Bongkar Rahasia Mengapa IT Master Plan Penting ?

2020-10-09T17:45:06+00:00

integrasolusi.com – Di sebuah organisasi pemerintahan, kelembagaan dan juga bidang industri saat ini sudah banyak dipengaruhi oleh peran teknologi dan informasi. Kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu sebuah organisasi dalam membuat strategi yang berfungsi sebagai sumberdaya untuk mencapai visi dan misi organisasi tersebut. Strategi yang digunakan meliputi :  Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Manajemennya yang dikenal  sebagai blueprint atau IT Master PlanIT Master Plan sendiri merupakan suatu perencanaan strategis jangka panjang guna mendukung visi dan misi sebuah organisasi.

IT Master Plan sangat dibutuhkan oleh  organisasi karena memiliki tujuan strategis yang akan sangat membantu perkembangan dan kemajuan dari organisasi itu sendiri. Beberapa fungsi dari IT Master Plan digunakan sebagai panduan atau dasar atas perencanaan organisasi dalam  mengimplementasikan teknologi Informasi yang dimiliki, sebagai alat kontrol untuk mengetahui performa dari implementasi teknologi informasi dan sebagai alat untuk mengetahui resiko yang mungkin terjadi akibat implementasi teknologi informasi tersebut.

Penting untuk diketahui juga, apabila sebuah organisasi tidak memiliki IT Master Plan, maka akan menimbulkan konsekuensi yang mungkin akan merugikan organisasi tersebut di masa mendatang. Misalnya, Investasi IT  dibuat tanpa adanya tujuan dan dukungan bisnis yang tepat, sistem yang dibangun tidak terintegrasi dengan baik, yang  tentu bisa menyebabkan tidak akuratnya data dan tidak saling terhubungnya sumber informasi. Selain itu bisa juga  tidak adanya mekanisme untuk memutuskan jumlah sumber daya yang dibutuhkan, Rendahnya manajemen informasi, sehingga informasi tidak konsisten, tidak tersedia, dan tidak akurat atau terlalu lambat. Terjadi kesalahpahaman antara pengguna dan pelaksana teknologi informasi. Terakhir mungkin bisa saja timbulnya konflik antar organisasi karena tidak adanya rencana teknologi informasi.

Apabila sebuah organisasi memiliki IT Master Plan, maka segala tujuan dan rencana jangka panjang akan lebih  terarah dan target pun akan tercapai dengan baik. Oleh karena itu, penerapan dari strategi IT Master Plan  sangat penting, karena :

  1. Penerapan strategi teknologi informasi yang selaras mampu mengidentifikasi di bagian manakah teknologi informasi bisa berkontribusi paling besar, sehingga sebuah organisasi mampu memutuskan prioritas dari sebuah investasi TI.
  2. Mendapatkan keuntungan yang kompetitif dari peluang bisnis yang sudah direncanakan menggunakan TI.
  3. Anggaran yang dikeluarkan jauh lebih efektif dan juga membangun infrastruktur TI yang mudah disesuaikan dengan rencana masa depan.
  4. Mengembangkan sumber daya yang tepat dan kompeten untuk menyebarkan strategi teknologi informasi ke seluruh lapisan organisasi.

Strategi dalam IT Master Plan dibutuhkan untuk menjalankan inisiatif perencanaan teknologi dan informasi dari sebuah organisasi agar lebih terarah. Penerapan IT Master Plan juga harus didukung dengan kedisiplinan, kontrol, identifikasi, kerjasama, dan tanggung jawab dari masing-masing  bagian yang terlibat didalamnya.

Bagaimana dengan organisasi Anda sekarang ?? Apakah sudah memiliki perencanaan IT jangka panjang yang tepat?

Tak perlu ragu lagi, hubungi kami untuk detail informasi IT Master Plan.

 

 

Sumber
https://si.ittelkom-pwt.ac.id/2017/07/18/pentingnya-it-master-plan/

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp