Ini Dia Tips Kerja Produktif di Era Digital

2020-11-05T01:12:26+00:00

integrasolusi.com– Sekarang ini kita sedang berada di era yang serba maju dan serba modern, dimana setiap harinya kita akan ditunjukkan dengan berbagai macam inovasi dan kecanggihan teknologi masa kini, terutama kemajuan teknologi digital. Tentunya dengan kemajuan teknologi digital  seperti sekarang ini, kita akan juga dituntut untuk bekerja secara cepat, tepat, efektif dan efisien, serta juga harus dituntut untuk mobilitas tinggi, seperti pekerjaan di bidang teknologi kreatif contohnya startup, e-commerce, financial technology merupakan jenis pekerjaan yang menuntut bekerja dengan mobilitas tinggi. Namun tidak hanya jenis pekerjaan tersebut, pastinya masih banyak pula pekerjaan yang menuntut ketepatan waktu dengan mobilitas tinggi, dan mungkin Anda sekarang sedang menjalaninya.

Namun pernahkah Anda membayangkan dan bahkan berharap sewaku bekerja dalam sehari bisa lebih dari 24 jam, yang intinya agar Anda bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan Anda tepat waktu.  Karena bekerja dengan kecepatan dan ketepatan waktu bukan berarti harus bekerja sangat keras, tetapi bagaimana cara Anda untuk  bisa memanajemen waktu dengan baik agar tetap bisa produktif dan sesuai target yang diharapkan. Tetapi dalam prakteknya, masih banyak orang yang merasa sudah bekerja sangat keras dan memanajemen waktunya dengan baik, namun hasil pekerjaannya tidak berdampak signifikan, ya pastinya banyak penyebabnya mengapa pekerjaan tidak sesuai hasil yang diinginkan, bisa saja karena faktor distraksi. Ya benar bisa saja karena distraksi, dimana perhatian kita akan terbagi ke hal lainnya yang bukan dari tujuan kita atau yang akan dikerjakan alias tidak fokus.

Padahal salah satu tantangan bekerja di era digital selain dari kecepatan dan ketepatan adalah perhatian atau fokus. Penyebab kita tidak fokus bisa saja karena faktor kelelahan, pikiran kita mudah lelah karena selama 24 jam dijejali berbagai macam informasi secara nonstop. Bayangkan saja, setiap beberapa menit atau bahkan setiap detik, kita harus mengecek HP atau laptop kita, ya tentu saja untuk mengecek pekerjaan kita, sudah mencapai berapa persen dari target, yang bisa saja menimbulkan rasa cemas yang berakibat kelelahan pada pikiran kita. Untuk menghindari kelelahan itu, mungkin sebagian orang atau bahkan Anda juga melakukannya, yaitu refreshing dengan berselancar ria di dunia maya, bisa medsos-an, nonton youtube dan lain sebagainya yang waktunya bisa lebih dari fokus utama kita yaitu pekerjaan. Yang ujung-ujungnya pada waktu libur atau weekend yang seharusnya buat istirahat dan rileks, dan quality time bersama keluarga di rumah, masih buka-buka laptop untuk mengecek pekerjaan. Mengapa bisa begitu? Ya karena harus menuntaskan beban hutang-hutang pekerjaan kita selama kita tinggal refreshing di dunia maya yang bukan menjadi fokus utama pekerjaan kita dan menjadikan kita lupa waktu dan tidak fokus dalam pekerjaan.

Lantas bagaimana dong agar bisa tetap bisa fokus dan produktif?

Berikut ini tipsnya dan mudah-mudahan bermanfaat dan bisa Anda praktekkan, antara lain :

  1. Rencanakan secara efektif pekerjaan

Ini sangat penting sebelum kita mulai pekerjaan, pastikan Anda sudah punya rencana yang harus dikerjakan dan yang hasilnya bisa  berdampak secara signifikan. Misalnya : rencanakan 20 % dari  budget iklan produk yang dijual, agar bisa menghasilkan 80% keuntungannya, ya caranya dengan digital marketing atau promote di media sosial.

 

  1. Prioritaskan pekerjaan paling sulit di awal hari

Mengapa harus diawal hari, ya tentu saja karena pagi hari, Anda masih fresh pikiran dan tenaga masih kuat untuk berpikir dengan jernih. Dan pastinya akan bisa memunculkan ide-ide dan teknik baru dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

  1. Jangan multitasking

Ini sebenarnya perlu dihindari  bagi Anda yang sering tidak fokus kerja, ya karena ketidak fokusan dan berpindah ke pekerjaan lainnya, akan sangat berdampak pada pekerjaan utama kita yang telah direncanakan tidak tepat waktu. Dan bahkan Anda akan mudah lelah dan mudah stress karena beban pekerjaan yang dibebankan melebihi kemampuan Anda. Tetapi bagi yang sudah terbiasa multitasking, tetap harus dijaga fisik dan pikirannya, karena multitasking ini sangat membantu pekerjaan yang membutuhkan kolaborasi antar tim.

 

  1. Tuntaskan segala hal karena urgensi

Dengan mengerjakan segala pekerjaan kita karena adanya urgensi atau kebutuhan yang mendesak, tentunya kita akan bekerja giat dan tidak bermalas-malasan. Ya  karena sudah ada deadline dan targetnya yang harus selesau, dengan demikian Anda akan selalu berpatokan pada waktu pengerjaan yang telah ditentukan dan sesuai dengan hasil yang diinginkan.

 

  1. Hilangkan gangguan sekitar

Ini hal akan terjadi dimanapun Anda bekerja, baik di kantor atau yang sedang WFH. Karena gangguan-gangguan bisa muncul kapan saja dari sekitar Anda sendiri, misalnya diajak ngobrol sama teman kantor, atau gangguan berisik musik dari tetangga sebelah. Yang jelas Anda hrus bisa secara persuasif untuk mengendalikan gangguan-gangguan tersebut agar tidak menghambat pekerjaan Anda.

 

Nah itulah beberapa uraian tips agar tetap produktif di era digital yang serba memberikan kemudahan dan membantu pekerjaan kita. Tentunya kita tidak boleh lengah dan terlena dengan kemudahan dari teknologi digital yang kita gunakan. Sebenarnya teknologi digital hanyalah alat saja dalam membantu pekerjaan kita, sedangkan niat dan semangat kerjalah dalam mencapai target ada pada diri kita masing-masing, dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi semuanya.

Ingat tetap semangat dan fokus dalam bekerja !

 

 

 

 

 

Sumber :
https://www.tribunnewswiki.com/2019/11/26/15-tips-bekerja-cerdas-dan-tetap-menjaga-produktif
https://malsasa.wordpress.com/tag/distraksi/#:~:text=Distraksi%20adalah%20perhatian%20yang%20terbagi,diperhatikan%20kepada%20sumber%20dari%20distraksi.
https://www.enervon.co.id/news/367/tingkatkan-produktivitas-kerja-dengan-tips-berikut-ini/

 

 

 

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp