Resiko Yang Wajib Anda Ketahui Bila Tidak Jalankan IT Master Plan

2020-08-10T16:17:56+00:00

integrasolusi.com – Di era perkembangan dan kemajuan Teknologi dan Informasi seperti saat ini telah banyak memperngaruhi organisasu atau perusahaan disemua bidang. Tekologi informasi mampu membuat strategi yang berfungsi sebagai sumberdaya dalam mencapai tujuan. Strategi tersebut terdiri dari Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Manajemen teknologi informassi yang dikenal dengan blue print atau IT Master Plan. IT Master Plan merupakan suatu perencanaan jangka panjang guna mendukung visi dan misi sebuah organisasi. IT Master Plan sangat dibutuhkan karena memiliki tujuan strategis yang akan membantu perkembangan dan kemajuan sebuah organisasi.

Di Indonesia, IT Master Plan merupakan suatu perencanaan jangka panjang dalam pengembangan sistem informasi guna mendukung visi dan misi perusahaan. IT Master Plan berisi strategi-strategi organisasi atau perusahaan dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai enabler dan menambah keunggulan yang kompetitif. IT Master Plan membahas mulai dari visi dan misi organisasi atau perusahaan sampai pada perencanaan manajemen proyek IT.

Beberapa fungsi dari IT Master Plan yaitu sebagai panduan atau dasar perencanaan sebuah organisasi untuk implementasi teknologi Informasi, alat kontrol untuk mengetahui performa implementasi teknologi informasi dan alat untuk mengetahui resiko yang mungkin terjadi akibat implementasi teknologi informasi. Apabila sebuah organisasi tidak memiliki IT Master Plan, maka akan menimbulkan konsekuensi yang mungkin akan merugikan organisasi tersebut. Beberapa konsekuensi atau resiko yang mungkin dapat ditimbulkan adalah :

  1. Investasi TI dibuat tanpa adanya tujuan dan dukungan bisnis.
  1. Sistem tidak terintegrasi dengan baik, hal ini bisa menyebabkan ketidakakuratan data dan tidak koherennya sumber informasi.
  2. Tidak ada mekanisme untuk memutuskan jumlah sumber daya yang dibutuhkan.
  3. Rendahnya manajemen informasi, sehingga informasi tidak konsisten, tidak tersedia, tidak akurat atau terlalu lambat.
  4. Terjadi kesalahpahaman antara pengguna dan pelaksana teknologi informasi.
  5. Timbulnya konflik antar organisasi karena tidak adanya rencana teknologi informasi.

Strategi dalam IT Master Plan dibutuhkan untuk menjalankan inisiatif perencanaan sistem informasi dari sebuah organisasi agar lebih terarah. Penerapan IT Master Plan harus didukung dengan kedisiplinan, kontrol, identifikasi, kerjasama, tanggung jawab dan leadership. Peran Pimpinan dalam perusahaan sangat dibutuhkan dalam mendukung implementasi IT Master Plan ini. Khususnya adalah pimpinan yang secara langsung membawahi divisi IT bertugas untuk merumuskan, mengawasi dan bertanggung jawab serta mengevaluasi sistem kerja IT Master Plan agar berjalan dengan baik.

Bagi Anda yang menginginkan untuk membangun IT Master Plan pada perusahaan Anda, PT Integra Teknologi Solusi melalui tenaga SDM nya yang sudah berpengalaman siap membantu Anda.

 Segerahubungi ka mi untuk bisa berdiskusi dan berkonsultasi secara GRATIS !!

 

 

 

 

 

Sumber :
https://si.ittelkom-pwt.ac.id/2017/07/18/pentingnya-it-master-plan/
https://itgid.org/training-master-plan/
×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp