Komunikasi : Unsur Penting Ketika Anda Harus Work From Home

2020-10-28T01:37:20+00:00

integrasolusi.com – Mengapa sih kita harus berkomunikasi? Dan apa pentingnya sih kita berkomunikasi ?itu mungkin pertanyaan yang kadang muncul pada diri kita, ya memang komunikasi itu penting. Karena  kita ini hidup dengan bersosialisasi dan tidak bisa hidup sendiri, kita akan berkomunikasi dengan siapa saja ketika kita bersosialisasi. Ya tentu saja komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-harinya, tidak hanya dalam aktivitas kita dirumah saja, tetapi juga dalam aktivitas kerja kita bersama rekan atau tim di kantor. Dalam hal ini, komunikasi tidak hanya berbicara dan bertukar data atau informasi saja antar anggota tim kita di kantor,  melainkan komunikasi yang kita lakukan harus bisa memberikan banyak manfaat bagi tim dan dapat membantu aktivitas kerja yang kita lakukan. Selain dengan komunikasi antar anggota tim yang lain, kita juga dituntut untuk bisa berkolaborasi juga, mengapa? Ya karena dalam kerja tidak hanya komunikasi saja, tetapi harus berkolaborasi terhadap pekerjaan yang dilakukan bersama-sama, yang tentu saja hal ini untuk mewujudkan dan mencapai visi misi perusahaan atau kantor kita.

Nah, tentunya saat ini kita sedang diuji dalam hal komunikasi dan kolaborasi dalam aktivitas kerja kita. Ya karena kita semua sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang luar biasa dampaknya bagi segala aspek kehidupan, tentu saja berdampak pada aktivitas kerja kita di kantor. Ya karena perusahaan atau kantor tempat kita bekerja sedang menerapkan berkerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Sebagai langkah mengikuti anjuran pemerintah untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Dalam hal ini, kita sebagai bagian dari tim, tentu saja akan diuji tentang komunikasi dan kolaborasi kita dengan anggota tim yang lain ketika harus WFH.

Salah satunya adalah PT. Integra Teknologi Solusi, yang sudah hampir setengah tahun menerapkan sistem WFH bagi sebagian anggota tim nya yang terdiri dari tim Garfiled, Minions, Simpson, Chuck, Pikachu dan Spongebob yang biasa disebut Integra Team. Memang awal-awal integra Team menerapkan WFH, banyak kendala yang muncul, ya karena sebagian anggota tim belum siap dan belum terbiasa dengan model kerja dari rumah. Karena Integra Team terbiasa kerja dengan bertatap muka, berdiskusi dan aktivitas kerja lainnya di kantor, namun mau tidak mau, kita sebagai anggota Integra Team ya dituntut untuk menemukan cara ampuh dalam berkomunikasi dan berkolaborasi ketika harus bekerja dengan WFH dengan tetap produktif dan sesuai dengan target-targetnya. Nah dengan berbagai macam masukan dan diskusi antar anggota tim, maka disepakati bersama cara komunikasi agar tetap produktif ketika harus WFH, apa saja itu? Antara lain :

  1. Tatap muka Virtual Sesering Mungkin

Salah satu yang penting adalah, melakukan virtual meeting sesering mungkin dengan anggota tim atau antar tim, ya gunanya agar kita sebagai anggota tim tetap bisa berkomunikasi dan berkolaborasi terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan. Meski awalnya berat, ya lambat laun menjadi hal wajib setiap hari untuk selalu melakukan video conference dengan apliaksi Zoom Meeting atau sejenisnya, untuk mengetahui progress dari masing-masing tim, atau mendapatkan penjelasan tentang info terbaru yang hanya bisa dijelaskan secara langsung dari sumbernya. Contohnya : vicon do’a pagi setiap hari yang wajin diikuti semua anggota tim, rapat PIC setiap harinya, dan agenda Sharing Knowledge secara online setiap minggunya

 

  1. Menerapkan Objectives and Key Results (OKR)

Ini juga diterapkan selama WFH, ya cara kerja OKR memang cukup simple yaitu dengan mementukan goals yang akan dicapai dari masing-masing tim dan aggotanya dengan key result yang telah ditentukan. Di Integra Team sendiri diterapkan, agar setiap anggota tim bisa tetap produktif dan berkembang untuk menjadi lebih baik. Disini juga bisa di ukur siapa saja anggota tim yang benar-benar bekerja atau hanya yang menggantungkan saja terhadap rekan satu timnya, Ya dengan menerapkan OKR ketika WFH, semua terlihat jelas sifat dan karakter asli dari anggota tim ketika harus bekerja di rumah tanpa adanya pengawasan dari atasan. Dan hal ini bisa menjadi bahan evaluasi manajemen, apakah tetap dipertahankan atau harus diberhentikan.

 

 

  1. Memaksimalkan Komunikasi Lewat Grup Chat

Ini juga diterapkan Integra Team dalam menjaga komunikasi antar anggota tim ketika harus WFH, ya bisa memanfaatkan media sosial yang ada misalya dengan aplikasi WhatsApp dan aplikasi Telegram. Dengan berkomunikasi dan berkolaborasi yang intens dalam grup-grup chatting yang telah dibuat, diharapkan  anggota tim bisa terjaga komunikasinya dan tidak erjadi mikomunikasi antar tim dan anggotanya. Biasanya dalam berkomunikasi dalam grup chat, bisa saja kolaborasi dari 2 atau 3 tim yang lainnya, ya karena memang ada kebutuhan dalam berkolaborasi menyelesaikan pekerjaan sesuai targetnya. Contohnya: Grup WA iOC bisa saja terdiri dari grup Pikachu, Chuck dan Spongebob,yang mempunya porsi masing-masing dalam suksenya produk integraOffice Cloud (iOC), dll

 

Nah dari contoh uraian di atas, seharusnya Anda sudah ada gambaran masing-masing, mengapa sih komunikasi menjadi unsur penting ketika harus WFH? Ya terlepas dari perbedaan cara dan teknik yang dilakukan, yang tentunya akan merujuk pada tujuan yang sama, yaitu tetap productif agar bisa mewujudkan visi dan misi perusahaan.

Bagaimana cara Anda memaksimalkan komunikasi ketika harus WFH?

 

 

 

 

 

Sumber :
https://www.talenta.co/blog/organisasi/komunikasi-dan-kolaborasi-kunci-sukses-cara-kerja-dari-rumah/
https://www.ekrut.com/media/9-alasan-pentingnya-komunikasi-dalam-dunia-kerja
×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp