan password atau kata sandi yang lemah merupakan masalah yang sangat umum dan merupakan salah satu keamanan yang secara signifikan dapat ditingkatkan dengan pelatihan dan pengenalan berbagai aplikasi manajemen password. Kebanyakan pencurian data sensitif disebabkan oleh segelintir kesalahan keamanan informasi dasar.

 

  1. Menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi

Sistem Manajemen Keamanan Informasi atau ISO / IEC 27001 merupakan sebuah metode khusus yang terstruktur tentang pengamanan informasi yang diakui secara internasional. ISO / IEC 27001 merupakan dokumen sistem manajemen keamanan informasi yang memberikan gambaran secara umum mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan maupun organisasi dalam usaha mereka untuk mengevaluasi, mengimplementasikan dan memelihara keamanan informasi yang dimiliki berdasarkan ”best practice” dalam pengamanan informasi.

 

Dengan melakukan beberapa cara tersebut maka sumber daya informasi terjamin dan terlindungi dari ancaman pihak-pihak yang tidak berwenang yang akan memanfaatkan data dan informasi untuk kepentingan yang merugikan organisasi atau perusahaan. PT Integra Teknologi sebagai perusahaan konsultan dibidang teknologi dan informasi siap membantu dan mendampingi organisasi Anda untuk mewujudkan keamanan informasi.

 

Yuk segera kontak kami untuk berkonsultasi dan berdiskusi lebih lanjut !!

 

 

Sumber :
https://bpptik.kominfo.go.id/2014/03/24/404/keamanan-informasi/
https://isokonsultindo.com/cara-mengamankan-informasi-perusahaan.php
 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp