Penting : Afirmasi Positif untuk Meningkatkan Semangat Kerja Anda

2020-10-28T01:36:19+00:00

integrasolusi.com –  Apakah yang Anda pernah mendengar kata-kata Afirmasi? Dan apakah itu Afirmasi ? menurut berbagai sumber yang bisa anda cari di internet, Afirmasi merupakan pernyataan-pernyataan positif dan sangat khusus ditujukan kepada diri sendiri, dan merupakan salah satu bentuk komunikasi antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar kita. Atau dengan kata lain Afirmasi adalah pernyataan-pernyataan positif pada diri kita, yang dapat memberikan mood baik pada kita, meningkatkan semangat hidup dan bahkan  bisa membuat lebih mudah hal-hal yang terasa sulit dikerjakan. Dengan Afirmasi, akan membantu diri kita untuk selalu berpikir positif dalam menjalani aktivitas kehidupan kita sehari-harinya

Lantas apa hubungannya Afirmasi dengan pekerjaan?

Yang jelas, sangat erat sekali hubungannya, ya karena Afirmasi itu dari dan berasal dari dan untuk diri kita sendiri, tentunya akan berpengaruh juga terhadap apa yang kita lakukan dalam aktivitas kita sehari-hari, salah satunya dalam aktivitas kerja kita.

Apakah ada Afirmasi yang bisa membuat kita semangat bekerja? Ya jelas ada dong, seperti yang akan diuraikan berikut ini :

  1. Berani menghadapi ketakutan akan resiko yang muncul

Afirmasi positif yang harus menjadi dasar ketika akan mulai mengerjakan sesuatu. Anda harus bisa menyakinkan diri sendiri nbahwa Anda berani mengambil resiko dan menghadapi ketakutan ketidakberhasilan pekerjaan Anda, Anda harus yakin bisa mencapai sasaran dengan jalan yang telah disiapkan apapun resikonya. Dengan demikian Anda otomatis menyemangati diri sendiri agar bisa mencapai tujuan meski aral melintang didepan Anda.

 

  1. Punya motivasi untuk mencapai tujuan

Bisa saja Anda tidak menyukai pekerjaan Anda sekarang ini, dan berpandangan kurang tepat untuk diri Anda sehingga semangat kerja menjadi turun. Untuk mengembalikan semangat kerja lagi, Anda harus bisa dan menyakinkan diri sendiri bahwa masih mampu dan punya semangat untuk mengumpulan semua motivasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik demi rencana strategis yang sudah ditentukan

 

  1. Sanggup mencari peluang dari hambatan yang ada

Tentu saja, ketika dalam bekerja akan menghadapi hamnbatan yang bisa saja datang secara tiba-tiba dan diluar perhitungan Anda, tentu saja bisa-bisa membuat Anda stress atau down. Nah agar Anda tetap termotivasi, yakinkan pada diri sendiri bahwa ada hikmah atau peluang dibalik hambatan yang muncul, cari dan gali peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan dalam mencapai target pekerjaan Anda. Jika Anda masih ragu dan berkecil hati, tegaskan pada diri sendiri bahwa Anda masih mampu berjuang untuk belajar dan tumbuh dalam upaya peningkatan diri demi target yang sudah Anda rencanakan.

 

  1. Tetap sadar dan tetap produktif

Maksunya adalah, ketika Anda benar-benar berada di posisi yang sudah tidak fokus karena kelelahan dan stress yang muncul akibat pekerjaan yang dilakukan, pastikan Anda tetap sadar akan tujuan dan taget dari pekerjaan Anda itu apa dan untuk apa. Yakinkan pada diri sendiri, bahwa Anda masih mampu menyelesaikan pekerjaan dan masih bisa produktif demi target dari pekerjaan Anda sampai dengan batas kemampuan yang Anda miliki.

 

  1. Pekerjaan yang dilakukan bermanfaat bagi orang lain

Ini juga salah satu afirmasi yang dapat menjaga Anda agar tetap semangat bekerja, mengapa? Ya tentu saja jika Anda tahu bahwa pekerjaan Anda akan bermanfaat bagi orang lain, pastinya Anda akan merasa bangga dan merasa diri Anda berguna bagi orang lain, yang tentunya bisa untuk meningkatkan motivasi dan semangat kerja Anda, bahkan Anda bisa dijadikan contoh atau panutan anggota tim yang lain. Merasa sangat berguna bukan?

 

Uraian di atas, hanyalah beberapa contoh afirmasi positif dalam meningkatkan semangat kerja Anda, sebenarnya masih banyak afirmasi positif yang lainnya. Nah kira-kira kapan waktu yang tepat untuk menyakinkan dan berbicara pada diri sendiri terkait afirmasi positif? Waktu yang paling tepat adalah ketika Anda dalam keadaan rileks dan tenang, sebelum dan saat bangun tidur, lakukan secara berulang dan terus-menerus sampai menjadi kebiasaan Anda serta sampai bisa merubah sikap dan perilaku Anda.

Semoga bermanfaat

 

“Tak ada yang bisa merubah hidupmu, kecuali dirimu sendiri”

 

 

 

 

 

 

Sumber :

https://bejanakehidupan.com/9-afirmasi-positif/

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp