Penting : Solusi Praktis Kelola Kehadiran Karyawan Saat New Normal

2020-07-28T21:42:41+00:00

integrasolusi.com – Saat ini seperti yang kita ketahui bersama, sedang terjadi pandemi COVID-19 yang begitu cepat penyebarannya, tentunya hal tersebut akan sangat berpengaruh pada segala aktivitas kita, karena kita harus selalu waspada dan menjaga kesehatan kita dengan mematuhi kebijakan protocol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dengan adanya pandemi COVID-19 dan diberlakukannya kebijakan pemerintah seperti penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), social distancing maupun kebijakan bekerja dari rumah (WFH), pasti akan mempengaruhi segala bentuk aktivitas kita terutama yang melibatkan banyak orang, seperti aktivitas kerja atau perkantoran di suatu organisasi/perusahaan. Dimana sebelum terjadinya pandemi COVID-19, kita sebagai karyawan/bagian dari aktivitas organsasi/perusahaan dituntut mempunyai displin waktu yang tinggi dalam aktivitas kerja kita, seperti disiplin dalam hal kehadiran atau absensi. Karena dengan disiplin waktu dalam hal kehadiran/absensi, akan berpengaruh pada jalannya aktivitas dan proses bisnis perusahaan, selain itu absensi juga sebagai salah satu faktor penilaian kinerja kita dan pengukur sistem penggajian serta lembur karyawan.

Namun apa jadinya saat terjadi pandemi seperti sekarang ini, terlebih lagi akan berapa lama pandemi ini berakhir, dan kedepannya dalam menyambut era New Normal yang mengharuskan organisasi/perusahaan harus melakukan kebijakan protokol kesehatan yang ketat,  sistem kerja shifting dan work from home (WFH)? Pastinya pihak HR perusahaan akan berusaha mencari solusi yang mudah dan praktis dalam mengelola data absensi karyawannya, agar tetap terkontrol dan terpusat untuk menunjang aktivitas perusahaan dan sistem penggajian karyawannya.

Seperti yang kita tahu, sebelum adanya pandemi COVID-19, sebagian besar organisasi/perusahaan menggunakan absensi dengan mesin, seperi fingerprint, atau bahkan menggunakan kartu absen  manual. Namun saat pandemi dan era New Normal, cara absensi tersebut sudah tidak relevan lagi, karena perusahaan tentunya mengeluarkan kebijakan kerja dari rumah (WFH), sedangkan pihak HRD tidak mempunyai data yang akurat dalam pengelolaan absen karyawan yang nantinya akan mempengaruhi sistem penggajiannya. Belum lagi bagi yang menerapkan sistem kerja shifting, absensi dengan mesin fingerprint tentunya sangat tidak mungkin dan hal yang harus dihindari dalam situasi sekarang ini, sesuai dengan anjuran pemerintah dan sesuai protokol kesehatan yang berlaku untuk tidak menggunakan alat sentuh yang dipakai secara bersama-sama.

Saat pandemi dan era menghadapi era New Normal, sebenarnya ada beberapa solusi yang dipakai untuk absen karyawannya, mulai dari absensi dengan apikasi WhatsApp, aplikasi foto selfie sampai dengan aplikasi berdasarkan GPS. Namun cara tersebut dirasa tidak akurat dan sering disalahgunakan, belum lagi pihak HRD harus merekapnya secaara manual agar bisa dinilai kinerja dan penggajiannya.

Dari beberapa permasalahan yang muncul, sebenarnya sangat mudah menemukan sistem absensi yang sesuai, apalagi di era perkembangan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat saat ini, yaitu dengan menggunakan absensi digital online yang berbasis web dan mobile application. Aplikasi absensi online ini menjadi solusi mudah dan praktis bagi pihak HRD dalam mengelola absensi karyawan sekaligus untuk menilai kinerja karyawan dan sistem penggajiannya.

Disini PT Integra Teknologi Solusi sebagai perusahaan IT yang berpengalaman dalam memberikan solusi inovatif bagi beberapa kementrian dan BUMN tentang kebutuhan dibidang IT, menghadirkan absensi online yaitu integraOffice Absensi (iOA). Aplikasi iOA ini hadir untuk membantu dan memudahkan karyawan dalam prsoses absensinya, apalagi saat pandemi seperti sekaran ini.

Aplikasi absensi online iOA ini, sudah dikembangkan dengan dua versi, yaitu web dan  mobile application. Untuk iOA versi mobile  sudah dibekali dengan fitur-fitur unggulan yang akurat,  antara lain:  GPS dan face recognition, fitur GPS sendiri untuk mendeteksi lokasi absensi karyawan, sedangkan face recognition digunakan pihak HRD untuk melakukan verifikasi wajah karyawan yang melakukan absen, apakah benar karyawan yang bersangkutan atau bukan. Selain itu, absensi online iOA versi mobile, juga dilengkapi dengan fitur notifikasi WhatsApp dan fitur ganti status aktivitas yang memudahkan informasi absensi yang akurat ke pihak HRD dan manajemen seperti PIC ataupun atasan dari karyawan tersebut.

Dengan adanya absensi online sebagai solusi praktis mengelola kehadiran karyawan disaat pandemi dan dalam menyambut era New Normal, seperti uraian di atas. Absensi online iOA merupakan solusi yang tepat dan jawaban  bagi organsasi/perusahaan yang suka dengan kemudahan tanpa harus mengambil resiko kesehatan bagi karyawannya di situasi seperti sekarang ini.

Dengan menggunakan absensi online iOA, perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan terutama dalam hal pencatatan dan pengelolaan kehadiran karyawan. karena proses absensi karyawan menjadi lebih cepat, efektif dan efisien, serta lebih mudah dalam memantau aktivitas kerja karyawan.

 

Tertarik Ingin lebih detail tentang informasi  integraOffice Absensi?

Silakan klik disini

 

Terima kasih dan semoga bermanfaat

 

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp