Pentingnya Peran UI/UX Dalam Sebuah Aplikasi

2020-10-01T16:30:47+00:00

integrasolusi.com – Dalam perkembangan teknologi dan informasi sebagai penunjang sistem dalam organisasi, pelaksanaan UI / UX yang efektif telah membuat perubahan drastis pada pengembangan aplikasi seluler. Dengan demikian, User  Interface (UI) dan User Experience (UX) telah menghadirkan  desain aplikasi seluler yang tidak hanya berfungsi sempurna  namun juga harus mudah digunakan. Baru-baru ini, UI / UX telah memperlihatkan perkembangan yang signifikan sehingga menjadikan pengguanya lebih nyaman dan mudah dalam menggunakan aplikasi.

UX atau User Experience merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi ataupun pengunjung website) dalam interaksi antara pengguna dan produk. Tujuan paling penting dari setiap aplikasi seluler adalah interaksi yang lancar antara pengguna dan aplikasi. Sedangkan UI atau User Interface lebih kepada tampilan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna. Perlu diketahui bahwa aplikasi mobile yang sukses dalam kacamata pengguna adalah tentang interaksi  aplikasi yang menyenangkan dan ramah. Secara visual aplikasi harus menarik, memastikan keseimbangan  antara User Experience dan User Interface. Oleh karena itu, perusahaan harus memilih tim pengembang aplikasi seluler yang dapat menggabungkan UI dan UX secara efektif.

Karena dengan adanya tim yang khusus mengenai UI/UX, perusahaan akan dengan mudah memberikan dan menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan berguna bagi penggunanya. Pada sebuah tampilan sebuah aplikasi dengan desain yang bagus. Keseimbangan ideal desain UX/ UI juga dapat membantu semakin banyak pengguna untuk mengunduh dan menggunakan barang / jasa dari produsen atau pencipta aplikasi tersebut. Dengan memberikan pengalaman yang baik dan kepuasan bagi pengguna, merupakan tujuan paling utama bagi sebuah produk, tentunya setelah produk tersebut dibeli atau digunakan.

Dalam hal ini, tampilan dan komposisi dari  UI/UX menjadi faktor penentu apakah pengguna mau untuk terus menggunakan produk tersebut atau tidak. Bahkan UI/UX suatu produk berperan untuk menentukan asumsi dan feedback pengguna terhadap produsen brand. Artinya, UI/UX juga merupakan bagian dari branding sebuah produk atau perusahaan. Maka tidak heran jika pengembangan UI/UX seharusnya mendapat perhatian lebih dari perusahaan agar pengguna datau pembeli tetap menggunakan dan memanfaatkan produknya.

Dari penjelasan diatas, tentu kita sepakat bahwa kenyamanan dan kemudahan serta pengalaman dalam menggunakan sebuah produk IT atau aplikasi merupakah sesuatu yang sangat penting. Sehingga hal ini melahirkan tuntutan bagi perusahaan pengembang aplikasi untuk memiliki tim UI/UX yang berkompeten, kreatif, dan inovatif.  PT Integra Teknologi Solusi sebagai salah satu perusahaan teknologi dan informasi yang juga sebagai pengembang  aplikasi-aplikasi dan layanan IT guna mendukung aktivitas perkantoran, mulai dari intansi pemerintahan sampai swasta. Secara penuh memberikan support dalam pengembangan UI/UX aplikasinya serta di dukung tim design UI/UX yang kompeten, sehingga bisa memberikan pengalaman dan kenyamanan pengguna dalam berinteraksi dengan produk yang digunakan.

 

 

 

 

Sumber
https://dtc.co.id/blog/pentingnya-desain-ui-ux-dalam-pengembangan-aplikasi-seluler#:~:text=UI%20%2F%20UX%20memainkan%20peran%20integral,tetapi%20juga%20meningkatkan%20kepuasan%20pelanggan.
https://inixindojogja.co.id/pengembangan-ui-ux-merancang-nyawa-sebuah-aplikasi/

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp