Pentingnya Audit Teknologi Informasi Bagi Universitas

2020-08-07T15:26:29+00:00

integrasolusi.com – Era digital seperti sekarang ini, tentunya memunculkan dampak bagi berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidika, baik itu pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Salah satunya dengan penggunaan berbagai macam aplikasi dan kebutuhan IT yang dapat membantu dan mendukung aktivitas kerja di lingkungan Pendidikan, dalam hal ini yang paling banyak memanfaatkan teknologi informasi adalah aktivitas di perguruan tinggi atau universitas. Karena seperti yang kita ketahui bersama, dalam aktivitasnya, universitas banyak memanfaatkan berbagai aplikasi pendukung mulai dari Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), aplkasi akademik (SIAKAD), pelaporan ke DIKTI, bahkan sampai penggunaan aplikasi keuangan, baik untuk manajemen universitas sendiri atau untuj mahasiswanya. Dengan penggunaan berbagai macam aplikasi dan teknologi informasi lainnya , tentunya akan memunculkan berbagai macam resiko dalam pengembangan dan kredibilitas universitas itu sendiri.

Untuk itu peran kontrol dan identifikasi tentang teknologi informasi yang digunakan, sangat penting dan harus dilakukan, apalagi di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini. Untuk mengurangi berbagai resiko yang muncul dalam pemanfaatan teknologi informasi yang ada, yaitu dengan melakukan Audit Teknologi Informasi (Audit IT). Audit teknologi informasi (information technology (IT) audit) adalah sebuah bentuk pengawasan dan pengendalian dari aset-aset teknologi informasi yang ada secara menyeluruh. Audit Teknologi Informasi (Audit IT) ini dimaksudkan untuk memperbaiki apabila ditemukan kesalahan atau ketidaksesuain teknologi yang digunakan, apakah sudah sesuai dengan fungsi dan tujuan dari aplikasi itu digunakan oleh universitas.

Secara umum Audit TI terdiri dari 5 spektrum, yaitu antara lain :

  • Sistem dan informasi, ini bertujuan untuk melakukan verifikasi sistem dan aplikasi apakah sudah tepat atau belum, untuk memastikan data sudah valid, aman dan terpercaya Ketika diinput dan menjadi oitput, biasanya ini dilakukan untuk membantu dalam audit TI sistem keuangan.
  • Informasi dan fasilitas pengolahan, ini ditujukan untuk melakukan verifikasi fasilitas pengolahan guna memastikan bahwa pengolahan datanya sudah tepat dan cepat dalam kondisi normal maupun kondisi yang overload.
  • Pengembangan sistem, ini dilakukan untuk melakukan verifikasi bahwa sistem dalam kondisi sedang dikembangkan untuk memenuhi tujuan dari universitas yang bersangkutan.
  • Manajemen TI dan Enterprise Architecture, ini masih berhubungan dengan poin 3, yaitu untuk memverfikasi sistem yang telah dikembangkan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan dalam kendali yang tepat serta efektif dan efisien, terutama untuk mengolah informasi aktivitas yang ada di universitas.
  • Client / Server, telekomunikasi, tntranet, dan ekstranet, ini ditujukan untuk memverifikasi telekomunikasi yang ada antara pengguna (universitas) dan server-server yang sedang digunakan terhubung dengan baik atau tidak, dan apakah berfungsi atau tidak, dll.

 

Dengan adanya implementasi Audit TI di lingkup universitas, tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi organisasi, antara lain :

  • Institusi dapat mengetahui dengan mudah, apakah sistem yang telah dibangun dan di gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan atau memenuhi kriteria yang telah ditentukan
  • Institusi dapat mengetahui apakah outcome yang dihasilkan sesuai dengan harapan manajemen atau belum
  • Institusi mendapatkan masukan-masukan dari tim Audit TI dari resiko-resiko yang masih ada dan solusi untuk meminimalkannya
  • Hasil dari Audit TI dapat dijadikan bahan dalam perencanaan strategis dan perencanaan anggaran di masa mendatang. Dan dapat membantu untuk memastikan jejak pemeriksaan ( audit trail) dapat digunakan oleh manajemen universitas, maupun pihak lain yang berwenang.

Sebenarnya masin  banyak manfaat akan pentingnya implementasi Audit TI di universitas, yang pastinya akan sangat membantu dan memudahkan penggunaan teknologi informasi  agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Disini PT Integra Teknologi Solusi sebagai perusahaan yang juga bergerak dibidang teknologi dan informasi akan selalu men support institusi Anda dalam meningkatkan teknologi informasi yang digunakan agar lebih efektif dan efisien dan memberikan solusi IT yang inovatif sesuai kebutuhan Anda.

 

segera kontak kami  untuk berdiskusi dan berkonsultasi lebih dalam mengenai Audit IT !

 

 

 

 

 

 

Dari berbagai sumber:
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-audit-teknologi-informasi/15065/2
https://itgid.org/audit-ti/
×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp