Ini Tips Jadi Orang yang Efektif Penasaran? Yuk simak! 

2020-11-26T09:59:28+00:00

integrasolusi.com –  Hai #sobatoffice ! pasti sudah tahu kan, kalau manusia adalah sebagai mahkluk sosial? Dimana kita sebagai mahkluk sosial selalu dituntut untuk sebisa mungkin menghadapi berbagai macam persoalan yang ada secara efektif. Dan siapa sih yang tidak ingin dalam hidupnya menjadi pribadi yang kreatif dan efektif? Pastinya kita semua ingin seperti itu. Nah sebelum kita membahas lebih jauh lagi sesuai judul di atas. Apa sih efektif itu ?

Menurut pendapat para ahli, efektif adalah cara mencapai suatu tujuan dengan pemilihan cara yang benar dari beberapa alternatif, kemudian menginplementasikan pekerjaan dengan tepat dengan waktu yang cepat.

Selanjutnya kita akan bahas sesuai judul artikel di atas, bagaimana menjadi orang yang efektif. Menurut Stephen R. Covey dalam bukunya 7 highly effective people, ada beberapa tips untuk bisa mnenjadi orang yang efektif. Apa saja itu, yuk simak tips berikut ini :

  1. Jadilah Proaktif

Bersikap proaktif, bukan hanya berani menghadapi tantangan dan mengambil resiko yang ada, tetapi lebih kea rah berani bertanggung jawab dan menentukan arah yang akan di capai.

Dimana kita harus sadar diri akan kondisi yang kita alami sekarang ini tanpa harus menyalahkan orang lain, dan kita harus bisa mengubah kondisi itu menjadi lebih baik lagi.

Ada beberapa ciri dari orang proaktif, seperti : selalu menggunakan kata saya bisa, saya mau, dan saya akan berusaha.

 

  1. Mulai dari Bagian Akhir

Maksudnya kita harus merujuk pada tujuan kita, ini  berarti kita harus menetapkan apa sih tujuan kita, dan bagaimana mengatur perencanaan serta strateginya, dan bergerak mencapai tujuan kita tersebut.

 

  1. Dahulukan yang Benar-Benar Penting

Ketika kita dihadapkan dengan banyak pekerjaan atau banyak keinginan, tentukan kita harus pilih mana pekerjaan yang bisa kita selesaikan dalam waktu yang terbatas ini, atau tentukan keinginan yang mana yang benar-benar butuh dan penting

Tentukan mana pekerjaan/keinginan yang harus diselesaikan/dipenuhi segera dan mana yang bisa ditunda. Selesaikanlah pekerjaan/keinginan yang harus diselesaikan/dipenuhi segera.

 

  1. Berpikir Win-Win Solution

Kebanyakan orang cenderung berpikir secara dikotomi: kuat atau lemah, keras atau lunak, menang atau kalah. Akan tetapi cara berpikir seperti ini pada dasarnya cacat.

Cara berpikir ini didasarkan pada kekuasaan dan posisi dan bukan pada prinsip.

Win-win solution didasarkan pada paradigma bahwa ada banyak solusi untuk setiap orang.

Keberhasilan satu orang tidak dicapai dengan mengorbankan keberhasilan orang lain.

 

  1. Mengerti Sebelum Dimengerti

Jika ada masalah apapun di hidupmu, jangan panik dulu, tapi tenangkan pikiranmu.

Pahami situasinya secara keseluruhan seperti apa, baru pikirkan kemungkinan solusinya. Cari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing solusi yang ada. Intinya, pahami dulu situasinya sebelum kamu bertindak dan menuntut dimengerti

 

  1. Sinergi

Dalam hal ini, sinergi berarti mencari alternatif lain yang lebih baik dari cara yang ada, dengan

Sinergi ini bisa berarti memanfaatkan perbedaan-perbedaan yang ada Untuk mengatasi masalah dan mendapatkan peluang yang baru. Dalam bersinergi kita harus berlatih sedini mungkin menjadi pribadi yang berpikir kedepan sebelum bertindak atau memutuskan sesuatu.

 

  1. Asah Gergajimu

Maksudnya adalah kita harus ada keinginan untuk terus belajar dan belajar lebih giat lagi. Jangan pernah merasa sudah ahli, teruslah belajar dan kembangkan kemampuan. Tetap rendah hati, semangat berkarya, dan memberikan yang terbaik

 

Nah itulah beberapa tips tentang menjadi orang yang efektif. Memang menjadi orang yang efektif tidaklah mudah, akan ada kesulitan tersendiri yang bisa kita jadikan tantangan dalam mencapaii tujuan yang telah kita tentukan. Dan sebuah kesuksesan tentunya dimulai dengan adanya pengorbanan. Untuk itu mulailah dari sekarang mengorbankan hal-hal buruk kita, untuk kita ubah menjadi kebiasaan-kebiasaan baik agar kita bisa menjadi pribadi/orang yang efektif bagi diri kita dan sekitar kita.

Dari ketujuh tips di atas, mana yang paling dibutuhkan oleh Anda?

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Sumber :
https://saintif.com/efektif-adalah/
https://bisnismuda.id/read/1189-jane-mitha/ingin-menjadi-orang-yang-efektif-ini-tipsnya

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp