Kenapa Kita Pilih SaaS ?

2021-01-04T16:42:53+00:00

integrasolusi.com – Salam #sobatoffice ! Semoga selalu sehat, dan saat sekarang serta masa mendatang, kita semua bisa mengatasi pandemi ini bersama. Aamiin.  Dan tidak lupa kita harus tetap optimis dan membawa energi baru untuk terus maju, terutama dalam rangka menjalani revolusi industri 4.0 dimana hampir semua aspek bisnis dari instansi/perusahaan butuh di fasilitasi (di terapkan) dalam aplikasi digital.

Dalam mengembangkan aplikasi, tentunya ada  2 jenis cara yang biasa dipilih oleh instansi/perusahaan. Buat sendiri atau serahkan kepada vendor aplikasi luar. Dan sekitar 2 dekade yang lalu sudah muncul istilah baru dari layanan yang disediakan oleh vendor aplikasi yaitu SaaS (Software as a Service). Dimana dengan adanya pengembangan model  SaaS dan model pengiriman berbasis cloud lainnya, telah membuka  sepenuhnya cara pandang instansi/perusahaan dalam memilih dan menerapkan teknologi untuk memfasilitasi bisnisnya.

Dalam perkembangannya, model bisnis SaaS terus mendapatkan daya tarik lebih di seluruh dunia. Perusahaan dari berbagai sektor,  mayoritas sekarang memilih model SaaS sebagai alternatif terbaik berikutnya untuk pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak di lokasi. Menurut laporan Computer Economics, sekitar 60% dari semua perusahaan sekarang telah mengintegrasikan setidaknya beberapa persentase solusi SaaS ke dalam bisnis mereka, dengan hampir 36% bertujuan untuk meningkatkan investasi mereka di bulan-bulan mendatang.

 

Apa itu Saas ?

Software as a Service, juga disebut sebagai SaaS atau Software on demand adalah bentuk layanan cloud. Otoritas Perlindungan Data Norwegia mendefinisikan layanan cloud sebagai istilah kolektif untuk segala hal mulai dari pemrosesan data dan penyimpanan data, hingga perangkat lunak di server yang dapat diakses dari server farm eksternal yang terhubung ke internet. Banyak layanan cloud yang mengaitkan dengan penyedia layanan cloud populer yang menawarkan penyimpanan gambar, video, dan file yang aman dan terlindungi. Contohnya termasuk Dropbox, iCloud dan OneDrive. Namun, ada banyak layanan cloud berbeda di pasar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kelompok pelanggan yang berbeda.

Gartner mendefinisikan Saas sebagai “Perangkat lunak yang dimiliki, dikirimkan, dan dikelola dari jarak jauh oleh satu atau beberapa penyedia. Penyedia memberikan perangkat lunak berdasarkan sekumpulan kode umum dan definisi data yang digunakan dalam model satu-ke-banyak di semua pelanggan yang dikontrak kapan saja dengan basis bayar untuk penggunaan atau sebagai langganan berdasarkan metrik penggunaan. ”

 

Kesimpulannya, untuk mengatasi kebingungan apa pun sejak awal, SaaS adalah singkatan dari “perangkat lunak sebagai layanan.” SaaS adalah saat penyedia menghosting aplikasi dan membuatnya tersedia untuk pelanggan melalui internet. Sederhananya, setiap perusahaan yang menjual perangkat lunak melalui sistem berbasis cloud terpusat dapat dianggap SaaS. SaaS biasanya menyediakan aplikasi yang dapat diunduh atau yang dapat digunakan pengguna selama mereka memiliki koneksi internet.

Kenapa kita pilih Saas dibanding project tradisionel seperti biasa ?

Bukan tanpa alasan bahwa SaaS mendominasi perkembangan TI saat ini. Software as a Service memiliki banyak keunggulan. Apakah Instansi/Perusahaan Anda mempertimbangkan untuk berlangganan solusi SaaS? Berikut adalah 7 alasan bagus mengapa Instansi/Perusahaan Anda sebaiknya memilih Saas :

 

  1. Anda hanya membayar apa yang Anda gunakan

SaaS cocok untuk semua orang – baik untuk penggunaan pribadi dan profesional, serta perusahaan kecil dan besar. Ini karena Anda biasanya hanya membayar untuk apa yang sebenarnya Anda butuhkan, dan Anda tidak perlu membeli paket besar perangkat lunak yang mahal dengan fitur yang tidak Anda gunakan. Sebagian besar layanan SaaS juga menawarkan peluang untuk menaikkan dan menurunkan tergantung pada kebutuhan Anda, yang membuatnya sangat hemat biaya dan fleksibel.

  1. Pembaruan menjadi pengalaman positif

Ini karena solusinya terletak dari jarak jauh dengan pemasok, sehingga pengembangan dan pembaruan terus dilakukan, tanpa Anda harus menginstal atau mengunduh perangkat lunak baru. Cukup masuk melalui browser Anda dan nikmati fungsionalitas baru!

 

  1. Akses dimana saja dan kapan saja

Dengan solusi berbasis cloud, Anda tidak perlu berada di depan komputer yang menginstal perangkat lunak khusus. Selama Anda memiliki akses internet, Anda dapat menggunakan layanan SaaS di mana saja dan kapan saja. Semudah itu !

 

  1. Hindari solusi mahal yang dikembangkan sendiri

Mengembangkan perangkat lunak Anda sendiri tidak hanya memakan waktu dan mahal, tetapi juga membutuhkan keahlian. Dengan menyewa layanan cloud, Anda tidak perlu mengembangkan, membeli, mendistribusikan, dan mengelola sendiri perangkat lunak. Penyedia layanan melakukan semua ini untuk Anda.

 

  1. Dapatkan layanan keamanan yang dapat Anda andalkan

Dengan menggunakan Software as a Service, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan dalam solusi Anda sendiri. Sebagian besar penyedia layanan cloud berusaha keras untuk mengatasi masalah keamanan dan bekerja terus menerus untuk mengamankan semua data yang Anda simpan di cloud. Praktik keamanan yang baik sangat penting bagi pelanggan Anda untuk menjaga kepercayaan mereka pada Anda, dan karenanya juga menjadi prioritas utama bagi sebagian besar pemasok cloud. Ini relevan sekarang, setelah GDPR diberlakukan. Konsekuensi dari pelanggaran data sangat serius sehingga keamanan adalah sesuatu yang harus Anda dan pemasok Anda fokuskan.

 

  1. Masalah dengan ruang penyimpanan dan perangkat yang lambat berakhir

Layanan SaaS dapat berjalan langsung dari browser web tanpa harus mengunduh atau menginstal perangkat lunak. Dengan begitu, Anda terhindar dari perangkat lunak di komputer dan / atau aplikasi yang menghabiskan ruang di ponsel Anda dan harus terus diperbarui. Semua yang Anda butuhkan sudah jelas bagi Anda di cloud.

 

  1. Mulailah dengan cepat

Setelah membeli layanan SaaS, tidak perlu waktu lama untuk melakukan setting data yang diperlukan agar Anda bisa menggunakan aplikasi. Karena solusi aplikasi sudah lebih matang, tinggal sediakan data yang dibutuhkan untuk dibantu penyedia Saas dan kemudian, voila, Anda sudah siap menggunakan!

Dari uraian di atas, ada banyak keuntungan dengan menggunakan model SaaS, dan juga banyak alasan bagus untuk memilih solusi SaaS. Sedikit berbagi, kami di PT Integra Teknologi Solusi sudah menyediakan beberapa layanan bersifat Saas untuk menanganai proses bisnis Persuratan & Disposisi (Eoffice), Manajemen Dokumen (Document Management System), Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management System), Helpdesk dan Absensi Online. Diluar layanan tersebut kami juga menyediakan layanan konsultasi terkait IT Master Plan dan Audit IT. Apakah Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai layanan SaaS atau layanan kami yang lain?

Tak perlu ragu lagi, segera hubungi kami !

 

 

 

 

Referensi :
https://zylo.com/blog/4-reasons-procurement-teams-choosing-saas/
https://medium.com/swlh/5-reasons-to-consider-saas-for-your-business-applications-352366564ea3
https://www.profitwell.com/recur/all/saas-benefits
https://huskyintelligence.com/saas/

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp