Sudahkah Mempersiapkan Solusi IT Organisasi Anda untuk Tahun Depan?

2020-12-29T08:38:45+00:00

integrasolusi.com – Teknologi dan Informasi, adalah dua hal yang sangat penting pada masa sekarang ini, terlebih kita semua sekarang berada pada era revolusi industri 4.0, dimana sekarang ini semua aktivitas kerja dilakukan secara otomatis, dari yang dulunya dilakukan secara manual konvensional, kini mulai beralih ke sistem yang lebih efektif dan efisien dengan menggunakan teknologi digital. Dan beralihnya cara-cara manual ke teknlogi digital ini, sering kita kenal dengan transformasi digital. Memang dengan  adanya implementasi transformasi digital ini, sangat-sangat membantu dan mempermudah aktivitas kita di kantor atau tempat kerja, aktivitas kita menjadi lebih efektif dan efisien yang menjadikan kita lebih produktif dalam mencapai target-target kerjaan yang telah ditentukan.

Namun pada kenyataannya, saat ini masih banyak mayoritas instansi/organisasi masih mengandalkan sistem dan cara manual dalam menjalankan aktivitasnya, mengapa bisa demikian? Ya biasanya yang sering terjadi dan kita temui adalah  masalah budaya kerja, dimana masih belum siapnya SDM atau source yang dimiliki dalam menghadapi dan mengimpelementasikan Teknologi dan Informasi, khususnya teknologi digital. Atau bisa juga karena pos biaya yang dianggarkan untuk pengembangan teknologi tidak begitu besar, dll.

Tapi bisa Anda bayangkan untuk saat ini, apalagi saat pandemi seperti sekarang ini, penerapan Teknologi Informasi sangat penting dan bahkan sebuah keharusan bagi instansi/organisasi. Disamping untuk menjadikan suatu instansi/organisasi mampu maju bersaing, implementasi Teknologi Informasi juga bisa membantu dan mempermudah aktivitas kerja ketika harus menjalankan kebijakan Social Distancing dan mematuhi protokol kesehatan  yang ketat. Tidak hanya untuk saat ini saja, implementasi Teknologi Informasi dengan teknologi digitalnya akan terus meningkat dan akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.

Nah untuk itulah, mulai sekarang Anda harus sudah ada gambaran kedepan, kira-kira transformasi digital apa yang harus ada dan diimplementasikan di instansi/organisasi Anda agar bisa survive dan tetap bisa bersaing di tahun depan dengan kondisi pandemi yang entah kapan berakhirnya. Seperti yang tren strategi teknologi di tahun 2021 yang dirilis Gartner, yaitu antara lain:

  • People Centricity: mesipun pandemi mengubah bagaimana banyak orang bekerja dan berinteraksi dengan organisasi, akan tetapi orang masih tetap di pusat bisnis –dan mereka membutuhkan proses digital untuk kehidupan sehari-hari seperti: internet of behavior, total experience strategy, dan privacy-enhancing computing;
  • Location Independence: Covid-19 telah mengubah karyawan, pelanggan, pemasok, dan ekosistem fisik organisasi. Sekarang bekerja dan megoperasikan organisasi dapat dilakukan di manapun. Hal tersebut membutuhkan peralihan teknologi untuk mendukung versi baru bisnis ini, seperti: distributed cloud, anywhere operations, dan cybersecuriry mesh; dan
  • Resilient Delivery: meskipun pandemi atau resesi, volatilitas tetap ada di dunia, hal ini harus didukung dengan intelligent composable business, AI engineering, dan hyperotomation.

Selain itu juga Gartner jua merilis 3 top risiko TI di tahun 2021, antara lain : IT Governace, Data Governance, dan Cyber Vulnarebilities. Nah dari beberapa hal yang telah dikemukakan oleh Gartner, instansi/organisasi Anda harus bersiap dalam mencari dan merencanakan solusi IT yang tepat.

Bagi Anda yang masih bingung dan butuh diskusi mengenai solusi IT dan cara pengelolaannya yang tepat, silakan klik disini ! tim kami akan siap membantu Anda dan konsultasi online secara GRATIS.

Jadi tunggu apalagi ! segera hubungi kami

 

Semoga bermanfaat

 

 

 

Sumber :
https://integrasolusi.com/blog/2020/12/02/3058/
https://www.mii.co.id/en/insight/listing/2020/11/27/04/03/tren-teknologi-2021-menurut-gartner

 

 

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp