Pengembangan SIGAP sebagai Upaya Meningkatkan Layanan PDDIKTI

2020-11-12T16:15:42+00:00

integrasolusi.com – Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) merupakan sebuah konsep pendataan yang telah berhasil diimplementasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna menunjang proses penjaminan mutu Perguruan Tinggi (PT) di seluruh Indonesia. Lebih dari 4500 PT telah menggunakan sistem layanan yang ada di PDDIKTI seperti feeder, forlap, dll. Selama lebih dari 4 tahun PDDIKTI berjalan, tentu banyak tantangan dan kendala yang dihadapi di lapangan yang menuntut adanya sebuah sistem manajemen yang tidak hanya sekadar menampung keluhan atau pertanyaan dari para pengelola Perguruan Tinggi namun bisa memberikan pengetahuan, pembelajaran, dan kolaborasi yang lebih intens untuk menjangkau semua pemangku kepentingan mulai dari Kementerian Pusat, Kementerian terkait, Koordinator Wilayah/LLDIKTI, dan unit-unit lain yang juga punya peranan penting.

SIGAP, sebagai salah satu jejaring pengelola PDDIKTI, yang telah digunakan sebagai sistem penanganan pelaporan permasalahan secara daring di Perguruan Tinggi, saat ini telah digunakan dengan cukup maksimal oleh penggunanya. Dan dalam perjalanannya, ada beberapa masukan sebagai peluang perbaikan demi untuk pengembangan dan peningkatan fungsi SIGAP. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, yang telah memaksa banyak pihak/instansi untuk harus melakukan kerja dari rumah (WFH). Sehingga, pertemuan-pertemuan untuk konsultasi yang biasanya dapat dilakukan dengan tatap muka secara langsung, di masa seperti sekarang ini hal tersebut sulit dilakukan karena adanya kekhawatiran terhadap penyebaran virus Corona.

Untuk lebih meningkatkan fungsi SIGAP sebagai aplikasi yang membantu dalam menangani permasalahan yang ada di perguruan tinggi, maka diusulkan pengembangan untuk menambahkan beberapa fitur, salah satunya adalah fitur video call sebagai layanan konsultasi secara daring yang diharapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan. Selain itu, ada juga beberapa peningkatan lain yang akan dilakukan, di antaranya menambah dan mengoptimasi penyajian beberapa data statistik, fungsi untuk memantau dan mengontrol aktivitas dan kinerja dari petugas helpdesk LLDIKTI, mengakomodir pengguna tamu, dan peningkatan aplikasi SIGAP mobile di android, agar dapat mengakomodir perubahan-perubahan yang telah dilakukan pada sistem. Di bawah ini akan dijelaskan item-item pengembangan aplikasi SIGAP pada tahun 2020, antara lain:

  • Upgrade Android Mobile Application: Implementasi fitur eskalasi tiket yang telah dikembangkan pada aplikasi SIGAP website. Fitur ini nantinya akan memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi SIGAP karena dapat dilakukan melalui smartphone, dan tidak perlu harus menggunakan laptop/pc saat membuat dan memantau tiket.
  • Modul Video Conference: Untuk mengakomodir kondisi terkini dengan terjadinya pandemi covid-19, dinilai perlu untuk menambahkan fitur konsultasi tanpa tatap muka secara offline dengan memanfaatkan video call. Fitur ini akan dipasang di layanan konsultasi online, di mana user harus membuat tiket untuk mendapatkan jadwal konsultasinya. Tiket yang dibuat berisi materi yang akan dikonsultasikan dengan petugas dari PDDIKTI. Tiket yang telah dibuat, akan dibalas oleh petugas PDDIKTI, apakah permintaan tersebut cukup dijawab dengan tiket, atau dipenuhi dengan memberikan jadwal dan tautan untuk nanti dilakukan konsultasi online.
  • Peningkatan Penyajian Statistik: Data statistik yang ada saat ini beberapa dirasa terlalu berat saat dimuat, sehingga perlu dilakukan optimasi pada query Ada beberapa kebutuhan juga pada data statistik selain yang sudah ada saat ini, di antaranya statistik untuk mengetahui jumlah total tiket yang dibuat pada periode tertentu dan jumlah tiket yang sudah selesai pada periode tertentu, dan data statistik lain yang nanti diperlukan.
  • Modul kontrol aktivitas/kinerja petugas helpdesk LLDIKTI: Pada pengembangan SIGAP sebelumnya, LLDIKTI diberikan peran sebagai petugas helpdesk layer Di mana semua tiket yang dibuat oleh operator Perguruan Tinggi akan diterima lebih dahulu oleh petugas helpdesk LLDIKTI. Lalu selanjutnya bila petugas helpdesk LLDIKTI tidak mampu menyelesaikan permasalahannya, bisa dieskalasi ke layer berikutnya. Untuk memantau aktivitas dan kinerja petugas helpdesk LLDIKTI, diperlukan sebuah kontrol, agar bisa diketahui seberapa banyak permasalahan dari PT yang dapat terselesaikan di layer 1 tersebut.
  • Modul khusus mengakomodir user non operator yang berkunjung ke kantor: Seiring berjalannya waktu, ada kebutuhan tamu-tamu yang datang ke kantor PDDIKTI dapat difasilitasi dengan menggunakan SIGAP agar permasalahannya dapat ditangani secara sistem. Untuk itu, perlu ada fitur login pada SIGAP agar pengguna non operator dapat membuat tiket. Dan ada mekanisme pemberitahuan kepada pengguna non operator untuk mendapatkan pemberitahuan dari penanganan tiket yang telah dibuat.
  • Modul memperketat fitur saat membuat tiket: Sebelum operator PT membuat tiket untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi, harus melalui tahapan pencarian dari FAQ/knowledge base dan dari tiket-tiket yang pernah dibuat sebelumnya yang mirip, menggunakan kata kunci tertentu. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada pertanyaan dengan tema sama, yang berulang kali ditanyakan (mirip/redundan).
  • Modul notifikasi penanganan tiket dengan Whatsapp: Dalam pembuatan tiket, progres penanganan tiket, sampai tiket selesai, ada notifikasi yang akan diterima oleh semua operator dan petugas helpdesk, berupa pemberitahuan, tiket sedang dalam proses apa. Hal ini dimaksudkan agar pihak yang berkepentingan dapat segera merespon perkembangan tiket.

Tujuh item pengembangan yang dijelaskan di atas merupakan kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh PDDIKTI, dengan harapan operasional pelayanan dapat dilaksanakan dengan maksimal. PT Integra Teknologi Solusi sebagai pihak yang dilibatkan dalam pengembangan aplikasi SIGAP selalu memberikan pelayanan prima untuk membantu pengembangan tersebut. Sejak tahun 2017, PT Integra Teknologi Solusi selalu dilibatkan mulai dari pengembangan awal hingga pengembagan lanjutan sampai dengan saat ini. Komitmen atas kepercayaan yang diberikan merupakan wujud dharma bakti kami pada negeri ini.

Lebih jelas terkait aplikasinya, klik disini

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp