Cara Jitu Ciptakan Semangat Dalam Lingkungan Kerja

2020-11-05T16:40:38+00:00

integrasolusi.com – Waktu kita setiap harinya bisa dikatakan sebagian besar teralihkan di tempat kerja. Bagaimana tidak, 8 jam lebih waktu kita tersita untuk bekerja demi mendapatkan penghasilan guna mencukupi kebutuhan hidup. Oleh karena itu penting rasanya untuk menjadikan tempat kerja menjadi tempat yang menyenangkan sehingga membuat kita lebih bersemangat dalam bekerja. Lingkungan kerja yang lesu, dan kurang semangat akan memberikan banyak efek negatif baik bagi karyawanitu sendiri maupun baggi perusahaan, begitu juga sebaliknya.

Sebaliknya jika kondisi lingkungan kerja yang nyaman, dan kondusif, tentu akan menjadi incaran utama bagi sebagian besar karyawan. Sebab, hal ini akan memengaruhi suasana hati, semangat, dan kinerja serta dapat memunculkan motivasi kerja kita. Suasana yang suram dan kurang enak,  pasti dapat menjadikan karyawan merasa tidak nyaman, stres, dan kurang produktif dalam bekerja. Itulah sebabnya menciptakan lingkungan yang penuh semangat dan nyaman, itu perlu dan sangat penting bagi keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Sesuai dengan judul di atas, ini ada beberapa tips atau cara jitu guna menjadikan suasana kerja penuh semangat, nyaman dan penih motivasi, di antaranya :

  1. Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Senang Berbagi Ide

Lingkungan kerja yang nyaman tidak hanya terpaku pada ruangan yang membuat nyaman atau prospek kerja yang menjamin saja. Tetapi, juga suasana yang penuh dengan berbagi ide dan inovasi. Karena dengan suasana itulah yang akan mendorong produktivitas meningkat. Karena pada saat karyawan dapat berbagi ide dan saling menghargai ide setiap individu, maka akan tercipta suasana yang nyaman, namun perlu diingat, ide-ide yang dihasilkan haruslah positif dan bermanfaat bagi perusahaan itu sendiri.

 

  1. Beri Dukungan dan Tetapkan Target Yang Realistis

Jika Anda ingin membuat lingkungan kerja yang penuh semangat dan motivasi untuk meningkatkan produktivitas, maka buatlah harapan dan target yang jelas dan realistis.  Bantu juga mereka dengan memberi dukungan dan arahan yang jelas. Ketika karyawan tahu apa yang diharapkan dari mereka, mereka akan memiliki kesempatan untuk memberi kontribusi yang terbaik dan bangga terhadap hasil dari apa yang mereka kerjakan.

 

  1. Ciptakan Community Minded Di Tempat Kerja

Berusahalah untuk mendorong orang agar saling menyapa. Mungkin kedengarannya sederhana tetapi sebenarnya ini adalah cara yang jitu biasa untuk membangun komunikasi dan komunitas di tempat kerja dan mengakrabkan satu sama lain. Dimulai dengan membuat kebijakan untuk meminta eksekutif dan manajer memastikan, dengan meluangkan waktu untuk menyapa para bawahannya. Mengubah kebiasaan yang ada,  dapat memperbaiki suasana yang ada di kantor, dan membuatnya menjadi lebih nyaman dan bersemangat.

 

  1. Tingkatkan Komunikasi

Komunikasi mungkin biasa dianggap sepele, namun komunikasi dalam segala hal adalah hal yang penting. Begitu juga dengan meningkatkan suasana lingkungan kerja. Ada baiknya kita mulai untuk mencoba mengajak karyawan lain untuk berbicara santai, saling menyapa dan saling menghargai kerja keras mereka. Hal ini akan membuat karyawan merasa dihargai, dan nyaman bekerja di perusahaan. Selain itu, pastikan juga karyawan diberikan kesempatan untuk mengungkapkan segala sesuatu atau penilaian terhadap atasan atau manejemen perusahaan.

 

Uraian di atas hanya beberapa cara yang bisa diterapkan agar suasana kerja menjadi lebih penuh semangat dan nyaman. Tentu hal ini tidak hanya sekedar menjadikan karyawan lebih semangat dan nyaman dalam bekerja saja, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi perusahaan supaya lebih maju dan sukses.

 

 

 

Sumber

 

https://www.ekrut.com/media/6-cara-membuat-lingkungan-kerja-nyaman-agar

 

 

 

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp