Atur Aset Knowledge Perusahaan dgn KMS

2020-10-27T16:49:15+00:00

integraOffice Knowledge Managament System – Ada beberapa hal penting, namun cukup diremehkan yang sering diabaikan oleh suatu perusahaan, karena cukup banyak perusahaan yang masih tidak paham seberapa pentingnya suatu knowledge management dan tidak pernah memprioritaskannya. Apakah benar seperti itu? Atau sebaliknya?

Knowledge Management merupakan suatu ekosistem atau modul untuk menampung semua  pengetahuan yang ada di perusahaan. Biasanya penyampaian ilmu pengetahuan yang ada di budaya perusahaan tersebut bisa berupa standarisasi kerja dalam suatu jabatan atau unitkerja, ataupun hal yang bersifat spesifik dalam hal teknis pekerjaan. Disini kami mengenalkan bahwa aset pengetahuan atau yang cukup dikenal dengan Knowledge Perusahaan tersebut menjadi sangat penting ketika perusahaan sering melakukan restrukturisasi atau reorganisasi  dan juga penambahan rekrutmen pegawai baru. Karena ketika seorang karyawan berada di jabatan yang baru atau di tim yang baru, hal yang harus dia ketahui pertama kali adalah jobdesk. Untuk mengetahui jobdesknya biasanya seorang karyawan akan menanyakan ke teman se tim & unitkerjanya atau bertanya dengan divisi HRD. Hal tersebut akan menjadi sulit ketika pengetahuan teman satu timnya belum memiliki banyak pengetahuan tentang jobdesknya dan HRD memberi penjelasan yang kurang rinci, bahkan banyak karyawan di tim tersebut yang sudah resign atau pensiun tentu hal tersebut akan menyulitkan karyawan tersebut.

Menindak lanjuti hal tersebut bisa diterapkan oleh perusahaan dengan mendokumentasikan setiap pengetahuan yang ada di dalam perusahaan. Dokumentasi knowledge bisa di dapatkan dari suatu sharing knowledge dari setiap tim / jabatan, dari seminar, dan lain lain. Knowledge bisa disimpan secara manual (dokumentasi fisik), atau bisa juga secara digital. Perusahaan juga bisa mengelompokkan setiap knowledge sesuai kebutuhannya. Misal, pengelompokan knowledge berdasarkan pangkat jabatan yang berguna untuk karyawan yang baru saja naik jabatan, atau berdasarkan jabatan / posisi pekerjaan yang berguna untuk karyawan yang baru saja menempati posisi jabatan tertentu.

Salah satu aplikasi Knowledge Management yang bisa digunakan oleh suatu perusahaan, adalah integraOffice Knowledge Management System. IntegreOffice KMS merupakan aplikasi Knowledge Management yang spesifik mengatur bagaimana asset pengetahuan yang ada di dalam perusahaan.

Namun sobat office, apa yang membedakan integraOffice KMS dan aplikasi lain terutama sosial media yang sudah hal lumrah dijadikan media untuk berbagi segala macam jenis pengetahuan?

Hal yang membedakan integraOffice KMS dengan aplikasi lain terdapat pada kustomisasi aplikasi yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. integraOffice KMS dapat melakukan penyesuaian struktur organisasi perusahaan meskipun sering berubah – ubah. Ketika seorang karyawan berpindah pindah jabatan bahkan tim dalam perusahan, integraOffice KMS akan otomatis melakukan penyesuaian pengetahuan mana yang harus ditampilkan di dalam akun karyawan tersebut. Dalam integraOffice KMS, karyawan juga dapat menyimpan yang dikenal ‘bookmark‘ suatu informasi knowledge agar mudah dibaca kembali di lain waktu. Kelebihannya adalah,  tidak dapat dilakukan oleh sosial media konvensional yang biasa kita pakai. Namun apakah tampilannya sama dengan sosmed pada umumnya? Tak perlu khawatir sobat office, aplikasi integraOffice KMS menerima request sesuai kebutuhan pengguna.

Masih penasaran dengan KMS ? klik disini 

Nantikan kelanjutan cerita singkat di artikel berikutnya sobat office.

Semoga bermanfaat !

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp