Kebiasaan Ini Harus Anda Bangun Supaya Menjadi Orang yang Efektif

2020-11-25T16:08:20+00:00

Didunia ini siapa yang tidak ingin hidupnya produktif dan efektif. Tentunya sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk efektif dalam menghadapi berbagai persoalan hidupnya. Keefektifan kita dalam bertindak dan melakukan sesuatu inilah yang membuat kita menjadi lebih mudah dalam mencapai target yang  sudah kita tetapkan. Baik dalam konteks perorangan ataupun tim pada saat kita bekerja efektif merupakan hal yang sangat penting apalagi jika anda berada pada lingkungan yang berorientasi pada hasil, maka Anda harus memiliki sifat ini. Pada kesempatan ini kami akan coba memaparkan kepada Anda mengenai beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun sifat efektivitas pada diri Anda. antara lain adalah :

  1. Memulai Sesuatu Dengan Mempertimbangkan Tujuan Akhir

kebanyakan orang berpikiran bahwa memulai adalah hal utama. Pikiran “yang penting mulai saja dulu” ini ternyata sering disalah artikan tanpa memikirkan apa tujuan akhirnya. Alangkah baiknya mulai saat ini buatlah tujuan dari setiap pekerjaan yang akan Anda mulai. Dengan adanya tujuan maka arahnya isa semakin jelas, dan tentu tingkat efektivitas dan produktivitasmu semakin meningkat.

  1. Bersikap Proaktif

Berusahalah untuk selalu ikhlas dalam mengerjakan segala sesuatu. Dengan bersikap proaktif baik terhadap pekerjaan ataupun peluang-peluang yang ada di depan matamu. Anda akan sadar bahwa ikhlas dan proaktif adalah kunci yang tepat dalam menumbuhkan sisi efektif dan produktifmu.

  1. Asah Nalar dan Kepekaanmu

Efektivitas dan produktifitas juga harus diasah. Semakin sering Anda mengasahnya maka semakin tajam pula produktivitasmu. Caranya adalah dengan mengasah nalar dan kepekaan Anda. Dengan begitu Anda akan lebih peka dengan situasi sosial, emosional dan juga spritual yang tentu saja bisa memunculkan berbagai ide cemerlang dalam diri Anda.

  1. Pahami Orang Lain

Efektif dan produktif lahir dari bagaimana cara kita bisa memahami orang lain dengan baik. Tidak hanya berpurar pada diri kita sendiri. Ego juga hal yang harus dikontrol sehingga sisi efektif tidak tenggelam dan perilaku produktifmu tidak hilang. Pahamilah orang lain dan berusahalah untuk melihat melalui sudut pandangnya.

  1. Bangun Pemikiran Saling Menguntungkan

Kepercayaan yang timbul dari kerja sama yang saling menguntungkan antar individu juga perlu Anda kembangkan bila ingin meningkatkan sisi efektif dan produktif pada diri Anda. Lupakan kepentingan pribadi yang terlalu egois. Belajarlah menjadi pribadi yang lebih mengutamakan kemaslahatan bersama.

  1. Kerjakan Apa yang Terbesit di Pikiranmu

Dalam meningkatkan efektivitas dan produktivitas, Anda juga harus pandai dalam mengatur waktu. Jangan biarkan satu persatu aktivita Anda saling bertabrakan sehingga membuat Anda bingung sendiri. Usahakan dahulukan aktivitas apa yang pertama kali ada di dalam kepala dan jangan menundanya.

  1. Lakukan Sinergi

Kerjasama dan saling bersinergi merupakan kunci untuk Anda dalam mengasah keefektifan dan keproduktifan diri. Dengan saling bersinergi dengan orang lain Anda akan belajar bahwa kekurangan yang ada pada diri kita bisa ditutupi dengan kelebihan orang lain yang bekerja sama dengan kita. Begitu pula sebaliknya. Hal ini akan membuat segala sesuatu menjadi lebih ringan. Dan tentu saja, Anda akan menjadi lebih efektif dan produktif.

Jika Anda menjadi pribadi yang efektif,  Anda dan orang di sekitar Anda yang akan diuntungkan. Jadi, sudah siapkah untuk menjadi pribadi efektif ?

 

Sumber

https://www.idntimes.com/life/inspiration/muhammad-farid-hermawan/menjadi-pribadi-produktif-c1c2/7

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp