Manfaat Sistem Cloud Computing Bagi Organisasi

2020-10-01T15:39:22+00:00

integrasolusi.com – Pemanfaatan teknologi dan informasi saat ini dalam aktivitas organisasi, sudah menjadi tuntutan dan keharusan, hal ini dikarenakan peran teknologi dan informasi begitu besar dalam membantu organisasi dalam menghadapi ketatnya persaingan dan keunggulan teknologi. Penggunaan teknologi dan informasi dalam organisasi akan selalu erat kaitannya dengan data, karena Ketika suatu proses berjalan secara manual maka data-data yang berkaitan cenderung berwujud fisik, sehingga memang biasanya diperlukan tempat khusus untuk menyimpan data-data fisik tersebut. berbeda ketika proses tersebut sudah ditransformasikan secara digital, maka data akan cenderung tersimpan kedalam sistem walaupun ada beberapa data yang tetap harus ada wujud fisiknya dikarenakan beberapa kebijakan organisasi. Artinya organisasi dituntut memiliki server khusus yang digunakan sebaai pusat penyimpanan data secara digital. Namun dalam prakteknya, mayoritas tidak semua organisasi mampu menyediakan dan mengelola  server sendiri dikarenakan biayanya yang cukup besar serta membutuhkan SDM IT yang kompeten di bidangnya.

Sebetulnya, mengenai masalah tersebut sudah ditemukan solusinya melalaui sistem SaaS (Software as a Service), yang merupakan sistem layanan cloud computing yang disediakan oleh pihak ketiga, dimana instansi pengguna tidak perlu bersusah payah menyediakan infrastruktur apapun untuk menggunakan layanan IT, karena semua sudah di handle oleh pihak ketiga termasuk tenaga ahli untuk maintenance nya. Namun dengan ada konsep ini ternyata masih banyak organisasi yang ragu dan belum memahami secara benar manfaat menggunakan sistem cloud computing ini, sehingga banyak dari organisasi yang  memilih menunda terlebih dahulu penerapan IT nya. Pada kesempatan ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada Sobat Office mengenai beberapa manfaat bagi organisasi apabila menggunakan sistem cloud computing, antara lain adalah :

  1. Meningkatkan Daya Saing

Persaingan industri yang semakin ketat memaksa perusahaan untuk lebih praktis dan lebih cepat dalam menanggapi perubahan di pasar. Solusi cloud computing yang fleksibel dan dapat disesuaikan (customizable) dapat memberikan banyak keuntungan yang bermanfaat untuk membantu organisasi agar lebih bisa bergerak cepat dalam menjalankan bisnis dan kebutuhan mereka.

 

  1. Skalabilitas

Manfaat utama lainnya dari cloud computing adalah skalabilitasnya. Layanan ini sangat ideal untuk perusahaan dengan permintaan bandwidth yang selalu meningkat atau berfluktuasi. Atau dengan kata lain, perusahaan dapat mengatur sendiri akan kebutuhan penyimpanan cloudnya. Jika kebutuhan meningkat, maka perusahaan dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas penyimpanan cloud ataupun sebaliknya.

 

  1. Sistem Recovery Data

Setiap perusahaan harus berinvestasi pada sistem recovery data Ketika ada kejadian diluar kendali, namun untuk usaha kecil yang memiliki sedikit anggaran dan keterampilan yang dibutuhkan, berinvestasi pada sistem recovery ini pastinya sulit dilakukan. Cloud  computing hadir sebagai solusinya. Menurut sebuah penelitian, perusahaan kecil sebetulnya dapat menerapkan solusi back-up berbasis cloud dan recovery data yang menghemat waktu dan anggaran

 

  1. Efisiensi Biaya

Mungkin ini merupakan salah satu manfaat cloud computing yang paling penting, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian inventaris seperti infrastruktur dan hard disk. Perusahaan hanya mengeluarkan biaya untu kompensasi rutin per bulan atau sekali dibayar, sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati bersama penyedia layanan cloud computing. Dengan demikian, perusahaan hanya mengeluarkan biaya sesuai kebutuhan saja.

 

Memilih penyedia layanan cloud computing, tidak hanya spesifikasi yang ditawarkan saja, melainkan disesuaikan juga dengan budget dan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Dan yang utama adalah keberhasilan penerapan sistem cloud computing ini, tidak hanya dari penggiuna saja, tetapi juga tergantung pada bagaimana penyedia layanan memberikan layanan yang tepat untuk kebutuhan perusahaan, dengan resiko yang minimal namun tanpa mengorbankan implementasinya.

Seperti halnya dengan integraOffice, yang memberikan berbagai macam solusi akan kebutuhan IT berdasarkan sistem cloud. Yang mana dapat membantu dan mempermudah perusahaan dalam beraktivitas dan meningkatkan kinerjanya secata efektif dan efisien.

 

Penasaran dengan produk dan layanan IT dari integraOffice berbasis cloud yang dapat membantu perusahaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien? Segera hubungi kami

 

 

 

 

 

Sumber
https://www.hashmicro.com/id/blog/manfaat-utama-cloud-computing/
×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp