5 Cara Tingkatkan Kolaborasi Tim yang Efektif

2020-12-03T09:14:57+00:00

integrasolusi.com –  Hai Sobat Office! Pernahkan mengalami beberapa permasalahan dalam berkomunikasi? Terutaman dalam kolaborasi kerja dengan tim Anda di kantor. Ya terkadang Anda sudah merasa dengan tepat dan benar menyampaikan informasi serta melakukan kolaborasi dengan efektif, namun apa yang terjadi sering muncul masalah belakangan. Dan hal tersebut sangat berbahaya karena  dapat berpengaruh besar pada hubungan antar tim dan bahkan antar individu yang ada dalam perusahaan yang dapat pula berpengaruh pada organisasi/perusahaan itu sendiri.

Oleh karena itulah, mengapa Anda harus bisa menjalin komunikasi dan kolaborasi antar tim dengan tepat dan secara efektif, komunikasi dan kolaborasi sangat diperlukan dalam sebuah tim dalam sebuah organisasi/perusahaan agar semua karyawannya punya kemampuan bersama-sama mewujudkan dan mencapai tujuan organisasi/perusahaan.

Nah untuk mencapai tujuan dan target dari organisasi, apa saja sih cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi yang efektif?yuk simak beberapa cara berikut ini :

  1. Pastikan Semua Anggota Terlibat

Ini yang harus Anda pastikan pertama-tama dalam berkolaborasi, bahwa seluruh anggota tim benar-benar ikut serta dan dilibatkan dalam setiap proses kolaborasi pekerjaan, mulai dari rencana awal, pembagian tugas dan penyelesaian akhir pekerjaan, yang pasti harus sesuai dengan keahliannya.

Jangan sampai anggota tim merasa kurang informasi atau merasa ditinggalkan, yang tentunya akan mempengaruhi pada time-line yang sudah di tentukan bisa-bisa tidak sesuai deadline dan target.

  1. Pastikan Kita Rekrut Anggota Tim yang Kompeten

Agar kolaborasi yang kita inginkan bisa maksimal, kita harus melakukan seleksi anggota tim dengan bijak dan selektif dari awal. Kolaborasi yang efektif membutuhkan orang-orang yang tangguh dan berbakat, dan itulan mengapa agar kolaborasi bisa efektif diperlukan orang-orang sebagai anggota tim yang berkompeten di bidangnya. Dengan kata lain, jangan sampai kita asal pilih anggota tim yang ada, hindari melakukan “membeli kucing dalam karung”. Karena dengan menyeleksi anggota tim dengan tepat, kolaborasi secara efektif akan mudah tercapai.

  1. Lebih Intens dalam Berkomunikasi

Setelah memastikan anggota tim ikut serta dan terlibat dalam kolaborasi pekerjaan sesuai dengan jobdesk nya, jangan lupa untuk selalu menjalin komunikasi. Tidak hanya sekedar komunikasi biasa saja, tapi harus lebih sering berinteraksi/berkomunikasi baik secara formal atau informal, tujuannya agar antar anggota tim bisa saling berdiskusi satu sama lain dalam menemukan ide-ide atau cara-cara baru dalam penyelesaian pekerjaan. Komunikasi yang terjalin dengan intens akan memudahkan pembentukan kolaborasi antar tim yang efektif.

  1. Kurangi Penggunaan Media E-Mail dalam Berkolaborasi

Ini sebenarnya bukan tidak boleh menggunakan emai dalam melakukan kolaborasi, melainkan sebisa mungkin jangan dijadikan media utama dalam berkomunikasi. Karena hanya dengan membuka dan membaca email saja, anggota tm belum tentu paham maksud dari email yang diterima, dan tentu saja dengan email, kita tidak bisa secara langsung saling berkomentar atau saling menanggapi data yang dikirimkan. Gunakan cara yang komunikasi yang lebih efektif dalam berkolaborasi, misalnya, berinteraksi langsung, presentasi online atau bahkan bisa saja dengan meeting online.

  1. Gunakan Aplikasi Pendukung Sesuai Kebutuhan

Untuk cara ini, bisa dilakukan sesuai kebijakan dan kebutuhan dari kolaborasi itu sendiri, biasanya ada kesepakatan bersama tim untuk menggunakan atau memanfaatkan aplikasi digital yang banyak tersedia saat ini. Aplikasi-aplikasi digital itu, nantinya dapat digunakan dalam mendukung kolaborasi pekerjaan agar lebih efektif dan efisien. Tapi apakah ada aplikasi digital yang bisa kita manfaatkan dan sesuai kebutuhan dalam mendukung kolaborasi secara efektif?

Ya tentu saja ada banyak, seperti aplikasi integraOffice yang dikembangkan oleh PT Integra Teknologi Solusi sebagai salah satu perusahaan IT yang berkompeten dalam membantu memberikan solusi IT yang inovatif, integraOffice sendiri sudah dipercaya oleh beberapa kementrian, BUMN, Pemerintahan, Universitas dan perusahaan swasta.

Apa saja aplikasi dari integraOffice yang bisa kita manfaatkan?  ini sekilas informasinya :

  • integraOffice Persuratan daan integraOffice Cloud yang dapat membantu kolaborasi tim dalam aktivitas surat-menyurat dan disposisi dengan efektif dan efisien kapanpun dan dimanapun.
  • integraOffice DMS, bisa membantu kolaborasi tim dalam hal pengelolaan dokumen-dokumen secara digital, yang tentu saja dapat membantu tim dalam berkolaborasi terkait dokumen dari mana saja dan kapan saja.
  • integraOffice KMS, ini juga sangat berperan penting dalam mengelola semua pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh seluruh anggota tim yang ada dalam senbuah aplikasi knowledge, dengan tujuan agar pengetahuan yang ada bisa disebarluaskan dan dimanfaat ke anggota tim yang lain.
  • integraOffice helpdesk, bisa dimanfaatkan oleh anggota tim dalam berkolaborasi menyelesaikan keluhan-keluhan dari pelanggan, sehingga semua keluhan bisa tertangani secara tepat dan efektif
  • integraOffice Absensi, ini juga bisa dimanfaatkan dalam berkolaborasi secara efektif, karena integraOffice Absensi ini sebagai solusi permasalahan absen kehadiran, yang bisa digunakan sebagai salah satu tolok ukur penentuan tingkat kinerja anggota dalam tim yang berkolaborasi. Sehingga dapat diketahui anggota tim mana saja yang kurang displin dalam pekerjaan yang dilakukan.

Uraian di atas, hanya beberapa cara saja untuk meningkatkan kolaborasi yang efekttif dalam organisasi/perusahaan. Tentunya masih banyak cara dan metode lainnya dalam kolaborasi secara efektif, yang bersama-sama mewujudkan dan mencapai tujuan serta target yang telah ditentukan.

Ingin lebih detai tentang tools yang digunakan agar kolaborasi menjadi lebih efektif?

Silakan hubungi kami

 

Semoga bermanfaat !

 

 

 

 

 

 

dari berbagai sumber :

: https://www.studilmu.com/blogs/details/4-cara-meningkatkan-kolaborasi-yang-kreatif

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp