8 Fitur Penting di Aplikasi Helpdesk

2020-11-20T16:47:22+00:00

integraOffice – Kamu pasti setuju bahwa kepuasan pelanggan adalah prioritas utama bagi bisnis dan perusahaan untuk terus berkembang. Oleh karena itu, perusahaan terus mengupayakan cara terbaik dalam melayani para pelanggan. Dan hal yang tidak kalah penting lainnya adalah bagaimana mempertahankan mereka untuk terus menggunakan produkmu. Yup! Kuncinya adalah kepercayaan.

Untuk menjaga kepercayaan dan melayani para pelanggan, kamu harus memiliki tim customer service yang mumpuni. Namun, itu saja belum cukup jika tidak didukung dengan kehebatan teknologi. Coba saja kita bayangkan berapa banyak anggota customer service yang dibutuhkan untuk melayani 1000 pertanyaan pelanggan setiap harinya. Apa iya kamu harus merekrut belasan atau puluhan anggota?

Cara paling efektif dan efisien untuk mengelola semua kebutuhan tersebut adalah aplikasi Helpdesk.

Ya benar sekali, Helpdesk adalah software yang digunakan untuk menanggapi pertanyaan, keluhan, serta kritik dan saran dari pelanggan dengan menyediakan informasi yang mereka butuhkan melalui ticketing system.

Ticketing system itu sendiri merupakan salah satu sistem pada aplikasi Helpdesk dimana pertanyaan, keluhan ataupun kritik dan saran dari pelanggan yang dikirim dari berbagai media akan masuk ke dalam sistem dan diterima agen customer service berupa tiket. Tiket akan tersimpan dan terstruktur dengan rapi pada aplikasi helpdesk sehingga mempermudah agen untuk melacak tiket yang masuk.

Pertanyaan selanjutnya pasti, bagaimana memilih aplikasi helpdesk terbaik untuk perusahaanmu.

  1. Memungkinkan pelanggan untuk menemukan sendiri kebutuhan mereka

Pilihlah aplikasi helpdesk yang memungkinkan pelanggan menemukan sendiri kebutuhan mereka. Aplikasi helpdesk biasanya memuat FAQ dimana pelanggan dapat menemukan jawaban yang mereka butuhkan.

Namun akan lebih maksimal jika ada fitur merubah tiket yang sering ditanyakan dan sudah terjawab permasalahannya menjadi sebuah FAQ. Dikarenakan hal ini akan sangat terasa lebih terjalin kedekatan dengan pelanggan, karena menjawab semua masalah real mereka.

 

  1. Kolaborasi dari berbagai tim di satu tempat

Fitur ini memungkinkan kamu untuk berdiskusi tim di dalam satu tiket untuk menemukan solusi yang tepat. Kamu juga bisa meneruskan tiket kepada tim yang bersangkutan tanpa harus kehilangan jejak dari tiket tersebut.

Jadi, kamu tetap bisa mengetahui bagaimana perkembangan dari pemecahan masalah tersebut.

 

  1. Otomatisasi dan kemudahan penggunaan

Kemudahaan dalam penggunaan pasti point utama dalam semua pilihan aplikasi. Tapi bagaimana jika ternyata dalam helpdesk terdapat sebuah fitur otomatis yg memudahkan kamu dalam menjawab tiket, pasti bakal mempercepat kinerja mu bukan.

Pertanyaan selanjutnya pasti, se-otomatis apa helpdesk yang baik itu, karena bagaimana pun semua butuh sentuhan kemanusiaan. Jawabannya adalah otomasisasi menjawab tiket yang sama atau mirip secara bersamaan, otomatisasi mendapat sugesti jawaban dari tiket yang sudah solve sebelumnya, berdasarkan kemiripan tiket, dan otomatisasi memberikan jawaban yang sering digunakan.

 

  1. Notifikasi realtime terkait status tiket

Sudah menjadi rutinitas kita dalam keseharian tak lepas dari peran komunikasi via WhatsApp. Bagaimana jika perkembangan tentang tiket, baik untuk kamu atau pun pelangganmu, di laporkan secara realtime langsung di no WhatsApp mu sendiri. Dengan adanya fitur ini  apabila ada keluhan dari pelangganmu tak akan terlewatkan lagi, dan kamu bisa memantau kondisi tiket tersebut dari notifikasi WhatsApp mu saja, mudahkan.

 

  1. Mengakomodir Video Conference Class

Bukankah software terbaik itu yang mengikuti perkembangan jaman, begitu pula untuk helpdesk. Bayangkan jika ada pelanggan yang belum terpuaskan, terkait permasalahannya, maka bisa dikelompokkan dalam kelas sendiri secara manual maupun otomatis, lalu dibuatkan kelas online khusus dengan zoom. Pelanggan akan lebih merasa terpuaskan jika ada sarana tatap muka, walaupun secara online.

 

  1. Statisktik untuk memantau kinerja

Fitur ini berguna untuk kamu bisa memantau giman kinerja agen customer service mu dalam menjawab tiket, seberapa cepat dia menjawab, seberapa cepat dia menyelesaikan tiket tersebut, seberapa banyak tiket yang diselesaikannya dalam suatu waktu. Fitur ini pasti akan sangat berguna untuk menilai gimana kinerja tiap pegawai mu, dan bisa jadi bahas evaluasi pula.

  1. Tersedia dalam bentuk mobile

Gadget atau gawai, sudah menjadi kebutuhan utama bagi kita saat ini. Jadi akan lebih maksimal jika pekerjaan kita bisa dikerjakan langsung dari smartphone saat itu juga.

 

  1. Fleksible

Kebutuhan setiap perusahaan sangat berbeda antara satu dengan yang lain, akan lebih maksimal jika aplikasi helpdesk mu dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaanmu. Bayangkan jika kamu menggunakan aplikasi yang dibuat umum, dan ternyata tidak sesuai dengan aturan di perusahaanmu, tidak akan maksimal bukan hasilnya.

 

Memilih aplikasi helpdesk yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan memang bukan hal yang mudah. Kamu harus melakukan riset kecil terlebih dahulu. Untuk langkah pertama, kamu bisa mencoba integraOffice Helpdesk (iOH). iOH selain memiliki semua fitur lengkap seperti yg dijelaskan diatas, iOH pun sudah digunakan oleh Ditjen Pendidikan Tinggi,  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengelola berbagai pertanyaan, keluhan, serta kritik dan saran dari semua perguruan tinggi di Indonesia. Jadi tak perlu diragukan lagi kinerja iOH ini bukan?

Untuk informasi lebih lanjut, klik disini !

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp