Software as a Service Atau On Premise ?? Bingung pilih mana ?? Yuk Simak !!

2020-11-19T00:51:46+00:00

integrasolusi.com – Pemanfaatan teknologi dan informasi saat ini telah menjadi alternatif dalam menjadikan aktifitas operasional organisasi menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam prakteknya dilapangan, ada organisasi yang mampu secara mandiri untuk mengembangkan teknologi dan informasi kedalam operasionalnya, namun tidak sedikit juga organisasi yang belum sampai pada level tersebut. Solusi IT banyak muncul dari penawaran berbagai vendor. saat ini, muncul beberapa metode yang ditawarkan oleh vendor diantaranya adalah metode SaaS (Software as a Service) dan metode On Premise. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah manakah diantara metode tersebut yang paling cocok untuk organisasi Anda ??

Sebelumnya bicara mengenai mana yang paling tepat untuk kita pilih antara metode Saas atau On Premise, kita harus memahami apa definisi dari kedua metode tersebut. Pertama, Saas merupakan metode yang ditawarkan oleh vendor berupa layanan, dimana instansi yang akan menggunakan tidak perlu lagi bersusah payah menyiapkan semua infrastruktur yang dibutuhkan, bahkan termasuk juga tenaga ahli khusus untuk memaintenance. Hal ini dikarenakan dalam metode SaaS semua infrastruktur da tenaga ahli sudah disiapkan oleh vendor. Artinya, instansi yang akan menggunakan sudah menerima jadi, tentunya dengan spesifikasi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan instansinya. Dari segi biaya, metode ini juga relatif lebih ringan karena biaya dikeluarkan dengan sistem berlangganan. Sedangkan metode

On Premise merupakan metode pembelian sistem atau software secara terputus. Artinya instansi yang akan menggunakan harus menyiapkan segala infrastruktur yang dibutuhkan seperti server, dan juga termasuk harus ada tenaga khusus yang berkompeten untuk melakukan maintenance sistem tersebut. dari segi biaya metode ini relative lebih tinggi dibandingkan dengan sistem SaaS, karena semua source dari  software tersebut diberikan langsung kepada instansi pengguna. Sehingga instansi pengguna bisa bebas untuk merubah atau memodifikasi sistem tersebut.

Kemudian pertanyaannya adalah manakah metode yang sesuai untuk instansi Anda ?? tentu jawabannya adalah tergantung dengan kondisi dari instansi Anda. apabia instansi Anda tidak memiliki infrastruktur yang mamadai, tidak memiliki tenaga IT juga yang memadai, maka solusi metode SaaS menjadi tepat untuk Anda adopsi. Selain itu metode SaaS ini juga cocok bagi instansi yang memiliki keterbatasan anggaran karena pembiayaan dengan metode ini relative lebih ringan. Apabila instansi Anda merupakan instansi yang memang sudah mempunyai segala infrastruktur yang dibutuhkan dan tenaga IT yang kompeten dan memadai, serta memiliki anggaran yang cukup. Maka solusi metode On Premise menjadi tepat untuk Anda Adopsi.

Dengan adanya metode ini tentu akan memudahkan instansi dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dalam operasionalnya. PT Integra Teknologi Solusi juga sudah menyiapkan metode SaaS dan On Premise, tentunya tim Integra akan senantiasa memberikan yang terbaik, serta memastikan sistem yang akan digunakan bisa berjalan secara optimal di instansi Anda.

Ingin tahu apa saja aplikasi integraOffice yang menggunakan metode di atas? Klik disini

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp