Untuk Anda yang Ingin Jualan Online, Tapi Tidak Dapat Memulai ! Ini Cara Mudahnya

2020-11-26T15:50:47+00:00

pasarwa.id – Salam buat para pembaca!khususnya bagi para penggiat usaha online shop. Semoga Anda semua baik-baik saja dan tetap dalam keadaan sehat selalu, dan semoga keadaan yang serba tidak menentu ini segera berlalu. Ngomong-ngomong jualan online atau dagang secara online, pastilah sudah banyak yang tahu, atau bahkan pernah juga berjualan atau bertransaksi secara online. Tentunya sangat mudah dalam transaksinya, meski ada sebagian konsumen yang masih kurang bisa percaya terhadap jual-beli secara online atau daring yang saat ini lagi Booming. Terlepas dari rasa takut atau kurang percaya jual-beli secara online di sebagian masyarakat kita, toh sekarang makin banyak bermunculan marketplace-marketplace baru dalam memdukung dunia online shop, dan juga banyak juga yang membuka toko online nya melalui media sosial yang dimiliki, ya karena cukup mudah dan gampang dalam membuka toko online sendiri.

Bagi Anda yang  baru ingin memulai dalam dunia jualan/bisnis online, telepas apakah sudah berpengalaman atau belum, tentunya akan coba kami berikan sedikit tips dan informasi yang harus diperhatikan, dan sekiranya dapat berguna dan dapat diimplementasikan ketika Anda akan mulai membuka usaha secara online.

Apa saja sih yang harus dipersiapkan bagi Anda yang ingin jualan online tapi belum dapat memulainya? Yuk simak beberapa tips berikut ini :

  1. Siapkan Mental Jualan

Hal pertama yang perlu Anda siapkan dengan sungguh-sungguh adalah mental Anda terlebih dahulu, terutama kalau Anda belum pernaj punya usaha sendiri baik offline atau online. Karena dalam jualan online, ada sedikit perbedaan karakter pembeli online dengan pembeli offline,  yak arena dengan online mereka akan secara mudah mengakses informasi jualan yang Anda tawarkan. Pastikan nanti toko online Anda punya tampilan yang mudah dan user friendly dengan berbagai macam tipe pembeli online. Mental Anda harus benar-benar siap dalam menghadapi pembeli/pelanggan yang rewel atau bahkan berkomentar tidak enak terhadap toko online Anda, jangan sering baper kalau ada pembeli yang hanya bertanya dan tidak jadi membeli.

Selanjurnya Anda harus menyiapkan mental dalam  mengatur jam kerja toko online Anda, jangan sampai mengganggu aktivitas Anda lainnya.

 

  1. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Ini penting sekali, karena kita ini jualan online, dan tentu saja harus ada dong produk yang Anda jual/tawarkan ke pembeli. Dalam menentukan produk yang akan dijual, cara paling gampang adalah dengan menjual produk yang Anda kuasai, atau sekiranya Anda paham kelebihan dan kekurangan produknya.

Jangan takut, jika Anda merasa belum menguasai tentang produk yang ditawarkan, Anda bisa mempelajarinya sambal memasarkan produknya, ya dengan mencari tahu atau browsing di Google atau sharing dan diskusi dengan rekan atau komunitas jualan online. Sebagai catatan tambahan, jangan malu untuk mengakui hal-hal yang belum anda ketahui kepada pelanggan.

 

  1. Susun Rencana Bisnis Online Anda

Ini maksudnya adalah, Anda tidak sekedar membuka toko online saja, melainkan Anda harus punya rencana ke depan tentang usaha online yang Anda rilis, apakah akan melebarkan sayap ke jenis produk lainnya, atau bahkan Anda akan membuka toko offline ketika usaha Anda sudah benar-benar sukses. Dalam Menyusun rencana bisnis  seperti halnya, menentukan nama toko, menentukan produk dan harga jualnya, hingga berapa lama modal Anda akan Kembali dari hasil usaha online.

 

  1. Mencari dan Menentukan Supplier

Anda sudah tahu tentang produk yang akan dijual, nah sekarang saatnya memikirkan darimana atau produksi mana barang yang akan dijual. Sesekali sempatkan waktu untuk mencari informasi tentang supplier dari prdouk Anda dan pastikan Anda mudah bekerjasama dan tidak merugikan. Beberapa contoh tolak ukur dalam menentukan supplier  adalah seperti berikut :

  • Lokasi supplier
  • Harga yang mereka tawarkan,
  • Ketersediaan stok barang yang akan ada jual,
  • Kemudahan dan kelancaran komunikasi dengan supplier

  1. Tentukan Tempat Berjualan

Ini yang utama dalam berjualan online. Pastikan sudah ada gambaran dimana Anda akan menjual priduk Anda. Tapi dengan berkembangnya teknologi informasi sekarang ini, tidak akan sulit mencari tempat untuk jualan online. Sekarang banyak sekali bermunculan marketplace yang sangat membantu dalam berjualan secara online, maupun media-media sosial yang juga menyediakan tempat khusus untuk jualan online, seperti Facebook Marketplace, Line, Instagram, WhatsApp, dll.

Nah untuk ini, dalam membantu Anda semua agar dengan mudah dalam memasarkan produk dan berjualan online, kini hadir pasarWA sebagai solusinya. Dengan aplikasi ini, Anda dapat berjualan secara online di manapun dan kapanpun dengan lebih mudah. PasarWA dapat mengirimkan data pemesanan pelanggan secara otomatis kepada Anda, menampilkan seluruh produk Anda dengan tampilan yang menarik, dan memberikan statistik penjualan secara berkala.

pasarWA bisa membantu jualan hanya dengan mengandalkan nomor WA saja, nanti semua orderan akan langsung masuk ke nomor WA Anda sebagai penjual.

Beberapa tips di atas semoga bisa membantu bagi Anda yang ingin berjuakan online tapi belum bisa memulainya. Dengan uraian singkat di atas, semoga Anda sudah ada gambaran bagaimana harus memulai untuk berbisnis online, salah satunya dengan katalog toko online, yaitu pasarWA.

Tunggu aplagi, mulailah bisnis online Anda sekarang! Klik disini untuk memulainya.

Semoga bermanfaat

 

 

 

 
Sumber :
https://blog.porinto.com/tips-jualan-online-untuk-pemula/
https://www.niagahoster.co.id/blog/jualan-online/

 

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp