E-Goverment : Suatu Keharusan Bagi Intansi Pemerintahan

integraOffice – Instansi pemerintahan memliki perbedaan dibanding instansi swasta, khususnnya dalam mengatur keberlangsungan dari instansi tersebut. instansi milik swasta memiliki dasar atau acuan yang sudah ditentukan oleh para pejabat instansi atau pejabat-pejabat yang berwenang, sedangkan instansi pemerintahan diatur dalam sebuah peraturan undang-undang yang berlaku yang sudah dibuat. Salah satu aturan dalam undang-undang tersebut adalah mewajiban seluruh instansi pemerintahan untuk menerapkan tata kelolah secara elektronik atau E-Government. Dasar yang mewajibkan instansi pemerintah wajib menerapkan E-Government adalah sebagaimana sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, yang menyebutkan terbentuknya kepemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif; yaitu :

  1. Masyarakat menuntut pelayanan publik yang memenuhi kepentingan masyarakat luas di seluruh wilayah negara, dapat diandalkan dan terpercaya, serta mudah dijangkau secara interaktif.
  2. Masyarakat menginginkan agar aspirasi mereka didengar dengan demikian pemerintah harus memfasilitasi partisipasi dan dialog publik di dalam perumusan kebijakan negara.

Pemerintah sendiri juga sudah memiliki strategi dalam menerapkan sistem E-Government, yaitu; pertama dengan  mengembangkan sistem pelayanan yang handal dan dapat dijangkau masyarakat luas dengan cara pemerataan jaringan komunikasi yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Kedua pemerintah juga menata sistem dan proses kerja pemerintah dan pemerintah otonom secara holistik dengan cara menyiapkan SDM yang terbiasa dengan teknologi. Kemudian pemerintah juga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal dengan cara memberikan informasi secara lengkap. Tidak hanya itu, pemerintah meningkatkan peran serta dunia usaha dan mengembangkan industri telekomunikasi dan teknologi informasi. Terakhir, pemerintah melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur yaitu melalui tahapan persiapan, pematangan, pemantapan, dan pemanfaatan.

Melihat akan diwajibkan dan pentingnya penerapan E-Government pada instansi pemerintahan, PT Integra Teknologi Solusi sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan informasi turut andil dalam menciptakan berbagai macam sistem yang dapat mendukung kelancaran daripada penerapan E-Government di instansi pemerintahan. Mulai dari sistem surat-menyurat, sistem manajemen dokumen, Helpdesk, dan masih banyak lainnya. tidak hanya sekedar aplikasi yang menunjang E-Government, PT  Integra Teknologi Solusi juga menyediakan berbagai solusi IT yang inovatif bagi instansi pemerintahan seperti IT Audit, IT Master Plan, pendampingan ISO 27001 dan masih banyak lai lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai solusi-solusi yang kami tawarkan untuk kesuksesan E-Government ?? langsung saja hubungi kami untuk bisa berkonsultasi secara gratis dengan Tim Kami !!

 

 

 

 

 

Sumber
https://www.setneg.go.id/baca/index/e_government_inovasi_dalam_strategi_komunikasi
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/23/penerapan-sistem-e-government-di-indonesia
×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp